MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

REEN House - Bapak Rinto - Semarang, Jawa Tengah

REEN House - Bapak Rinto - Semarang, Jawa Tengah

Proyek kami kali ini berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Klien kami adalah sepasang keluarga muda yang saat ini memiliki rumah di salah satu komplek perumahan. Rumah tersebut merupakan bangunan 1 lantai dengan atap berbentuk limasan. Pada sebagian kecil area belakang, terdapat tambahan lantai 2 untuk fungsi cuci dan jemur, serta kamar ART. Namun, seiring berjalannya waktu, kebutuhan beliau akan ruang semakin bertambah. Anak-anak yang usianya semakin bertambah juga sudah meminta untuk memiliki ruang nya masing-masing. Selain itu, keluarga beliau biasanya menyediakan ruang khusus untuk beberapa ART.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Mereka memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek kami, Rancang Reka Ruang sebagai partner dalam mendesain renovasi rumah tersebut. Dari brief yang disampaikan, kami menyimpulkan terdapat beberapa kamar tambahan, ruang komunal, balkon di lantai 2, serta parkir untuk 2 mobil.

Kami memulai desain dengan menata ruang-ruang baru yang di inginkan agar bisa fit dengan ruang eksistingnya. Zonasi pengembangan desain ini berada di sisi yang rencana akan dijadikan 2 lantai. Fungsi awal ruang tersebuat adalah mushallah dan garasi. Saat ini ruang mushalla juga jarang digunakan, karena biasanya lebih cenderung beribadah di kamar ataupun ke masjid terdekat. Dengan demikian, kami mencoba mengalih fungsikan ruang ini menjadi akes vertikal (ruang tangga). Karena merupakan void ke lantai 2, sehingga pada bagian atap nya dibuat skylight yang memasukkan cahaya alami ke dalam rumah. Selai itu, ruang ini juga dimanfaatkan sebagai mini storage untuk menyimpan beberapa perabot kecil serta buku buku bacaan.

Garasi eksisting dirubah fungsinya menjadi 1 kamar tambahan. Sehingga menyisakan satu area carport di sisi depan. Kamar ini berfungsi sebagai kamar anak. Lokasinya berada dekat dengan ruang tengah sehingga mudah di akses serta memiliki keterhubungan dengan ruang kamar lain serta area servis. Hal ini di dukung dengan eksisting ruang tengah dengan prinsip open plan, yang kami pertahankan dalam desain kali ini.

Secara garis besar, dengan penambahan lantai tersebut, akan ada gubahan baru dengan ketinggian 2 lantai pada desain ini. Gubahan nya tidak terdapat di keseluruhan, tetapi hanya berada di sisi kiri bangunan utama. Kami meneruskan grid lantai 2 area belakang eksisting yang digunakan sebagai ruang cuci dan kamar ART. Perpanjangan ruang ini kami fungsikan sebagai ruang keluarga/ruang komunal yang ada di lantai 2. Ruang ini menggunakan pintu kaca dengan dimensi yang cukup besar serta langsung terhubung ke balkon yang berada di atas carport tadi.

Pada bagian fasad, tidak dilakukan perubahan secara dominan. Atap eksisting tetap kami pertahankan, Hanya saja, untuk mengimbangi komposisi gubahan lantai 2 yang baru, kami memberikan cover berupa roster pada beberapa sisi dan menggunakan tone warna yang senada.