MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Mencari Lahan Untuk Membangun Rumah Sederhana - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 11 Aug 2018 Dibaca: 1105 kali


Cara Membeli Tanah untuk Rumah Kecil

Gerakan rumah sederhana di Indonesia meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dengan slogan efisiensi dana atau biaya hidup yang efisien dan gaya hidup minimalis. Banyak pemilik rumah yang melihat manfaat dalam penghematan bahan material untuk mengurangi dampak negatif lingkungan, menghemat dana atau biaya dan menghilangkan stres yang berhubungan dengan rumah.

Membangun rumah kecil umumnya lebih rumit daripada merencanakan dan membangun rumah yang besar, karena ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan terkait dengan kehidupan pemilik. Selain dari penyederhanaan dan aspek logistik dari tinggal di rumah sederhana, salah satu pertanyaan utamanya adalah: di mana Anda menempatkan rumah mungil Anda?

 

Tantangan Membeli Tanah untuk Rumah Kecil Anda

Ketika Anda memutuskan sudah waktunya mencari dan membeli tanah untuk rumah sederhana, Anda mungkin akan menghadapi tantangan besar: lebih sulit untuk menemukan lahan yang berukuran pas dan hemat biaya secara tepat untuk rumah kecil daripada untuk rumah berukuran rata-rata. Kebanyakan pembeli rumah kecil tidak ingin membayar lebih hanya untuk lahan terbuka, karena lahan kecil akan penuh oleh bangunan. Pada saat yang sama, banyak kecil sulit ditemukan dan didapat. Pemilik lahan sering tidak ingin membagi lahan yang dijual, terutama di daerah pedesaan.

Bagaimana Anda menemukan tanah berukuran tepat untuk membangun rumah sederhana Anda?

Jika Anda siap untuk hidup yang lebih, pertimbangkan tiga kiat berikut untuk menemukan dan membeli tanah untuk sebuah rumah sederhana.

 

Tips Membeli Tanah untuk Rumah Kecil

1. Cari Lokasi, Ukuran, dan Harga yang Tepat

Kabar baik pertama : Rumah kecil dapat dibangun di mana saja selama konstruksi mengikuti aturan  bangunan sebuah negara.

Namun, banyak orang yang mempertimbangkan membangun rumah sederhana tidak memerlukan lahan untuk parkir. Bagaimanapun, ekonomi biasanya merupakan alasan besar di pertimbangan tersebut. Properti itu mahal, dan kemungkinan besar, Anda perlu menemukan sebidang tanah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Penting untuk mempertimbangkan ukuran, lokasi, dan harga sebelum memulai pencarian Anda.

Anda bisa menggunakan internet untuk mencari lahan berdasarkan lokasi. Anda juga dapat mencari berdasarkan ukuran atau harga, jika salah satu dari faktor-faktor ini dapat dinegosiasikan. Tentu saja, apa pun ukurannya, harga akan bervariasi berdasarkan lokasi, aksesibilitas, dan faktor lainnya. Rata-rata jika anda menghendaki rumah sederhana, lahan yang anda beli sebaiknya agak jauh pusat kota, karena tanahnya lebih mahal dan rentan terhadap peraturan bangunan yang rumit dan hukum zonasi.

 

2. Pertimbangkan Hukum Zonasi

Zonasi adalah seperangkat aturan tentang bagaimana lahan bisa digunakan. Zonasi akan menentukan jenis bangunan, penempatannya dan fungsinya; sementara ijin pendirian bangunan mengatur bagaimana itu harus dibangun dengan aman.

Pemilik rumah sederhana kadang-kadang menemukan bahwa ijin pendirian bangunan akan mengharuskan mereka untuk membangun rumah yang lebih kecil daripada yang mereka rencanakan.

Anda harus mulai dengan rencana dasar dan mencari informasi di kantor perijinan kota setempat. Dari sana, Anda akan dapat memahami beberapa persyaratan setempat, mengidentifikasi masalah yang perlu ditangani, dan mendapatkan gambaran realistis tentang apa diperbolehkan dan tidak untuk lahan anda. Namun ada juga beberapa kota yang mendorong pembangunan dan bahkan akan memberikan kelonggaran kepada anda. Hal ini untuk mendorong pembangunan kota dan meningkatkan pendapatan.

Anda juga dapat mencari info tentan lelang pemerintah atau bank. Ada banyak tanah di luar sana dan pemerintah atau bank menyelenggarakan lelang di mana Anda dapat membelinya dengan harga murah. Sebagian dari tanah ini disita karena alasan pajak atau agunan kredit macet, sementara beberapa lainnya adalah lahan surplus.

