MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

SLICE House - Rumah Modern Kontekstual - Piyungan, Bantul

SLICE House - Rumah Modern Kontekstual - Piyungan, Bantul

Klien kami kali ini kebetulan berlokasi di Yogyakarta. Bapak Anggoro memiliki sebuah rumah tinggal 1 lantai di atas lahan seluas 337 m2. Beliau menghubungi studio Rancang Reka Ruang untuk dibantu dibuatkan desain rumah untuk renovasi rumah tinggalnya. Bapak Anggoro ingin merenovasi fasad bangunan dan juga menambah beberapa ruang tambahan.

Di awal briefing, klien menginginkan rumah dengan style modern namun tetap kontekstual dengan desain rumah sebelumnya. Klien juga menginginkan beberapa bagian rumah tetap seperti sebelumnya.

Kebetulan di project kali ini klien juga menginginkan desain interior di beberapa ruangan. Beberapa ruang-ruang eksisting yang tidak berubah di rumah tinggal ini adalah ruang tamu, dengan ukuran 3,23m x 6,45m, teras berukuran 3m x 6,45m, kamar tidur 1 berukuran 3,33m x 3,59m, kamar mandi 1 berukuran 1,51m x 2,33m, kamar tidur 2 berukuran 2,38m x 3,85m.

Ruang-ruang yang direnovasi adalah carport dengan ukuran 7,7m x 7,3m dengan style modern yang terlihat simple menggunakan metal. Pagar dan gerbang kami desain dengan desain yang simple menggunakan material konvensional di tambah dengan ornament material plat metal laser.

 

Selanjutnya adalah kami desainkan dua kamar baru sebagai kamar utama berukuran 3,5m x 4m dan kamar anak berukuran 3m x 3,5m dengan penghawaaan alami yang baik. Desain interior menggunakan style senada dengan eksterior. Didesain simple dengan penggunaan material dan warna yang natural.

Ruang makan, dapur dan ruang keluarga menggunakan desain open plan berukuran luas total 43m2 dengan sekat sebagai pemisah ruang makan, dapur dengan ruang keluarga. Dapur dan ruang makan di desain simple dan elegan namun tidak menghilangkan kesan modern yang ingin di hadirkan ke rumah ini. Penggunaan material konvensional dengan warna-warna natural di terapkan pada desain kali ini.

Kamar mandi tambahan berukuran 1,9m x 2,33m didesain senada dengan ruang lainnya menggunakan material dan tone warna natural.

Untuk ruang-ruang tambahan lainnya adalah ruang kerja berukuran 2,8m x 3,85m dengan bukaan yang besar untuk memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami, lalu garasi dengan ukuran 3,5m x 3,6m untuk menampung kendaraan roda dua milik klien serta ruang cuci jemur berukuran 2,5m x 4,5m dengan dinding full roster dan atap solar tuf untuk memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami saat mencuci dan pengeringan.

Secara umum style bangunan yang digunakan adalah modern kontekstual. Penerapan style ini sangat kental terdapat di penggunaan material-material kaca dan material metal. Gubahan bangunan menggunakan komposisi yang simple dengan penerapan warna-warna cerah dan semen expose di beberapa bagian. Komposisi geometri adalah ornamen utama dalam desain kali ini. Komposisi yang coba di hasilkan berusaha agar bangunan terlihat modern, simpel, menarik, dan unik.

Penggunaan roster yang masif di salah satu bagian rumah  yang dominan pada desain ini untuk memberikan point interest. Taman-taman mini di berikan agar bangunan terasa sejuk.

Atap curam digunakan lebih banyak pada bangunan agar meminimalisir maintenance karena atap ini membuat kotoran pada atap langsung terbawa dengan air hujan. Terdapat tandon di area belakang untuk mewadai fungsi rumah tinggal ini.