MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Erye House - Ibu Rini - Yogyakarta

Erye House - Ibu Rini - Yogyakarta

Ibu Rini adalah salah satu klien kami dari Yogyakarta. Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah hunian rumah tinggal 1 lantai. Beliau adalah pasangan muda yang ingin menggunakan jasa studio Rancang Reka Ruang dalam mendesain sebuah rumah sederhana yang elegan. Rumah yang akan kami desain ini memiliki luasan yang tergolong kecil tapi dengan kebutuhan ruang yang cukup banyak.

Lebar rumah yang akan kami desain ini adalah 7 m. Luas tanahnya adalah 15 m x 28,5 m. Konsep yang diinginkan oleh klien adalah konsep minimalis dengan hanya ornamen RAW material dan roster. Kebutuhan rumah mungil ini terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu/keluarga, 3 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang cuci, ruang makan/dapur dan halaman samping. Carport yang kami desain berukuran 3,5 m x 7 m yang mampu menampung mobil dan motor. Taman depan berukuran 4 m x 7 m. Teras berukuran 1,2 m x 4 m. Ruang tamu/keluarga berukuran 2,3 m x 4 m. Selanjutnya, 2 buah ruang tidur yang kami desain berukuran masing-masing 2,75 m x 3 m dan 1 ruang tidur utama berukuran 3 m x 3,5. Kamar mandi kecil berukuran 1,2 m x 1,8 m dan kamar mandi besar berukuran 1,5 m x 1,5 m. Ruang cuci berukuran 1,2 m x 1,5 m. Ruang makan/dapur memiliki ukuran 4 m x 4 m. Teras samping berukuran 1,2 m x 3 m dan halaman belakang mempunyai luasan 116 m2.

Fasade (tampak depan) rumah didesain dengan konsep minimalis dengan ornamen roster dan RAW material. Desain bentuk yang simpel, elegan, dengan perpaduan warna yang kontras antara warna alami dari RAW material yang digunakan. Serta dinding-dinding dengan beberapa RAW material dominan seperti bata, concrete, dan roster sebagai aksen dari rumah ini. Juga terdapat sebuah kanopi beton tertutup pada teras depan rumah untuk memberikan ruangan yang cukup private.

Lantai carport didesain dengan konsep modern berbentuk kotak-kotak terpisah bermaterialkan raw concrete yang ditengahnya dapat di tumbuhi rumput agar menghasilkan kesan tetap alami pada rumah. Area taman depan didesain terbuka untuk memunculkan kesan ruang yang luas namun tetap private dengan dinding pemisah antar hunian.

Untuk desain pintu dan jendela, didesain dengan bentuk simpel dan sederhana yang dipadukan dengan warna hitam dan putih terbuat dari bahan alumunium. Bahan dari alumunium ini sengaja dipilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan minimalis dari bangunan ini lebih terlihat.

Tampak belakang dari rumah ini, didesain seperti bagian depan bangunan dengan fasad yang di beri ornamen RAW material. Perpaduan bentuk-bentuk simpel dan warna-warna yang sederhana memberi kesan minimalis modern pada bangunan rumah ini.

Bentuk atap dari rumah ini, yaitu atap pelana sederhana dengan kemiringan yang sedikit curam dengan penutup genteng tanah liat yang sejuk. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Untuk persedian air bersih, rumah ini memiliki ruang toren yang dapat menampung toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan wajar sebuah rumah tinggal dalam sehari. Rumah ini memiliki banyak ruang hijau karena permintaan dari klien yang ingin luasan rumahnya tidak besar sehingga sirkulasi udara pada bangunan akan sangat baik.