 

3. Gunakan Jaringan Anda

Salah satu cara paling efisien dalam pencarian lahan rumah sederhana Anda adalah dengan membangun jaringan dengan orang-orang. Jika Anda memutuskan untuk membeli tanah, baik besar atau kecil, penting Anda mencari seorang profesional real estate yang akan membantu dalam pencarian lahan kecil Anda. Ini adalah anggota jaringan Anda yang benar-benar akan meningkatkan pencarian Anda dan mengarahkan Anda ke arah yang benar. Ada agen yang mengkhususkan diri dalam rumah-rumah kecil. Pastikan untuk memeriksa kualifikasi agen sebelum mempekerjakan mereka untuk memastikan bahwa mereka adalah yang paling kompeten untuk pencarian lahan rumah sederhana Anda. Seorang agen berpengalaman akan membantu Anda melalui proses tanpa terlalu banyak stres.

Untuk langkah awal, Anda bisa mencari properti online terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki properti yang dipilih, periksa daftar agen. Jika anda menemukan sebuah properti yang dijual oleh pemiliknya, Anda mungkin mendapati agen yang bisa membantu Anda melalui proses tersebut. Bisa jadi anda terpikir untuk membatalkan agen (dan membayar komisi) tetapi Anda bisa jadi akan menghadapi masalah.

Penting untuk diingat bahwa lahan seringkali tidak dapat diagunkan untuk mendapatkan pinjaman dari bank. Untuk sebagian besar pembelian tanah, properti harus dibayar penuh diawal. Agen akan memandu Anda melalui proses langkah jual beli.


Tags

Artikel Terkait

Seputar Cermin Dalam Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Seputar Cermin Dalam Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cermin merupakan elemen yang umum terdapat dalam sebuah rumah. Fungsi utama cermin adalah untuk releksi, melihat diri sendiri. Manusia pada umumnya ingin terlihat tampil bagus, sehingga dalam rangka merias diri, memerlukan cermin untuk melihat dirinya sendiri. Namun, apakah fungsi cermin hanya se [...]

Diposkan: 17 May 2018 Dibaca: 933 kali

Koefisien Dasar Bangunan, pernah dengar? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Koefisien Dasar Bangunan, pernah dengar? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Koefisien Dasar Bangunan atau yang sering disingkat menjadi KDB, adalah prosentase luas lahan terbangun dibandingkan dengan lahan keseluruhan. Misal terdapat lahan seluas 100m2 dengan KDB 60%. Artinya dengan lahan seluas 100m2, luas yang boleh dibangun hanya seluas 60% x 100m2 = 60m2. [...]

Diposkan: 21 Feb 2018 Dibaca: 1651 kali

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal - Jasa Desain Arsitek Jogja

Pentingnya Perencanaan Sistem Penghawaan Dalam Rumah Tinggal - Jasa Desain Arsitek Jogja

Penghawaan merupakan elemen yang sangat penting dalam rumah tinggal. Dengan penghawaan yang baik rumah akan menjadi sehat dan terasa nyaman. Bagaimana merencanakan sistem penghawaan dalam rumah? Artikel berikut ini menjelaskan hal tersebut... [...]

Diposkan: 14 Nov 2017 Dibaca: 3024 kali

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sekilas Tentang Arsitektur Mediterania - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mungkin anda sering mendengar gaya arsitektur mediterania. Istilah tersebut sangat familiar di Indonesia, terkait dengan gaya arsitektur rumah tinggal. Namun mungkin sebagian besar dari anda belum mengenal sepenuhnya apa itu gaya Mediterania. [...]

Diposkan: 24 Oct 2017 Dibaca: 1283 kali

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Mengapa kita perlu memilih Desain Minimalis? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat kita didalam rumah, kita melihat sofa, almari, rak TV, meja, dan sebagainya. Barang-barang tersebut dapat menjadi gangguan visual yang dapat mengakibatkan stress. Bahkan mungkin kita tidak perlu untuk melihat semua ruangan. Meja kerja yang berantakan sudah cukup untuk membuat kita stress. Hal i [...]

Diposkan: 23 Oct 2017 Dibaca: 876 kali

Harga Borongan Per Meter atau RAB? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Harga Borongan Per Meter atau RAB? - Jasa Desain Arsitek Jogja

Ingin membangun rumah? Bingung dengan sistem kontrak dengan kontraktor? Dengan borongan, atau cost n fee? Baca artikel berikut untuk menjawab kebingungan anda... [...]

Diposkan: 14 Jan 2017 Dibaca: 3354 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: