MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Muscapwanto - Maguwo Yogyakarta

Rumah Bapak Muscapwanto - Maguwo Yogyakarta

Klien kami berikut adalah Bapak Muscapwanto yang menginginkan pembangunan rumah yang berlokasi di Maguwoharjo Sleman DIY. Beliau yang bekerja di Kalimantan, menghendaki sebuah rumah tinggal yang nantinya bisa dimanfaatkan juga sebagai homestay ketika beliau sedang tugas ke Kalimantan. 

Site dari rumah ini masih berupa tanah kosong yang berisi pohon-pohon besar. Site juga mempunyai elevasi lebih tinggi dari jalan yang berada didepannya. Ketinggian kontur tanah site ini adalah 1,9 meter. Lumayan tinggi untuk dapat dimanfaatkan sebagai ruang luar.

Kontur yang lebih tinggi dari jalan kami sesuaikan dengan denah bangunan. Bagian site yang rendah sejajar dengan ketinggian jalan dimanfaatkan sebagai area kolam renang sehingga tidak perlu menggali lagi.

Luas bangunan yang dikehendaki oleh Bapak Muscapwanto adalah kisaran 160 m2. Sedangkan luas site yang akan dipakai adalah sekitar 300m2 dari keseluruhan site sebesar 600m2. Sisa site rencananya akan digunakan untuk kos atau kontrakan kedepannya.

Satu hal yang menjadi poin penting bagi Pak Muscap adalah adanya void di ruang tengah yang mempunyai akses tangga ke lantai 2. Void ini kami akomodasi dengan luasan lubang yang cukup besar. Hal lain yang diinginkan Pak Muscap adalah adanya kantor kecil di lantai 2. Kantor ini diperlukan karena selain pekerjaan beliau di bidang pertambangan, beliau juga mempunyai usaha digital printing.

Carport rumah ini mengikuti level kontur jalan. Untuk masuk ke pintu utama, harus melewati beberapa anak tangga yang berhenti di teras depan. Begitu masuk ke pintu utama, ruang tamu sudah menunggu. Ruang tamu ini bersebelahan dengan ruang keluarga. Tidak ada batas fisik antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Di belakang ruang keluarga terdapat ruang makan yang menjadi satu area dengan dapur. Yang menjadi hal menarik di area ini adalah akses langsung ke halaman samping dan kolam renang. Hal ini kami wujudkan dengan penggunaan pintu lipat full dari depan ke belakang pada dinding samping. Pintu lipat ini didominasi penggunaan kaca bening, sehingga pada siang hari cahaya matahari dapat leluasan masuk kedalam rumah.

Ruang tidur utama berada pada sisi kanan bangunan. Dilengkapi dengan kamar mandi dalam, kamar utama berbatasan langsung dengan ruang tamu. Tangga untuk naik ke lantai 2 berada di samping ruang tidur ini. Di bagian belakang terdapat ruang tidur ART yang berhadapan dengan KM/WC. Halaman belakang yang berbatasan dengan dinding tetangga kami jadikan taman yang mempunyai akses jalan setapak ke arah kolam renang.

Pada lantai 2 terdapat 3 kamar tidur yang dihubungkan oleh selasar pada bagian void. Ruang kerja berada di atas dapur lantai 1 dan mempunyai bukaan ke arah kolam renang. Ruang kerja dilengkapi dengan balkon untuk menikmati pemandangan ke arah kolam renang. 

Style bangunan yang dikehendaki oleh Bapak Muscap adalah type tropis, kontemporer, dan mengandung unsur arsitektur Bali. Hal ini ditunjukkan beliau ketika memberikan referensi desain kepada kami.

Atap bangunan dibuat sedikit melayang dengan penambahan ketinggian. Hal ini membuat bangunan harus mempunyai dak beton keliling pada bagian atas lantai 2. Air hujan akan turun dari atap tertampung pada dak beton tersebut dan akan dialirkan kebawah menggunakan saluran pipa yang ditanam pada dinding di tiga titik pojok bangunan. 

Untuk fasad, Pak Muscap ingin banyak unsur kayu karena beliau mempunyai stok kayu yang cukup banyak. Unsur ukiran dan profil menghiasi tiap sudut dari bangunan ini meskipun jenis yang digunakan tidak terlalu rumit. Permainan kanopi beton pada atas bukaan seperti pintu dan jendela serta pada area balkon semakin menguatkan kesan bangunan kontemporer.