MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Tips Memilih Jasa Konsultan Arsitek - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 15 Feb 2019 Dibaca: 1057 kali


Rumah merupakan bangunan tempat tinggal yang memiliki fungsi penting bagi keluarga. Rumah menjadi tempat berlindung dan beristriahat setelah seharian beraktivitas diluar rumah. Rumah memiliki fungsi yang sangat penting bagi suatu keluarga, didalam rumah terjadi interaksi intim antar anggota keluarga, beraktivitas seperti makan tidur bermain ataupun sekedar bersantai bersama keluarga. Peran rumah sangat penting bagi tumbuhnya suatu keluarga, rumah juga penting dalam kegiatan bersosial masyarakat. Melihat peran dan fungsi rumah sangat penting bagi kehidupan manusia, makan diperlukan rumah/hunian yang nyaman untuk tempat tinggal.

Saat ini model rumah juga bermacam-macam tergantung siapa penghuninya dimana lokasinya dan bagaimana seleranya. Rumah di daerah pedesaan biasanya memiliki kesan bangunan yang sederhana dan tidak melepas kesan pedesaan yang asri. Sementara itu di daerah perkotaan banyak berkembang style rumah baik itu minimalis atau modern. Memilih ataupun mendesain rumah bukalah pekerjaan yang mudah, maka dari itu dibutuhkan jasa konsultan arsitek untuk bisa mewujudkan rumah yang diinginkan. Jasa konsultan arsitek nantinya dapat memberikan ide-ide, konsep ataupun masukan untuk membangun atau merenovasi rumah. Sebelum memilih konsultan mana yang akan dipakai untuk membangun rumah anda, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu hal-hal berikut:

  1. Rekam jejak arsitek yang dipilih, hal ini meliputi apakah konsultan yang dipilih memang benar terpercaya atau tidak.

Banyak arsitek atau biro arsitek yang berfokus pada banyaknya order desain yang didapat tanpa diikuti dengan kualitas desain yang baik. Konsultan seperti ini biasanya hanya mengandalkan tampilan gambar yang menarik, tanpa mengetahui secara detail bangunan bagian-bagian bangunan tersebut, apakah dapat dibangun atau tidak, apakah memenuhi kaidah arsitektur atau tidak, mempertimbangkan sirkulasi udara/cahaya, pertimbangan baik-buruk dan kualitas pilihan bahan yang akan dipakai, dan banyak lagi. Konsultan arsitek yang baik akan menjelaskan secara detail apapun tentang bangunan anda.

  1. Cek track record konsultan yang bersangkutan, yakni dengan melihat bagaimana proyek-proyek yang sebelumnya dipegang oleh konsultan tersebut, bagaimana style arsitektur yang dibuat.

Untuk melihat hal ini anda bisa mengecek melalui portofolio ataupun website konsultan yang bersangkutan. Gaya desain sebuah konsultan yang baik biasanya mempunyai benang merah. Baik secara style, struktur, tampilan desain, atau cara presentasi. Cek apakah dsain yang pernah dikerjakan mempunyai kualitas desain yang tinggi.

  1. Perbanyak referensi mengenai bangunan yang akan anda bangun. Hal ini nantinya akan mempermudah anda ketika melakukan konsultasi dengan konsultan anda.

Arsitek akan lebih terbantu dan focus ketika anda mempunyai dan menunjukkan referensi bangunan yang anda inginkan. Tanpa referensi, arsitek akan cukup lama untuk memahami karakter anda, dan karakter bagaimana yang akan dituangkan dalam desain.

  1. Persiapkan budget sesuai dengan rencana pembangunan anda, hal ini dapat disesuaikan berapa tarif yang ditetapkan oleh konsultan anda.

Konsultan yang baik dapat memberikan pertimbangan mengenai harga-harga material yang akan dipakai, harga borongan tenaga yang umum dipakai, juga apakah bangunan desainnya akan menjadi mahal atau tidak.

Semoga dengan beberapa tips ini dapat membantu anda menemukan konsultan arsitek untuk membangun bangunan impian anda. Konsultan arsitek bukan tukang gambar yang hanya menampilkan gambarnya bagus atau tidak. Banyak gambar dari konsultan arsitek yang bagus-bagus, namun pada hakikatnya produk konsultan arsitek bukan sekedar gambar, tapi bangunan yang sebenarnya.


Tags

Artikel Terkait

Arsitektur Lansekap, apa itu? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Arsitektur Lansekap, apa itu? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Arsitektur lansekap adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan dan perancangan serta pengaturan lahan, dengan memperhatikan kondisi alam sekitar. Elemen-elemen alam seperti Topografi, vegetsi, margasatwa, tanah, air, dan iklim maupun elemen buatan melalui ilmu pengetahuan dan budaya sesuai den [...]

Diposkan: 08 Nov 2018 Dibaca: 310 kali

Mengenal Batu Alam Sebagai Elemen Estetika Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mengenal Batu Alam Sebagai Elemen Estetika Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Anda pasti sudah pernah melihat sebuah bangunan yang menggunakan finishing batu alam pada salah satu atau beberapa bagian dalam bangunan tersebut. Batu alam sering digunakan sebagai pelapis pada dinding dan lantai bangunan. Penggunaan batu alam akan membuat kesan alami sebuah bangunan sehingga tampa [...]

Diposkan: 31 Aug 2018 Dibaca: 3502 kali

Apa itu RAB (Rencana Anggaran Biaya)? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Apa itu RAB (Rencana Anggaran Biaya)? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sering mendengar istilah RAB? Sudah cukup mengerti apa itu RAB? Atau masih belum betul-betul paham tentang RAB? Berikut kami ulas sedikit untuk anda... [...]

Diposkan: 13 Feb 2018 Dibaca: 7586 kali

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat kita didalam rumah, kita melihat sofa, almari, rak TV, meja, dan sebagainya. Barang-barang tersebut dapat menjadi gangguan visual yang dapat mengakibatkan stress. Bahkan mungkin kita tidak perlu untuk melihat semua ruangan. Meja kerja yang berantakan sudah cukup untuk membuat kita stress. Hal i [...]

Diposkan: 23 Oct 2017 Dibaca: 876 kali

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Membuat Ruang Terkesan Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah anda berada di lahan kecil? Anda merasa ruangan rumah terlalu penat? Coba baa artikel berikut, bisa menjadi solusi untuk rumah anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 1152 kali

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan - Jasa Desain Arsitek Jogja

Struktur dan Konstruksi Bangunan Perumahan - Jasa Desain Arsitek Jogja

Ingin membeli rumah di Perumahan? Harap hati-hati dalam memilih perumahan. Kenapa? Baca dulu artikel berikut... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 1265 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: