MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Semi Etnik Di Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta

Rumah Semi Etnik Di Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta

Dalam desain rumah ini kami menggunakan konsep semi etnik, dimana hal tersebut kami wujudkan dengan penggunaan material ekspose seperti batu bata dan kayu. Klien menginginkan desain yang "njawani" namun tidak ketinggalan jaman.

Denah dari rumah yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta ini kami buat seefisien mungkin dengan mempertimbangkan kebutuhan ruang dari pemilik rumah. Dengan ukuran 12 x 10 meter persegi, kami membuat desain dengan kebutuhan ruang :

  1. Kamar Tidur (2)
  2. Ruang Keluarga
  3. Ruang Makan
  4. Dapur
  5. Gudang

Luas lahan yang tidak begitu besar membuat kami harus membuat pola ruang yang efisien. Teras yang berada didepan kami buat dengan konsep semi ruang tamu. Untuk memberikan kenyamanan, disamping teras kami tempatkan kolam sebagai penyejuk yang bisa dinikmati secara visual dan fungsional.

Masuk ke dalam rumah, langsung berbatasan dengan ruang keluarga, yang dapat juga digunakan sebagai ruang tamu untuk tamu yang dekat dengan pemilik rumah. Konsep modern kami sisipkan dengan menempatkan ruang makan dan dapur yang menjadi satu dengan ruang keluarga tanpa sekat fisik.

Untuk memberikan sirkulasi udara yang optimal, kami menempatkan halaman belakang yang terbuka udara luar, sehingga aliran udara dari halaman depan bisa menerus ke halaman belakang.

Secara visual, ruang keluarga yang berbatasan dengan halaman belakang kami buatkan pintu kaca dan jendela kaca sehingga view halaman belakang dapat dinikmati secara penuh dari ruang keluarga. Hal ini selain untuk memberikan efek pencahayaan yang optimal, juga menambah kesan luas pada ruang keluarga.

Pada fasad depan rumah kami gunakan bata ekspose, sehingga memberikan kesan natural. Sedangkan dinding ruang keluarga bagian luar, kami lapisi dengan kayu sehingga memberikan kesan hangat pada rumah ini. Kisi-kisi kayu kami tempelkan pada dinding kamar tidur depan bagian luar sehingga memberikan efek pada bentukan jendela yang memanjang secara vertikal.

Jendela pada dapur kami buat berbentuk memanjang secara horizontal dengan sistem jendela geser. Hal ini untuk mengoptimalkan ruang pada dinding dapur, selain memberikan efek pemecah konsentrasi diantara bentukan-bentukan vertikal.

Untuk lantai carport kami menggunakan pola grid antara perkerasan beton dengan selingan tanaman rumput. Hal ini tentu untuk memberikan ruang resapan air pada permukaan carport.

Genteng yang digunakan adalah genteng tanah liat, sesuai dengan tema "njawani" dan natural. Genteng jenis tanah liat dikenal kuat dan bobot tidak terlalu berat.

Ingin mempunyai rumah dengan desain seperti diatas? Hubungi kami untuk konfirmasi lebih lanjut... :)