MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Kos Bapak Hari - Yogyakarta

Rumah Kos Bapak Hari - Yogyakarta

Saat ini dunia bisnis properti di Indonesia semakin meningkat, hal ini dikarenakan semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan properti seperti rumah, apartemen, tanah atau kos-kosan. Salah satu bisnis properti yang sedang hype adalah bisnis kos-kosan. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi bapak Hari menghubungi biro arsitek kami untuk dibantu desain rumah kos. Kondisi tanah yang dimiliki oleh bapak Hari sendiri sangat luas, lokasinya berada di Tanah Gede, Bugisan, Kota Yogyakarta.  Kondisi lahan yang dimiliki oleh pak Hari ini berbentuk “kantong” karena akses menuju ke lahan utama pak hari kecil, namun lahan utama yang ada sangat luas. Lahan inilah yang ingin dijadikan pak Hari sebagai rumah kos.

Sebelumnya bapak Hari ini sudah memiliki eksisting bangunan kos 1 lantai, pak Hari meminta tim desain kami untuk mendesain 1 gui bahan massa rumah kos yang berdampingan dengan bangunan yang lama. Pak hari menginginkan desain kos 3 lantai dengan konsep terbuka dengan pencahayaan yang maksimal. Pak Hari juga menginginkan agar desain gubahan massa bisa terkoneksi langsung dengan bangunan sebelumnya yakni bangunan kos lama dan rumah orangtua pak Hari.

Setelah menerima beberapa masukan dari pak Hari, tim desain kami akhirnya mendesain kos pak Hari ini dengan konsep semi-klasik dengan detail luasan lantai 1 seluas 84 m2, lantai 2 seluas 94,5 dan lantai 3 seluas 94,5 m2. Pada tampilan eksterior terdapat permainan ornamen-ornamen profil pada fasad bangunan. Aksen utama dari desain bangunan kos pak Hari ini adalah bukaan seperti pintu dan jendela, jendela di setiap kamar dibuat lebar sehingga cahaya yang masuk kedalam ruangan bisa optimal seperti yang diinginkan oleh pak Hari.

Kami mendesain tata letak kamar menjadi berhadap-hadapan antara satu kamar dengan kamar lainnya sehingga semua kamar mendapatkan cahaya langsung dari luar, dan ada space lorong ditengah-tengah sebagai akses jalan didalam kos. Disediakan pula ruang komunal yang berfungsi sebagai ruang makan penghuni kos sehingga diharapkan penghuni kos bisa saling mengenal satu sama lain. Untuk lantai 1 didesain untuk dijadikan rumah singgah pak Hari ketika pulang ke kota Jogja. Detail ruang rumah singgah pak Hari yang berada di lantai 1 terdiri dari 2 kamar tidur, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan serta dapur yang memafaatkan ruang dibawah tangga. Diharapkan desain rumah kos ini menjadi hunian yang nyaman dan bisnis kos yang dijalankan oleh pak Hari dapat berjalan lancar.

 

Principal Architect  : Bondan Prihastomo

Architect in Charge : Suhijrah Willa Widodo

Text by                      : Mutiara Riska Bahar