MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Buntoro - Kalimantan Barat

Rumah Bapak Buntoro - Kalimantan Barat

Memiliki tanah memanjang dengan luas 138m2, Pak Buntoro menginginkan rumah tinggalnya dibangun 2 lantai. Area dengan aktivitas yang tinggi, tentu dietakkan dibagian bawah. Sedangkan area yang lebih privat seperti ruang istirahat dan ruang santai diletakkan di lantai 2 bangunan. Pak Buntoro cenderung lebih menyukai tatanan ruang yang sederhana, lugas, dan tidak berliku-liku. Dengan demikian zonasi ruang dikumpulkan dengan kedekatan fungsinya, seperti ruang makan dan dapur, ruang tamu dan keluarga, serta kamar dan toilet. Sebagai akses vertikal, area tangga diletakkan di bagian belakang yang dekat dengan kamar dan ruang keluarga. Hal tersebut juga membuat area tengah menjadi lebih lapang.

Berlokasi di kota Pontianak yang merupakan salah satu wilayah dibawah garis equator, tentu akan identik dengan suhu yang panas. Melihat fakta tersebut, dalam proses desain hal ini kami atasi dengan memberikan void di atas ruang tamu. Sehingga aliran udara tetap dapat bergerak dengan optimal ke atas. Selain itu ventilasi udara juga di maksimalkan di sisi depan dan belakang bangunan. 

Dinding depan lantai 2 yang dekat void, dibuat bukaan besar untuk memasukkan cahaya alami pada siang hari. Namun, agar tidak terjadi glare yang berlebih, pada bukaan tersebut juga diberikan shading. Kalimantan juga terkenal dengan kelimpahan material lokalnya seperti kayu. Untuk itu, pada desain rumah Pak Buntoro ini kayu juga banyak digunakan pada elemen lain seperti pintu, kusen, shading, serta aksen fasad lainnya pada bangunan.