MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Mewah Modern Mediterania Diatas Lahan Berliku

Rumah Mewah Modern Mediterania Diatas Lahan Berliku

Rumah ini mempunyai site yang cukup besar, namun sedikit unik dengan bentuk lahan yang sedikit berliku. Lahan ukuran 315 meter persegi sangat lega untuk dapat diolah. Namun demikian, kebutuhan ruang yang diolah ternyata cukup banyak, ditambah keinginan untuk membuat ruang-ruang yang lega, yang diwujudkan dengan penempatan ruang-ruang dengan dimensi luasan yang besar.

Kebutuhan ruang pada rumah ini diantaranya; Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Tidur Utama dengan Kamar Mandi Dalam, Ruang Tidur (2), Ruang Makan, Dapur, Musholla, Gudang serta Garasi untuk satu mobil.

Pengolahan layout ruang didasarkan pada aktivitas yang semi terbuka. Sehingga penempatan ruang publik dan semi publik tidak terlalu banyak penyekat. Antara ruang tamu dengan ruang keluarga dibuat kesan semi terpisah, meskipun tidak ada penyekat yang membatasi ruangan secara visual maupun material. Ruang Tamu menggunakan konsep terbuka, santai, dan arah pandangan diagonal menuju Ruang Keluarga.

Sedangkan Ruang Keluarga yang berada di sebelah dalam menjadi satu dengan ruang makan dan dapur. Hal ini merupakan konsep modern yang kami sisipkan. Saat ini antara kebutuhan bersantai bercengkerama didepan TV dan kegiatan menyantap makanan serta memasak merupakan satu kesatuan kegiatan keseharian dari kehidupan modern. Waktu dan keterbukaan merupakan hal yang penting dan telah menjadi gaya hidup.

Cahaya dan udara diakomodasi dari bukaan yang ada disamping, dimana bagian bawahnya dibuat kolam sebagai penyejuk ruangan. Kolam tersebut bersanding dengan Musholla, dengan maksud agar konsentrasi dalam beribadah menjadi maksimal.

Ruang makan yang berada dibelakang ruang keluarga, mempunyai akses langsung ke dapur tanpa sekat. Hal ini mengoptimalkan interaksi antara kegiatan memasak dengan kegiatan menyantap makanan.

Kamar tidur tersebar di tiga area, depan, tengah dan belakang. Kamar Tidur Utama ditempatkan di bagian belakang untuk menjaga privasi tinggi. Kamar Tidur Utama mempunyai bukaan ke halaman belakang. Sedangkan dua kamar tidur di bagian depan dan tengah masing-masing mempunyai bukaan ke arah luar sehingga udara dan cahaya dapat masuk.

Pada bagian samping rumah dibuat jalan melalui garasi. Jalan ini menuju ke halaman belakang.

Fasad rumah tinggal ini menggunakan style Mediterania Modern. Bukaan-bukaan berupa jendela menggunakan bahan kayu jati. Pada dinding bangunan ditempelkan kayu sintetis sejenis conwood untuk memberikan kesan hangat dan natural. Kesan natural ditambah lagi dengan penggunaan batu alam, baik berupa batu palimanan yang ada di dinding carport, dan batu andesit yang melapisi pilar-pilar utama pada bagia teras. Tak lupa lampu dinding disematkan untuk memberikan efek pencahayaan pada malam hari.

Carport menggunakan grassblock pada lantainya agar air dapat meresap ke dalam tanah. Halaman menggunakan groundcover berupa rumput asli, sehingga air hujan dapat kembali masuk ke dalam tanah, dan mengurangi beban riol kota dalam menampung air hujan.