MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Tips Kamar Mandi Agar Tidak Licin - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 12 May 2020 Dibaca: 122 kali


Menjaga kebersihan kamar mandi merupakan salah satu pekerjaan rumah yang tidak bisa dilewatkan. Lantai kamar mandi yang kotor dapat menimbulkan penyakit dan bau tak sedap, selain itu lantai kamar mandi yang kotor dapat membahayakan keselamatan pengguna kamar mandi terutama untuk anak-anak dan lansia.

(sumber : google)

Lantai kamar mandi perlu segera dibersihkan jika menunjukkan paling tidak satu diantara tanda-tanda ini :

  • Licin karena lapisan lumut sehingga menyebabkan pengguna rawan terpeleset.
  • Lantai berubah warna menjadi kehitaman akibat jamur dan akar jamur lambat laun akan merusak fisik lantai.
  • Lapisan kerak kapur yang menimbulkan sarang bakteri.
  • Timbul banyak kecoa karena mengandung banyak sumber makanan.

Apabila lantai kamar mandi sudah menunjukkan tanda-tanda seperti diatas, maka harus segera diatasi. Berikut ini beberapa tips untuk membersihkan dan mengatasi lantai kamar mandi agar tidak licin :

Bersihkan kotoran yang melekat

Cara yang paling sederhana dengan cara menyikat lantai kamar mandi sesudah digunakan atau paling tidak dapat dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Gunakan cairan pembersih kamar mandi

Agar menghasilkan hasil yang bersih dan mudah maka diperlukan cairan pembersih kamar mandi. Cairan pembersih lantai kamar mandi dapat dengan mudah didapatkan untuk sekarang ini dengan berbagai jenis formula pembersih.

Gunakan coca cola/minuman bersoda

Coca cola juga dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi terutama untuk menghilangkan kerak. Caranya sangat mudah, tuang coca cola di lantai maupun ditempat yang berkerak, lalu diamkan semalam dan gosok di keesokan harinya.

Gunakan garam

Larutan garam dapat digunakan untuk menghilangkan lumut di lantai kamar mandi maupun di dinding dalam jangka waktu yang lama. Caranya dengan membuat larutan air garam panas, dalam keadaan panas siram ke bagian lantai/dinding yang berlumut lalu sikat hingga bersih. Selain itu garam juga dapat membantu lantai menjadi kesat.

Gunakan air cuka

Larutkan air cuka ke dalam air dengan perbandingan 50:50, campurkan juga sabun dan detergen. Campur semua bahan lalu siram ke bagian lantai yang berkerak, gosok ke semua bagian hingga bersih. Apabila kerak susah dihilangkan gunakan air cuka tanpa campuran air. Jika sudah bersih bilas dengan air hingga bersih.

Gunakan abu gosok

Abu gosok biasanya digunakan untuk membersihkan perabotan dapur seperti stainless. Namun ternyata abu gosok juga dapat menghilangkan kerak di kamar mandi. Caranya dengan menggosokkan abu gosok pada bagian yang berkerak dengan menggunakan kain yang kasar, bilas dengan air sambil terus digosok, ulangi langkah tersebut hingga bersih.

Gunakan backing soda

Backing soda merupakan bahan yang ampuh untuk mengusir kerak membandel. Sediakan backing soda sesuai kebutuhan dan air panas, bubuhkan backing soda ke bagian yang berkerak dan percikkan air panas sedikit demi sedikit. Tunggu hingga satu jam lalu gosok sampai bersih.

Gunakan karpet anti licin

Beberapa orang yang tak sempat membersihkan kamar mandi akan memasang karpet anti licin. Selain mudah didapat, karpet anti licin juga dipasarkan dengan bentuk dan desain yang beragam, namun pilih karpet anti licin yang kesat. Tapi dengan menggunakan karpet anti licin ini bukan berarti tidak perlu membersihkan kamar mandi lagi, tetap luangkan waktu seminggu sekali untuk mencuci karpet dan membersihkan kamar mandi.


Tags

Artikel Terkait

7 Karakteristik Gaya Hunian American Classic - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Karakteristik Gaya Hunian American Classic - Jasa Desain Arsitek Jogja

Hunian dengan gaya desain interior American classic cenderung memiliki tingkat kerumitan tertentu. pilihan warna untuk semua elemen, dan cara memasukkan detail klasik yang tepat. Desain American classic identik dengan bangunan mewah elegan. Di negara asalnya, gaya ini fokus pada satu focal point [...]

Diposkan: 27 Apr 2020 Dibaca: 97 kali

5 Manfaat Penerapan Konsep Kamar Mandi Jack And Jill - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Manfaat Penerapan Konsep Kamar Mandi Jack And Jill - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kamar mandi Jack and Jill sering didefinisikan sebagai kamar mandi bersama yang berdekatan dengan dua kamar tidur terpisah. Kamar mandi ini popular di kalangan keluarga besar yang memiliki lebih dari satu anak. Kamar mandi Jack and Jill mulai terkenal di tahun 70-an oleh Brady Bunch di sebuah acara [...]

Diposkan: 07 Apr 2020 Dibaca: 135 kali

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat ini sedang zamannya orang lebih memilih bekerja dari rumah ketimbang di kantor. Alasannya karena dengan bekerja di rumah maka waktunya akan lebih fleksibel. Salah satu penunjangnya ialah ruangan kerja yang nyaman dan sesuai dengan keinginan sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang begit [...]

Diposkan: 07 Dec 2019 Dibaca: 196 kali

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Salah satu penunjang keberhasilan anak dalam belajar adalah ruang belajar yang nyaman. Kita tentu tau, saat anak masih kecil mood belajar mereka masih belum stabil. Terkadang mereka semangat belajar, namun tiba-tiba sama sekali tidak mau belajar. Meski anak sudah menjalani proses pembelajaran di sek [...]

Diposkan: 03 Dec 2019 Dibaca: 171 kali

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jangan biarkan balkon rumah Anda terlihat biasa-biasa saja. Buat lebih menarik dengan desain balkon yang menarik. Umumnya, rumah yang memiliki minimal dua lantai terdapat sebuah balkon di bagian atas. Penambahan interior pada balkon seperti menambahkan bunga – bunga yang berwarna cerah, dengan din [...]

Diposkan: 30 Nov 2019 Dibaca: 109 kali

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan ruang tamu yang nyaman. Ini berguna agar tamu yang datang ke rumah Anda akan merasa betah dan nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu dengan penampilan ruang tamu yang berantakan, sehingga diangap tidak terawat. Untuk memanjakan para tamu, Anda tidak perlu [...]

Diposkan: 28 Nov 2019 Dibaca: 148 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: