MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Interior Rumah Vintage Unik dan Menarik - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 11 Feb 2020 Dibaca: 17 kali


Vintage berarti Old and of Very High Quality dengan arsitektur yang mengambil nuansa arsitektur tempo dulu, namun tidak menghilangkan nuansa arsitektur modern yang rapi, bersih dan dengan penggunaan teknologi. Gaya vintage sekarang tidak menekankan pada desain yang harus menggunakan bahan, material maupun furnitur tempo dulu, melainkan menciptakan dan menampilkan nuansa tempo dulu dengan material yang modern.

Memunculkan dan menerapkan gaya vintage ke dalam desain bangunan ada berbagai cara, yaitu :

  • Dengan memakai pelapis dinding (wallpaper) bermotif lengkung, seperti sulur bunga, abstrak dan bentuk yang mirip dengan pohon.
  • Menggunakan penutup lantai dari parket karena kayu dapat memberikan kesan yang jadul.
  • Motif penutup sofa dan sarung bantal sangat berpengaruh dalam menampilkan kesan ruangan. Pilih beberapa bantal yang bermotif vintage, sisanya beri sarung yang modern atau hanya berwarna polos.
  • Tambahkan pernak-pernik tempo dulu yang sesuai, seperti teko-teko tua atau telfon genggam yang masih berbunyi ‘kring’.

Ada beberapa ciri-ciri khas dari desain hunian bergaya vintage, antara lain :

  1. Penggunaan furnitur jadul

Vintage identik dengan kesan yang jadul, maka dari itu penggunaan furnitur jadul sangat dapat menimbulkan kesan vintage. Terdapat dua jenis furnitur yang dapat digunakan, yaitu furnitur jaman dulu maupun furnitur jaman sekarang yang terkesan lusuh.

  1. Penggunaan warna pada desain vintage

Desain vintage umumnya didominasi oleh warna-warna pastel, seperti hijau telur asin, biru muda, oranye, kuning, merah, pink dan akuamarin.

  1. Pilihan dekorasi yang pas

Hunian interior vintage akan lengkap jika diberi beberapa dekorasi ruangan seperti vas bunga lengkap dengan beberapa tangkai bunga, selain itu ada cermin dan jam antik.

  1. Menggunakan barang elektronik retro

Gaya vintage biasanya menggunakan barang elektronik bergaya retro seperti TV cembung ataupun radio. Namun terbilang susah untuk menemukan barang-barang bergaya retro untuk sekarang ini.

  1. Penerapan motif pada beberapa benda

Motif yang sering ditemukan pada gaya vintage ini adalah motif floral, dedaunan, burung hingga motif abstrak yang berulang-ulang. Motif ini biasanya terdapat pada dinding, sarung bantal, tirai sampai peralatan makan.

  1. Model tempat tidur dengan kelambu

Tempat tidur dengan kelambu ini dapat memberikan kesan nyaman dan lembut, selain itu dapat menghindarkan pengguna dari gigitan nyamuk.

  1. Hiasan dinding

Hiasan dinding yang kerap ada di hunian bergaya vintage adalah bingkai foto dengan pinggiran berukir.

  1. Bentuk plafon yang beragam

Pada sejumlah hunian bergaya vintage, bagian plafonnya berbentuk datar dan ditutupi material kayu agar terlihat rapi. Namun ada juga yang dibiarkan terbuka atau ekspos sehingga menunjukkan struktur rangka kayu dan memberikan kesan yang klasik dan lebih luas.

Beberapa contoh dekorasi hunian yang menerapkan gaya vintage:

AA Residence

(sumber:google)

NA Residence

(sumber:google)

Kembang Murni House

(sumber:google)

Sterling Barbers

(sumber:google)

Richfield Co

(sumber:google)


Tags

Artikel Terkait

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Apabila Anda menyukai desain yang natural, dan lebih terkesan seperti di pedesaan, namun ingin tetap terlihat modern, batu alam bisa menjadi solusinya. Penerapan batu alam di kamar mandi bisa jadi pilihan yang menarik. Anda bisa memadukan batu alam jenis apapun untuk mempercantik kamar mandi Anda. M [...]

Diposkan: 23 Jan 2020 Dibaca: 122 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja : Sebelum Renov Rumah, Wajib Perhatikan Ini !

Jasa Desain Arsitek Jogja : Sebelum Renov Rumah, Wajib Perhatikan Ini !

Merenov rumah merupakan kata yang sudah tak asing lagi. Ada beberapa alasan yang memang mengharuskan pemilik rumah untuk me-renov-nya. Namun, pasti diantara Anda semua ada yang belum tau arti kata renov itu apa? Renov bisa diartikan proses merombak, memperbaharui, memperbaiki, menyempurnakan, ataupu [...]

Diposkan: 14 Jan 2020 Dibaca: 31 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja - Pentingnya Penghawaan dan Pencahayaan di dalam Rumah

Jasa Desain Arsitek Jogja - Pentingnya Penghawaan dan Pencahayaan di dalam Rumah

Sebagai manusia, kita pasti membutuhkan pangan, sandang, dan papan. Semuanya tentu sangat penting bagi Anda, termasuk papan atau rumah tinggal. Yang mana rumah tinggal sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Untuk itu diperlukan rumah tinggal yang sehat, sehingga dapat memberikan kenyamanan [...]

Diposkan: 31 Dec 2019 Dibaca: 28 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Rumah merupakan gedung atau bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal seseorang dalam waktu tertentu. Dahulu rumah dijadikan untuk berlindung dari cuaca buruk dan hewan buas, berbeda dengan sekarang yang lebih dominan dimanfaatkan untuk beristirahat atau melepas penat setelah seharian penuh ber [...]

Diposkan: 28 Dec 2019 Dibaca: 175 kali

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Seiring dengan semakin banyaknya konsep/gaya terbaru desain bangunan penggunaan bata ekpos sebagai bagian dari konsep interior pun semakin banyak digunakan untuk rumah tinggal keluarga baru, perkantoran, ataupun cafe tempat nongkrong anak muda. Penggunaan bata ekspos identik dengan konsep industrial [...]

Diposkan: 03 Oct 2019 Dibaca: 60 kali

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang besar, sebagai negara tropis Indonesia memiliki kekayaan hutan hijau yang lebat sehingga Indonesia termasuk negara dengan penghasil kayu terbesar. Sejak dahulu kayu sudah menjadi primadona untuk material bangunan jauh sebelum adanya baja [...]

Diposkan: 28 Sep 2019 Dibaca: 37 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: