MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Ramah Anak, Begini Tipsnya! : Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 28 Jan 2020 Dibaca: 14 kali


Rumah merupakan tempat berbagai aktivitas dilakukan, terutama bagi keluarga yang memiliki buah hati yang masih kecil tentu perlu memperhatikan kondisi rumah yang aman bagi aktivitas anak saat bermain ataupun melakukan aktivitas lainnya. Untuk menciptakan rumah ramah anak, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah yang aman serta nyaman bagi anak saat melakukan aktivitas :

1. Ruang yang Terbuka dan Luas

Anak perlu ruang yang luas dan bebas untuk mendukung gerak gerik mereka. Hal tersebut dapat disiasati dengan halaman rumah yang luas sehingga anak dapat bermain dengan leluasa.

Tetapi tidak semua rumah memiliki halaman yang luas, untuk mendapatkan ruang yang terbuka dan luas juga dapat diterapkan di dalam rumah salah satunya dengan menata ulang furniture dengan memperhatikan lokasi anak saat bermain dengan letak ruangan posisi orang tua berada, dengan menata ulang furniture dapat menjangkau pandangan dan tidak menghambat gerak gerik sang anak saat bermain.

defe5d4af627611348595fa1bec5ab12

Sumber : Pinterest.com

2. Hindari Furniture dengan Ujung yang Tajam

Anak kecil sangat aktif bermain sehingga untuk menghindari adanya cidera, salah satunya dengan memilih furniture yang kokoh dan memiliki sisi dan ujung yang tidak lancip karena jika ujung yang lancip dibiarkan dikhawatirkan dapat melukai anak saat anak bermain dan tidak sengaja tersandung dan terbentur.

 Tetapi jika di dalam rumah terdapat furniture yang berujung lancip dapat kita siasati dengan memasang rubber / bantalan karet pada ujung - ujung furnitur tersebut.

5ab947d64be88e1ec5a82d6e89a62d67

Sumber : Pinterest.com

3. Jauhkan Bahan Kimia dari Jangkauan Anak

Kemasan bahan kimia seperti cairan pembasmi serangga, sabun, detergen, ataupun kemasan kimia lainnya terkadang memiliki bungkus dengan warna dan gambar yang menarik sehingga terkadang anak yang melihatnya menjadi penasaran dengan bungkus kemasan tersebut. Untuk menghindari bahan kimia tertelan oleh anak - anak maka orang tua dapat memindahkan atau meletakkan bahan - bahan kimia di dalam storage khusus yang tidak dapat dijangkau oleh anak - anak.

4. Letakkan Benda Pecah Belah dan Benda Tajam pada Tempat Tersembunyi

Anak memiliki rasa penasaran terhadap suatu barang yang belum pernah dia lihat sehingga terkadang anak akan mengambil barang tersebut dan memainkannya. Oleh karena itu, barang - barang yang rawan pecah ataupun barang - barang tajam seperti pisau, gunting, dan benda tajam lainnya dapat diletakkan pada tempat tersembunyi dan jauh dari jangkauan anak - anak misl pada kabinet atas kitchenset ataupun pada laci dan rak yang dapat dikunci.

1f2bd488442a2d463d21bbe4e1142f3b

Sumber : Pinterest.com

5. Menutup Lubang Stop Kontak

Lubang stop kontak perlu diperhatikan terutama untuk stop kontak yang berada di area anak bermain, untuk menghindari dari jangkauan anak maka stop kontak perlu di tutup dengan penutup stop kontak sehingga anak terhindar dari sengatan listrik.

6. Tutup Pintu

Tutup dan kunci pintu rumah untuk mengindari anak untuk keluar dari rumah tanpa sepengetahuan orang tua. Selain itu tutup pintu kamar mandi untuk mengantisipasi anak untuk bermain air di bak kamar mandi, dan mencegah anak tergelincir lantai kamar mandi yang licin.

7. Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan rumah. Terutama untuk kebersihan lantai dan perabot yang sering digunakan oleh anak haruslah sering dibersihkan untuk menghindari adanya debu ataupun kuman karena anak masih rentan terkena penyakit.

 

 

Sumber :

www.homify.co.id/ideabooks/5547504/cara-mendesain-rumah-ramah-anak

www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Tips-si-Kecil/1-3-Tahun/Rumah-ramah-anak-Seperti-apa

housingestate.id/read/2017/01/06/5-tips-bikin-rumah-ramah-anak

 


Tags

Artikel Terkait

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Apabila Anda menyukai desain yang natural, dan lebih terkesan seperti di pedesaan, namun ingin tetap terlihat modern, batu alam bisa menjadi solusinya. Penerapan batu alam di kamar mandi bisa jadi pilihan yang menarik. Anda bisa memadukan batu alam jenis apapun untuk mempercantik kamar mandi Anda. M [...]

Diposkan: 23 Jan 2020 Dibaca: 122 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja : Sebelum Renov Rumah, Wajib Perhatikan Ini !

Jasa Desain Arsitek Jogja : Sebelum Renov Rumah, Wajib Perhatikan Ini !

Merenov rumah merupakan kata yang sudah tak asing lagi. Ada beberapa alasan yang memang mengharuskan pemilik rumah untuk me-renov-nya. Namun, pasti diantara Anda semua ada yang belum tau arti kata renov itu apa? Renov bisa diartikan proses merombak, memperbaharui, memperbaiki, menyempurnakan, ataupu [...]

Diposkan: 14 Jan 2020 Dibaca: 31 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja - Pentingnya Penghawaan dan Pencahayaan di dalam Rumah

Jasa Desain Arsitek Jogja - Pentingnya Penghawaan dan Pencahayaan di dalam Rumah

Sebagai manusia, kita pasti membutuhkan pangan, sandang, dan papan. Semuanya tentu sangat penting bagi Anda, termasuk papan atau rumah tinggal. Yang mana rumah tinggal sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari Anda. Untuk itu diperlukan rumah tinggal yang sehat, sehingga dapat memberikan kenyamanan [...]

Diposkan: 31 Dec 2019 Dibaca: 28 kali

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Rumah merupakan gedung atau bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal seseorang dalam waktu tertentu. Dahulu rumah dijadikan untuk berlindung dari cuaca buruk dan hewan buas, berbeda dengan sekarang yang lebih dominan dimanfaatkan untuk beristirahat atau melepas penat setelah seharian penuh ber [...]

Diposkan: 28 Dec 2019 Dibaca: 175 kali

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Seiring dengan semakin banyaknya konsep/gaya terbaru desain bangunan penggunaan bata ekpos sebagai bagian dari konsep interior pun semakin banyak digunakan untuk rumah tinggal keluarga baru, perkantoran, ataupun cafe tempat nongkrong anak muda. Penggunaan bata ekspos identik dengan konsep industrial [...]

Diposkan: 03 Oct 2019 Dibaca: 60 kali

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang besar, sebagai negara tropis Indonesia memiliki kekayaan hutan hijau yang lebat sehingga Indonesia termasuk negara dengan penghasil kayu terbesar. Sejak dahulu kayu sudah menjadi primadona untuk material bangunan jauh sebelum adanya baja [...]

Diposkan: 28 Sep 2019 Dibaca: 37 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: