MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Lantai Tegel, Motif Ubin Masa Lalu untuk Desain Masa Kini - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 23 Mar 2020 Dibaca: 22 kali


Desain dengan gaya klasik memang terlihat kuno, tetapi gaya klasik tidak pernah lekang oleh waktu. Salah satu dari penerapan gaya klasik adalah dengan menggunakan lantai tegel. Lantai tegel adalah ubin yang berbahan dasar semen. Ubin tegel pertama kali masuk ke Indonesia diperkenalkan oleh bangsa Spanyol dan Portugal, di negara mereka dikenal sengan sebutan Azulejo.

tegelkunci_1708_1200

(Tegelkunci.com)

Pada waktu itu, sekitar tahun 1920-an di Pulau Jawa terdapat pabrik tegel bernama Tegel dan Beton Kunci yang memproduksi tegel dengan motif yang khas. Lokasi pabrik berada dekat dengan Keraton Yogyakarta menjadikan produk ubin tegel juga digunakan pada lantai Keraton Yogyakarta sehingga produk ubin tegel menjadi populer di wilayah Nusantara.

Harga Ubin Tegel Semen yang Lebih Terjangkau

6f26f61a35473e6f9a2cdd1b7b383374

(Pinterest.com)

Ubin tegel ternyata memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga lantai marmer dan granit. Untuk harga ubin dengan warna polos ataupun warna polos bermotif memiliki kisaran harga mulai dari Rp 6.000 - Rp 9.000 per buah, sedangkan untuk ubin bermotif yang terdiri dari 5 - 6 warna dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 11.000 per buah. Tetapi ubin dapat dibeli per dusnya dengan harga yang lebih murah, untuk satu dus tersebut berisi 25 buah ubin tegel.

Pemilihan untuk Ubin Tegel

dbc8a14249c4339d87e6fe357ae4d7c3

(Oldeenglishtiles.com.au)

Ubin memiliki ukuran 20 x 20 cm dan 30 x 30 cm sehingga pilihlah ukuran yang sesuai untuk diterapkan pada desain bangunan Anda. Selain itu, sesuaikan warna ubin tegel yang akan diterapkan. Ubin dengan warna terang ataupun gelap diterapkan sesuai dengan warna yang ada pada ruangan. Pilih ubin dengan warna yang cerah untuk diterapkan pada ruangan yang di dominasi warna gelap, selain mempercantik ruangan dengan ubin tegel warna cerah dapat membuat desain ruangan menjadi lebih terang.

Pada lantai kamar mandi ataupun lantai teras pilihlah ubin dengan tekstur kasar, sedangakan ubin dengan tekstur halus glossy, mate, dan satin dapat anda terapkan pada ruangan lainnya.

Pemasangan Ubin Tegel yang Praktis

Pemasangan ubin menggunakan plesteran semen, untuk pemasangan yang lebih praktis dapat menggunakan semen instan yang kualitasnya bagus dengan ketebalan adonan semen kira - kira 0,3 - 0,5 cm saja. Tetapi dapat juga dengan plesteran konvensional dengan ketebalan hampir 3 cm.

Sebelum tahap pemasangan ubin tegel labih baik direndam di dalam air kurang lebih 10 menit agar pemasangan ubin mendapat hasil yang baik.

Memasang ubin dengan cara mengetuk pada permukaanya sehingga plesteran pada ubin dapat rata dan ubin dapat menyatu dengan baik, selain itu gunakan nut dengan warna yang senada dengan ubin. Kemudian dapat difinishing dengan proses osasir, atau diskritalisasi, dan juga semir agar mendapat permukaan ubin yang mengkilap.

Perawatan Ubin Tegel yang Mudah

Perawatan ubin begitu mudah, bersihkan dengan pembersih lantai seperti pada lantai lainnya. Tekstur ubin yang kasar membuatnya lebih awet dan tidak licin, selain itu ubin yang basah dapat kering dengan sendirinya. Hindari ubin dari tumpahan asam karena cairan tersebut akan membekas pada permukaannya.


Tags

Artikel Terkait

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis Namun Tepat Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Saat ini sedang zamannya orang lebih memilih bekerja dari rumah ketimbang di kantor. Alasannya karena dengan bekerja di rumah maka waktunya akan lebih fleksibel. Salah satu penunjangnya ialah ruangan kerja yang nyaman dan sesuai dengan keinginan sendiri. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang begit [...]

Diposkan: 07 Dec 2019 Dibaca: 141 kali

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Kriteria Desain Interior Rumah Industrial yang Recommended - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain rumah adalah komponen penting yang wajib dimiliki sebelum membangun sebuah hunian impian. Desain rumah sendiri merupakan gambaran dari pribadi si pemilik rumah yang dipresentasikan dalam sebuah bangunan. Untuk saat ini, desain interior rumah yang sedang trend adalah konsep industrial. Anda su [...]

Diposkan: 05 Dec 2019 Dibaca: 305 kali

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Desain Ruang Belajar Anak Yang Nyaman Dan Aman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Salah satu penunjang keberhasilan anak dalam belajar adalah ruang belajar yang nyaman. Kita tentu tau, saat anak masih kecil mood belajar mereka masih belum stabil. Terkadang mereka semangat belajar, namun tiba-tiba sama sekali tidak mau belajar. Meski anak sudah menjalani proses pembelajaran di sek [...]

Diposkan: 03 Dec 2019 Dibaca: 151 kali

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

5 Inspirasi Desain Balkon Yang Cocok Untuk Bersantai Di Sore Hari - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jangan biarkan balkon rumah Anda terlihat biasa-biasa saja. Buat lebih menarik dengan desain balkon yang menarik. Umumnya, rumah yang memiliki minimal dua lantai terdapat sebuah balkon di bagian atas. Penambahan interior pada balkon seperti menambahkan bunga – bunga yang berwarna cerah, dengan din [...]

Diposkan: 30 Nov 2019 Dibaca: 87 kali

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Benda Yang Wajib Ada di Ruang Tamu Agar Orang Lain Nyaman - Jasa Desain Arsitek Jogja

Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menyiapkan ruang tamu yang nyaman. Ini berguna agar tamu yang datang ke rumah Anda akan merasa betah dan nyaman. Jangan sampai Anda dibuat malu dengan penampilan ruang tamu yang berantakan, sehingga diangap tidak terawat. Untuk memanjakan para tamu, Anda tidak perlu [...]

Diposkan: 28 Nov 2019 Dibaca: 128 kali

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

7 Tips Desain Dapur Sempit Minimalis Agar Terasa Lebih Luas - Jasa Desain Arsitek Jogja

Di zaman sekarang ini dimana menemukan lahan luas untuk membuat sebuah rumah impian rasanya tidak lagi mudah. Sekalipun tersedia lahan kosong besar, harga jual pasti tinggi. Di sini lah kita dipaksa putar otak untuk membuat rumah dengan lahan seadanya, tapi tetap menarik. Seperti dapur yang sejatiny [...]

Diposkan: 27 Nov 2019 Dibaca: 374 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: