MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Masjid Warga - Panggang Gunungkidul

Masjid Warga - Panggang Gunungkidul

Proyek masjid ini datang dari sebuah desa di kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Proyek ini merupakan proyek pemerintah daerah Gunung Kidul untuk masyarakat. Masjid ini dibangun untuk mewadahi kebutuhan masyarakat yang beragama islam untuk melaksanakan ibadah. Luas lahan yang dimiliki adalah seluas 269,824 m2 dan luas lahan yang didirikan bangunan masjid adalah 134,706 m2. Proses desain masjid ini diusahakan agar efisien dari material yang digunakan, proses pembangunan serta biaya yang dikeluarkan.

Model atap yang diterapkan adalah atap tajug, atap tajug adalah memiliki atap yang berbentuk piramidal atau limas bujur sangkar, yang memiliki dasar persegi empat sama sisi dan satu puncak. Jenis atap ini memang sering digunakan di bangunan-bangunan suci di Asia Tenggara. Material yang digunakan merupakan material-material yang banyak ditemui di sekitar lokasi, material eksposed dan kombinasi plaster aci, bata yang diekspose dan ditambah dengan aksen kayu. Terdapat pula roster sebagai tempat pencahayaan dan sirlulasi udara didalam masjid.

Masjid ini dikonsep dengan banyaknya bukaan sehingga angin/udara yang masuk bisa lebih optimal. Tampilan luar diaplikasikan warna hijau dan putih,dalm Islam hijau bermakna suci dan ketenangan jiwa.

 

Principal Architect   : Bondan Prihastomo

Architect in Charge  : Suhijrah Willa Widodo

Text by                       : Mutiara Riska Bahar