MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Alexander - Bintaro

Rumah Bapak Alexander - Bintaro

Bapak Alexander berasal dari Bintaro, Jakarta Selatan, Jakarta. Beliau menghubungi kami melalui aplikasi WA (whatsapps) dan meminta bantuan kami untuk mendesainkan sebuah rumah tinggal 1 lantai dengan dimensi 8 m x 8 m. Beliau menginginkan sebuah rumah mungil yang mampu mengakomodasikan semua kegiatan beliau. Luas lahan yang akan dibangun adalah 15 m x 20 m. Didepan lahan bapak Alexander ini terdapat jalan raya, sebelah kanan dan kiri adalah lahan tetangga. Rencananya letak rumah yang akan dibangun ini berada di tengah-tengah lahan tersebut.

Sebelum kami mulai mendesain rumah bapak Alexander, beliau mengirimkan referensi mengenai layout dan bentuk rumah yang akan beliau bangun. Awalnya, bapak Alexander kesulitan dalam melayout / menata ruang yang beliau butuhkan tersebut agar efisien dan terlihat luas. Beliau mengirimkan gambaran kasar layout desain beliau kepada kami untuk meminta saran bagaimana sebaiknya penataan ruang yang baik dan efisien. Tim desain kami pun mulai merespon mengenai denah layout tersebut, kami mencoba membuat alternatif denah layout versi tim Studio R3 dan selanjutnya kami tunjukan kepada beliau. Setelah kami tunjukkan, ternyata bapak Alexander ini setuju dan hanya ada sedikit beberapa penyesuaian.

Akhirnya setelah berdiskusi panjang lebar dengan beliau, denah layout yang sudah final sudah sesuai dengan harapan beliau. Berikut akan kami bahas mengenai kebutuhan ruang dari rumah bapak Alexander. Rumah bapak Alexander ini terdiri dari ruang tamu berukuran 4 m x 3,15 m yang berbatasan langsung dengan ruang makan dan dapur yang mempunyai ukuran 5 m x 5 m. Di area dapur ini terdapat area laundry ( ruang cuci ) yang berukuran 1 m x 0,75 m. Ruang lainnya adalah ruang tidur utama yang berukuran 4 m x 3 m, terdapat juga sebuah kamar mandi dengan ukuran 2 m x 3m, dan satu buah ruang tidur dengan ukuran 3 m x 3 m. Pada area depan kami desainkan juga carport dengan ukuran 4,85 m x 11,30 m.

Rumah bapak Alexander ini berukuran 8 m x 8 m di lahan seluas 15 m x 20 m. Pintu masuk rumah ini berada di area sisi kanan, sehingga tidak menghadap langsung ke jalan. Kami desainkan carport untuk akses dari jalan menuju pintu masuk rumah. Di area pintu masuk rumah bapak Alexander ini terdapat teras kecil berukuran 0,78 m x 3,55 m dengan atap dak. Pada area pintu masuk ini terdapat sebuah pintu dan jendela dengan 3 bukaan. Setelah melewati pintu utama, kita akan langsung menemui ruang tamu yang dapat difungsikan juga sebagai ruang keluarga. Pada ruang tamu / keluarga ini terdapat bukaan pada kedua sisinya, sehingga ruang ini terlihat luas. Ruang tamu / keluarga ini berbatasan langsung dengan ruang makan dan dapur. Pada ruang makan ini terdapat 3 bukaan jendela dan akses pintu menuju halaman belakang. Ruang makan ini berbatasan langsung dengan dapur dan pada dapur ini terdapat juga sebuah ruang cuci / laundry.

Diarea kiri dapur terdapat sebuah ruang tidur dengan 3 bukaan jendela menghadap area depan. Disamping ruang tidur ini terdapat kamar mandi dengan bukaan jendela bouven panjang. Ruang selanjutnya adalah kamar tidur utama yang terletak disebelah kanan kamar mandi. Pada ruang tidur utama ini terdapat 3 bukaan jendela menghadap area depan dan sebuah bouven panjang pada sisi kanannya.

Untuk bentuk fasade rumah bapak Alexander ini kami desainkan dengan gaya minimalis dengan sedikit gaya industrial. Area depan fasade bangunan kami desain dengan material conwood motif kayu dan material unfinish plester+aci. Pada area pintu masuk kami desain dengan material unfinish aci+plester. Fasade belakang kami desain dengan perpaduan material conwood dan unfinish. Dan pada fasade kiri kami desain dengan material unfinish plester+aci. Untuk rangka atap kami gunakan material baja ringan dengan penutup atap genteng metal pasir. Pada area depan dan sisi kanan rumah bapak Alexander ini kami desainkan pagar dari material metal hollow dan wiremesh dan kami kombinasikan dengan sedikit dinding menggunakan material unfinish plester+aci.

Rumah bapak Alexander ini memang terlihat banyak area hijau. Area hijau pada halaman depan dan belakang dari rumah bapak Alexander ini rencananya akan digunakan sebagai taman, sehingga posisi rumah memang kami desain sedemikian rupa sesuai dengan harapan bapak Alexander.