MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

SMK N 1 - Temanggung, Central Java

SMK N 1 - Temanggung, Central Java

Kali ini klien studio Rancang Reka Ruang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah. Pihak dari SMKN 1 Temanggung ini berencana merenovasi bangunan Ruang Praktek Siswa menjadi 2 lantai dan meminta bantuan kami dalam mendesain fasade barunya (tampak bangunan).

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Temanggung  ini berdiri sejak 1975, dan sering disebut sebagai sekolah pertanian. Lokasi SMKN 1 ini terletak di Jl. S. Kadar Maron, Maron, Sidorejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56221. Dua dari tiga program keahlian yang diajarkannya SMKN 1 selama masa pendidikan 4 tahun adalah Agribisnis Tanaman Perkebunan dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Keahlian yang satu lagi adalah Analis Kimia.

Bangunan Ruang Praktek Siswa SMKN 1 Temanggung yang akan direnovasi ini berukuran 12,55 m x 57 m. Bangunan yang akan kami desain ini berkonsep minimalis modern dengan tetap mempertahankan komposisi warna khas dari sekolah ini. Kami mendesainkan sekolah ini banyak menggunakan material ACP (Alumunium Composite Panel) untuk memberi kesan minimalis modern pada bangunan SMKN 1 Temanggung ini.

Mungkin banyak pembaca yang masih kurang paham mengenai bahan ACP (Alumunium Composite Panel) ini. Berikut akan kami jelaskan sedikit mengenai material ini.

Alumunium Composite Panel (ACP) merupakan bahan perpaduan antara plat alumunium dan bahan composite. Alumunium Composite Panel (ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari bahan non-alumunium berupa bahan polytthylene yang disatukan di antara dua lembaran alumunium. Lembaran Alumunium Composite Panel (ACP) adalah lembaran yang kaku, kuat, tetapi memiliki berat yang relatif ringan. Lembarannya tersedia dalam warna metalik dan warna non logam. Untuk pemesanan khusus, permukaan dari ACP ini dapat dibuat dalam berbagai pola dengan meniru bahan-bahan material lainnya seperti pola kayu, keramik, dan pola lainnya. Lembaran Alumunium Composite Panel ini biasanya diproduksi dengan ukuran ketebalan 1-10 mm, dan lebar 1.200-1.600 mm.

Kami mengunakan bahan material ACP (Alumunium Composite Panel)  ini juga karena banyaknya kelebihan jika dibandingkan dengan bahan material lainnya. Berikut kelebihan material ACP (Alumunium Composite Panel) ini :

  1. Permukaan yang rata dan halus
  2. Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim
  3. Bahan yang bagus untuk dekorasi baik eksterior maupun interior
  4. Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  5. Tersedia dalam berbagai macam warna dan pola
  6. Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dilengkungkan dengan menggunakan peralatan konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya
  7. Bahan intinya terbuat dari polyetthylene sehingga lembarannya tahan api

Sedangkan kekurangan dari material ACP (Alumunium Composite Panel) ini adalah :

  1. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium, dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun
  2. Dalam suhu tinggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan
  3. Kekuatan terhadap tekanan angin kurang sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan
  4. Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir

Pada sisi depan bangunan SMKN 1 Temanggung ini kami desain dengan menggunakan bentuk sederhana dengan aksen garis miring yang kami bedakan pada tone warnanya. Perpaduan gradasi dari warna hijau sebagai ciri khas sekolah ini kami terapkan pada desain fasade bangunan ini. Sedang pada sisi samping bangunan kami desainkan menggunakan material roster batu dan lapisan ACP.

Kami desainkan juga grid-grid garis dengan warna gelap sebagai pembagi dari fasade SMKN 1 ini sehingga tidak terkesan monoton. Kesan minimalis dari bentuk simpel dan kesan modern dari material ACP (Alumunium Composite Panel) terlihat jelas pada bangunan SMKN 1 Temanggung ini. Untuk material pintu jendela bangunan SMKN 1 Temanggung ini menggunakan material alumunium. Penggunaaan material alumunium ini semakin menambah kesan modern pada bangunan ini.