MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Erwin Maryoto - Jakarta

Rumah Bapak Erwin Maryoto - Jakarta

Bapak Erwin menghubungi tim Studio Rancang Reka Ruang (R3) melalui telephone. Beliau meminta bantuan untuk mendesain ulang (renovasi) rumah beliau. Rumah eksisting beliau berukuran 11,5 m x 8 m dengan lahan yang masih lumayan lapang. Rumah lama beliau bergaya rumah biasa dengan atap pelana. Beliau juga meminta tambahan ruang berupa ruang tidur dengan akses langsung keluar rumah untuk asisten rumah tangganya.

Layout rumah lama Bapak Erwin ini tidak mengalami banyak perubahan. Kami mengganti fungsi gudang menjadi ruang tidur asisten rumah tangga pada area kanan dan melayout sehingga berbatasan langsung dengan teras belakang rumah. Posisi pintu kamar mandi luar yang tadinya kearah teras belakang berubah posisi kearah belakang dengan maksud agar tidak berhubungan langsung dengan ruang-ruang lainnya.

Area teras depan kami tambah ukurannya menjadi 2 m x 4 m. Ruang tamu kami desain berfungsi ganda sebagai ruang keluarga juga. Ruang tamu ini berukuran 4 m x 4 m dan berhubungan langsung dengan ruang makan. Pada area keluarga ini kami tambahkan berupa bukaan jendela besar pada sisi kirinya.

Area ruang makan yang berukuran 3,5 m x 6 m juga kami desain menjadi berbatasan langsung dengan area sirkulasi ke ruang tidur dan kamar mandi penghuni. Ruang makan ini juga mendapakan akses ke arah teras belakang rumah.

Ruang tidur utama yang berukuran 4 m x 5 m kami tambahkan bukaan berupa jendela besar sebagai pencahayaan alami.

Area dapur kami desain menjadi berukuran 2,4 m x 4 m. Area dapur ini berbatasan langsung dengan ruang makan dan area teras belakang rumah. Area teras belakang yang berukuran 1,8 m x 2 m menjadi area penghubung ke arah dapur, kamar tidur asisten dan ke arah sirkulasi ruang makan.

Area depan rumah Bapak Erwin terdapat teras depan, halaman depan dan carport. Carport kami desain dengan gaya minimalis. Kanopi carport juga didesain dengan bentuk simple dan minimalis sehingga menyatu dengan konsep desain carport tersebut.

Fasade (muka bangunan) rumah Bapak Erwin ini sengaja kami desain dengan konsep rumah topis dengan sedikit sentuhan minimalis. Muka bangunan rumah terlihat natural dengan penggunaan material batu alam dan batu bata ekpose. Dominasi bata ekpose dan kombinasi lantai warna gelap pada area teras memberi kesan dingin dan nyaman. Material batu alam warna cerah dan kombinasi lapisan warna semen ekspose yang kami pilih pada muka bangunan makin memberi kesan natural, anggun dan mewah pada bangunan.

Untuk desain pagar dari rumah Bapak Erwin ini kami desain dengan memadukan gaya tropis dan minimalis. Gaya tropis terlihat pada desain pagar rumah sebelah kanan dan kiri, sedangkan gaya minimalis terlihat jelas pada desain pagar carport. Tim studio Rancang Reka Ruang (R3) sengaja memadukan naturalnya bata ekspose dengan minimalisnya material logam. Pada pagar rumah Bapak Erwin ini  kami tambahkan juga vegetasi sebagai unsur alami pada bangunan.