MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Perumahan Type 36 - Bapak Harlim - Makassar

Perumahan Type 36 - Bapak Harlim - Makassar

Bapak Harlim ini adalah salah satu klien kami yang berasal dari Makasar. Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah hunian rumah tinggal 1 lantai. Beliau ternyata adalah salah satu developer yang ingin menggunakan jasa studio Rancang Reka Ruang dalam mendesain sebuah perumahan yang minimalis, modern dan kekinian. Tipikal rumah yang akan kami desain ini adalah rumah dengan tipe 36.

Lebar rumah mungil yang akan kami desain ini adalah 6 m. Luas tanahnya adalah 6 m x 12 m. Konsep awal dari pihak developer adalah rumah mungil 1 lantai dengan konsep minimalis. Kebutuhan rumah mungil ini terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu/keluarga, 2 ruang tidur, kamar mandi, dan halaman belakang. Carport yang kami desain berukuran 3 m x 4,5 m yang mampu menampung sebuah mobil. Taman depan berukuran 3 m x 3,3 m. Teras berukuran 1 m x 2,7 m. Ruang tamu/keluarga berukuran 4,2 m x 3 m. Selanjutnya, 2 buah ruang tidur yang kami desain berukuran masing-masing 2,5 m x 3 m. Kamar mandi berukuran 2 m x 1,5 m. Teras belakang berukuran 1 m x 1,5 m dan halaman belakang mempunyai luasan 12m2.

Fasade (tampak depan) rumah kami desain dengan konsep minimalis modern. Kami desain dengan bentuk yang simpel, sederhana, dengan perpaduan warna yang kontras antara warna oranye, coklat tua, dan coklat muda. Kami desainkan sebuah bentuk kotak dengan warna mencolok (oranye) sebagai aksen dari rumah ini. Kami desainkan juga sebuah kanopi beton pada area teras dan perpaduan bentuk kotak-kotak sederhasna pada area fasade samping teras rumah mungil tipe 36 ini.

Lantai carport kami desain dengan konsep modern dengan bentuk kotak-kotak yang simpel yang kami padukan dengan warna perpaduan abu-abu dan hitam sehingga terkesan tidak monoton. Area taman depan kami desain dengan pagar samping dari material metal dan terbuka sehingga memungkinkan interaksi penghuni dengan para tetangganya.

Untuk desain pintu dan jendela, kami desain dengan bentuk simpel dan sederhana yang kami padukan dengan warna putih dan terbuat dari bahan alumunium. Bahan dari alumunium ini sengaja kami pilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan modern dari bangunan ini lebih terlihat.

Untuk tampak belakang dari rumah mungil tipe 36 ini, kami desainkan perpaduan bentuk simpel, sederhana, dan minimalis. Perpaduan bentuk-bentuk simpel dan warna-warna yang sederhana memberi kesan minimalis modern pada bangunan rumah mungil ini.

Untuk bentuk atap dari rumah mungil ini, kami pilih adalah atap miring dengan sudut 15 derajat. Material rangka dari atap ini adalah galvalum dengan penutup atap dari genteng metal. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah membuat pemilik bangunan tidak perlu rutin membersihkan atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap sehingga kami pun menerapkannya pada desain rumah mungil tipe 36 ini.

Untuk persedian air bersih, kami desainkan sebuah tandon pada area belakang yang kami letakkan diatas atap dak beton kamar mandi. Pada area belakang ini kami sengaja desain dengan memasukkan sebuah area hijau. Disamping sebagai area sumur air bersih, area hijau ini dapat dimanfaatkan sebagai area pergantian aliran udara rumah mungil tipe 36 ini.