MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Hunian Desain Khas Etnik Jawa - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 03 Mar 2020 Dibaca: 22 kali


Kita beruntung dengan fakta bahwa Indonesia mempunyai beraneka ragam budaya. Terasa lazim jika seseorang ingin memiliki konsep hunian berdasarkan asal daerah atau mungkin terinspirasi dari daerah lain. Gaya Jawa termasuk dari beberapa daerah yang memiliki ciri khas dan keunikannya. Sentuhan gayanya dirasa dapat memberikan nuansa otentik dan elegan.

Trend hunian khas etnik jawa adalah salah satu model gaya desain yang cukup populer tak lekang oleh jaman. Secara umum ciri khas dan karakteristiknya tampak tegas terlihat walaupun diaplikasikan pada berbagai jenis gaya hunian. Adapun hunian bergaya etnik adalah hunian yang memanfaatkan furnitur, dekoratif ikon, maupun ambians yang berasal dari kebudayaan atau tradisi lokal.

Minat masyarakat Indonesia pada tahun 1980-2000an masih banyak yang menggunakan gaya etnik. Namun mulai tahun 2000an hingga sekarang gaya minimalis atau modern lebih banyak dipakai dari pada gaya etnik. Pada akhirnya, desain hunian khas etnik jawa hanya menjadi sentuhan dekorasi saja. Sentuhan etnik dipakai sebagai estetis, bukan bagian utama dekorasi atau hanya sebagai elemen dekoratif pada sebuah hunian.

Detail dekorasi pada hunian khas etnik jawa dapat menyatu dan fleksibel. Bagi Anda yang bosan dengan tampilan rumah modern, Anda bisa mengaplikasikan sentuhan etnik khas jawa pada hunian. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan hunian desain khas etnik jawa.

Pemilihan material dinding

(sumber:pinterest)

Batu bata berwarna merah sangat tepat untuk dijadikan pilihan material di bagian dinding hunain Anda. Cukup biarkan bagian dinding batu bata terekspos tanpa finishing sehingga menimbulkan kesan etnik di hunian Anda.

Elemen kayu

(sumber:pinterest)

Hunian etnik selalu identik dengan penggunaan material kayu. Warna yang digunakan pada unsur kayu umumnya menggunakan warna alami khas kayu sehingga mampu memberikan kesan hangat pada dekorasi hunian. Namun penggunaan kayu yang berlebihan menjadikan pengeluaran yang besar pula, Anda dapat menyiasatinya dengan mengganti beberapa material kayu dengan keramik ataupun vinyl dengan motif kayu.

Bentuk dan ukuran bukaan (pintu dan jendela)

(sumber:pinterest)

Ciri lain dari hunian etnik khas jawa adalah ukuran jendela dan pintu yang besar dan menggunakan material kayu berukir yang khas. Anda juga dapat menggunakan pintu gebyok sebagai akses utama untuk masuk ke dalam hunian.

Atap kayu segitiga

(sumber:pinterest)

Untuk membuat hunian yang kental dengan konsep etnik khas jawa Anda dapat mendesain plafond atap berbentuk segitiga. Selain memperkuat kesan jawa, atap ini juga akan menmbulkan kesan luas karena efek atap yang meninggi.

Aksesoris khas Jawa

(sumber:pinterest)

Selain furnitur, pemilihan aksesoris yang tepat pada hunian dapat menciptakan kesan etnik. Anda dapat memilih karpet, sarung bantal yang bercorak khas Jawa seperti batik. Pajang juga lukisan yang bertema tradisional atau pemandangan nusantara seperti pemandangan sawah. Selain itu Anda juga dapat memajang berbagai jenis wayang untuk menambah kesan etnik di hunian Anda.


Tags

Artikel Terkait

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat ini sedang zamannya orang lebih memilih bekerja dari rumah ketimbang di kantor. Alasannya karena dengan bekerja di rumah maka waktunya akan lebih fleksibel. Salah satu penunjangnya ialah ruangan kerja yang nyaman dan sesuai dengan keinginan sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang begit [...]

Diposkan: 07 Dec 2019 Dibaca: 141 kali

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain rumah adalah komponen penting yang wajib dimiliki sebelum membangun sebuah hunian impian. Desain rumah sendiri merupakan gambaran dari pribadi si pemilik rumah yang dipresentasikan dalam sebuah bangunan. Untuk saat ini, desain interior rumah yang sedang trend adalah konsep industrial. Anda su [...]

Diposkan: 05 Dec 2019 Dibaca: 306 kali

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Salah satu penunjang keberhasilan anak dalam belajar adalah ruang belajar yang nyaman. Kita tentu tau, saat anak masih kecil mood belajar mereka masih belum stabil. Terkadang mereka semangat belajar, namun tiba-tiba sama sekali tidak mau belajar. Meski anak sudah menjalani proses pembelajaran di sek [...]

Diposkan: 03 Dec 2019 Dibaca: 151 kali

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jangan biarkan balkon rumah Anda terlihat biasa-biasa saja. Buat lebih menarik dengan desain balkon yang menarik. Umumnya, rumah yang memiliki minimal dua lantai terdapat sebuah balkon di bagian atas. Penambahan interior pada balkon seperti menambahkan bunga – bunga yang berwarna cerah, dengan din [...]

Diposkan: 30 Nov 2019 Dibaca: 87 kali

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan ruang tamu yang nyaman. Ini berguna agar tamu yang datang ke rumah Anda akan merasa betah dan nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu dengan penampilan ruang tamu yang berantakan, sehingga diangap tidak terawat. Untuk memanjakan para tamu, Anda tidak perlu [...]

Diposkan: 28 Nov 2019 Dibaca: 128 kali

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Di zaman sekarang ini dimana menemukan lahan luas untuk membuat sebuah rumah impian rasanya tidak lagi mudah. Sekalipun tersedia lahan kosong besar, harga jual pasti tinggi. Di sini lah kita dipaksa putar otak untuk membuat rumah dengan lahan seadanya, tapi tetap menarik. Seperti dapur yang sejatiny [...]

Diposkan: 27 Nov 2019 Dibaca: 374 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: