MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Ibu Dewi - Serpong Banten

Rumah Ibu Dewi - Serpong Banten

Ibu Dewi, sudah mempunyai rumah yang berada di Serpong Banten. Beliau bersama suami dan ketiga putra putrinya menempati rumah tersebut saat ini. Pada waktu bertemu dengan kami, beliau menghendaki untuk renovasi rumah tersebut dikarenakan kebutuhan ruang yang dirasa kurang untuk dapat ditempati mereka berlima. Hal ini terkait dengan usia putra putrinya yang sudah beranjak remaja.

Ibu Dewi memberikan foto-foto rumah eksisting untuk dapat kami pelajari terlebih dahulu. Deah rumah eksisting tidak bisa kami tampilkan karena kondisi gambar yang sudah tidak jelas. Berikut foto-foto rumah eksisting tersebut :

Fasad Depan

Model bangunan eksisting seperti model bangunan pada umumnya. Hanya saja terdapat tiang listrik pada pojok site bagian depan. Site rumah ini berada di hook jalan meskipun jalan disamping rumah merupakan jalan buntu.

Fasad Samping Depan

Pada bagian dalam, beberapa bagian rumah ini belum di finishing. foto dibawah ini menunjukkan bagian area service yaitu tiang penyangga tangki air yang berada di belakang rumah. Karena ini adalah proyek renovasi, maka keberadaan bagian-bagian seperti ini menjadi pertimbangan tersendiri dalam perencanaan denah bangunannya. Dalam hal ini, keberadaan tiang dan tangki air tetap dipertahankan.

Setelah mempelajari data-data yang ada dan setelah melewati beberapa diskusi dengan Bu Dewi atas rancangan yang kami hasilkan, denah yang disetujui adalah seperti gambar dibawah ini.

Kami menempatkan garasi mobil di sebelah kanan bangunan karena sebelah kiri merupakan lahan dengan bentuk melengkung karena terdapat tiang listrik pada pojok site yang masuk area site. Pintu utama tetap dibuat di tengah site bagian depan dengan sedikit teras kecil didepannya. Ruang Tamu menyambut langsung sirkulasi dari pintu utama, dimana ruang tamu ini tidak berbatas dengan ruang keluarga. Area ruang keluarga juga menyatu dengan area ruang makan dan dapur di bagian paling belakang. Dapur mempunyai akses bukaan ke arah halaman belakang. Selain itu, untuk mencapai area tangga, pengguna harus melewati area dapur.

Kembali ke area depan, dibelakang carport terdapat pintu menuju garasi motor yang mempunyai akses berupa pintu ke arah ruang keluarga. Garasi motor ini juga bersebelahan dengan gudang kecil yang mengambil space dibawah tangga. Selain memanfaatkan space kosong tersebut, juga memanfaatkan area garasi motor yang termasuk area kotor sebagai jalur menuju gudang.

Ruang Tidur ada dua kamar yang semua berada pada sisi kiri bangunan. Sisi ini saat ini merupakan lahan kosong yang rencananya akan dibangun terlebih dahulu. Kami membuat desain yang mengharuskan tembok didirikan pada batas site karena alasan penghematan struktur, dimana desain kami masih banyak menggunakan struktur bangunan lama yang bisa digunakan kembali pada layout denah yang baru.

Pada lantai dua, setelah melewati tangga dan pada bordes kedua, terdapat pintu yang menuju musholla yang lebih seperti mezzanine. Musholla ini tepat berada di atas ruangan garasi motor. Ujung tangga pada lantai dua mempunyai akses ke ruang jemur, kamar mandi dan kamar-kamar tidur. Ruang jemur dan cuci berada di area belakang rumah, satu area dengan keberadaan water tank di pojok belakang rumah.

Kamar tidur di lantai 2 berada di atas kamar lantai 1 sehingga strukturnya lebih mudah karena menerus. Pada tengah ruang lantai 2 terdapat void yang berada di atas area ruang keluarga di lantai 1. Void in imerupakan request khusus dari Bu Dewi untuk memberikan kesan lapang pada ruangan rumah. Ruang duduk pada lantai 2 kami letakkan pada area depan rumah serta mempunyai akses langsung ke balkon depan.