MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Jenis-jenis kayu untuk bahan furniture

Diposkan: 28 Sep 2019 Dibaca: 16 kali


Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang besar, sebagai negara tropis Indonesia memiliki kekayaan hutan hijau yang lebat sehingga Indonesia termasuk negara dengan penghasil kayu terbesar. Sejak dahulu kayu sudah menjadi primadona untuk material bangunan jauh sebelum adanya baja dan beton. Selain menjadi material bangunan bahan dasar kayu juga digunakan untuk furniture. Artikel ini akan menjelaskan mengenai jenis-jenis kayu yang bisa digunakan sebagai bahan furniture.

  1. Kayu Jati

https://rumahhokie.com/

Anda pasti sering menemui furniture berbahan kayu jati dijadikan furniture seperti meja, kursi atau lemari. Kayu jati yang merupakan jenis kayu premium ini terdapat di hutan tropis di Asia Tenggara. Jenis kayu ini sering diproduksi untuk mebel, kerajinan, panel dan aksesoris lainnya. Ciri khas jenis kayu ini adalah terdapat lapisan minyak pada galih kayunya sehingga membuat tampilan kayunya bersinar. Tidak seperti jenis kayu lain yang bisa dimakan rayap, kayu jati adalah jenis kayu yang tidak dimakan oleh rayap. Kelebihan-kelebihan ini lah yang membuat harga kayu jati lebih mahal dibandingakan dengan kayu lainnya.

  1. Kayu Mahoni

https://ae01.alicdn.com/

Kayu mahoni terkenal dengan serat kayunya yang beragam, kayu ini memiliki tampilan klasik dan natural. Jenis kayu ini sering digunakan untuk bahan dasar mebel jepara. Secara harga kayu mahoni ini lebih murah dibandingkan dengan kayu jati. Keawetan dari kayu mahoni juga tidak sekuat kayu jati karena rentan diserang rayap, dan mudah berubah terhadap pengaruh cuaca dan hujan sehingga tidak disarankan menggunakan bahan kayu mahoni di luar ruangan, lebih cocok untuk furniture didalam ruangan

  1. Kayu Pinus

Jenis kayu ini banyak ditemui dan seing digunakan sebagain bahan pembuatan mebel. Ciri khas dari kayu pinus ini memiliki warna yang cerah. Sayangnya jenis kayu ini mudah terserang jamur

  1. Kayu Ramin

https://i2.wp.com

Jenis kayu ini banyak ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan dan banyak digunakan sebagai moulding, bingkai dan masih banyak lagi. Kayu Ramin banyak digunakan karena pengolahannya mudah.

  1. Kayu Nyantoh

https://media.karousell.com/

Kayu ini dimintai oleh para pengrajin furniture karena kayunya memiliki serat yang halus sehingga memiliki tampiran yang indah. Kayu Nantoh juga memiliki daya tahap terhadap rayap sehingga awet.

Sumber: berbagai sumber


Tags

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: