MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Sibling House - Rumah Industrial - Pontianak, Kalimantan Barat

Sibling House - Rumah Industrial - Pontianak, Kalimantan Barat

Desain Rumah Industrial Sibling House Pontianak

Sibling House merupakan project yang dimiliki oleh Ibu Susi dari Pontianak, Kalimantan Barat. Pada project kali ini, klien ingin mendesain ulang dua rumah miliknya yang letaknya saling bersebelahan. Dalam proses perancangan, klien menginginkan proses renovasi dimulai dari Rumah 2 “Si Left” yang akan dirobohkan total. Lalu, setelah renovasi “Si Left” selesai, akan dilanjutkan dengan renovasi rumah 1 “Si Right” yang mana ketika itu klien sudah bisa menempati “Si Left”.

Desain Rumah SIbling House Rumah Industrial Si Left  Desain Rumah SIbling House Rumah Industrial Si Right

Pada perancangan ini, klien juga memiliki perhatian terhadap beberapa isu yang terdapat pada lingkungan di mana site existing berada. Isu-isu yang menjadi fokus pada perencanaan kali ini, di antaranya:

  1. Lokasi berada di daerah rawan banjir, sehingga klien menginginkan adanya penambahan level pada lantai rumah klien.
  2. Lokasi site memiliki curah hujan yang tinggi, hal ini membuat penggunaan atap dak beton perlu diminimalkan untuk mencegah risiko terjadinya kebocoran.

Fungsi ruang pada setiap massa bangunan:

Si Left merupakan sisi private dari Sibling House, yang difungsikan secara khusus untuk segala keperluan pribadi owner. Adapun ruang yang terdapat pada Si Left, yaitu: Ruang Tidur,  Ruang Komunal, dan Mini Library.

Si Right dapat dikatakan sebagai area yang lebih public dan juga berfungsi sebagai area servis pada Sibling House. Pada area ini, terdapat fungsi-fungsi seperti Ruang Tamu, Kamar Tidur ART, Dapur, serta Ruangan yang digunakan oleh owner untuk merawat tanaman hidroponik yang merupakan hobi dari owner.

Ruang untuk tanaman hidroponik tersebut berada di lantai dua yang mana ruangan tersebut memiliki atap yang menggunakan solarflat sebagai material penutupnya. Pemilihan material tersebut didasari pertimbangan bahwa tanaman hidroponik pada ruangan tersebut membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, material solarflat digunakan sebagai penutup atap agar bisa memasukkan cahaya matahari ke dalam ruangan tersebut.

Karena pada perancangan ini terdapat dua buah massa bangunan, diperlukan sebuah hub/konektor yang menghubungkan “Si Right” dan “Si Left”. The Terrace adalah konektor yang akan menghubungkan dua massa tersebut. The Terrace merupakan sebuah massa berbentuk selasar yang memiliki berbagai macam fungsi lain selain sebagai konektor antar dua buah massa bagunan. Adapun fungsi-fungsi dari The Terrace, yaitu sebagai: Mushola, Ruang Santai, Tempat Wudhu, dan Toilet.

The Terrace konektor Sibling House Rumah Industrial

Mushola The Terrace Sibling House Rumah Industrial

Pada bagian belakang Si Left, terdapat kolam renang yang berhubungan langsung dengan ruang komunal yang nantinya akan difungsikan ketika owner menggelar acara keluarga di rumah. Keberadaan kolam tersebut juga bisa sekaligus digunakan sebagai view dari ruang mini library dan kamar tidur yang ada di lantai 2 Si Left.

Kolam Renang Sibling House Rumah Industrial

Konsep fasad yang diterapkan pada eksterior Sibling House adalah rumah bergaya industrialis yang ditonjolkan dengan penggunaan material beton ekspos yang mendominasi sebagian besar tampilan luar bangunan. Selain beton ekspos, material lain seperti conwood dan juga bata roster juga ditonjolkan pada desain fasad Sibling House.

Tampak Depan Samping Sibling House Rumah Industrial  Tampak Depan Samping Sibling House Rumah Industrial

Konsep Industrialis yang menonjolkan beton ekspos pada desain fasad Sibling House tentunya membuat kesan fasad yang berat pada hunian ini. Untuk mengimbangi kesan berat dan masif tersebut, maka pada area depan yang meliputi pagar dan carport menggunakan material yang lebih memiliki kesan ringan ketimbang beton ekspos seperti perforated metal dan juga baja IWF. Penggunaan material perforated metal pada bagian pagar juga bertujuan agar owner juga bisa melihat view keluar tanpa terblok sepenuhnya oleh pagar.