MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Wibowo - Ngawi, Jawa Timur

Rumah Bapak Wibowo - Ngawi, Jawa Timur

Bapak Wibowo adalah salah satu klien kami yang berasal dari Ngawi, Jawa Timur. Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah hunian 1 lantai. Tipikal rumah yang akan kami desain ini adalah rumah dengan fungsi yang lebih ke pemaksimalan ruang tidur.

Lebar dan panjang hunian ini adalah 8m  x 22m. Luas tanahnya adalah 9 m x 38 m. Konsep awal dari Pak Wibowo adalah hunian dengan konsep tradisional. Kebutuhan hunian ini terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu/keluarga, 10 ruang tidur, kamar mandi masing-masing kamar tidur, dan halaman belakang. Carport yang kami desain berukuran 8 m x 9,7 m yang mampu menampung beberapa kendaraan. Taman depan tidak terlalu luas karena hanya sebagai area terbuka hijau bangunan. Teras berukuran 3 m x 4,5 m. Ruang tamu/keluarga berukuran 4 m x 5 m. Selanjutnya, 10 buah ruang tidur yang kami desain berukuran masing-masing 3,25 m x 3,5 m dengan kamar mandi private berukuran 1,25 m x 1,6 m. Halaman belakang mempunyai luasan 51m2.

Fasade (tampak depan) rumah didesain dengan konsep tradisional minimalist. Didesain dengan bentuk yang simpel, sederhana, dengan perpaduan warna alami dari material-material yang kami gunakan. Setra terdapat sebuah kaca buram memanjang pada bagian depan bangunan untuk menampilkan kesan minimalist. Juga kanopi beton di setiap ruang tidur pada bangunan untuk fungsi penahan air dan peletakan AC yang di cover.

Lantai carport didesain dengan konsep tradisional menggunakan paving konvensional. Area taman depan didesain terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas namun tetap private dengan dinding pemisah antar hunian.

Untuk desain pintu dan jendela, berbentuk simpel dan sederhana yang dipadukan dengan warna coklat dan terbuat dari bahan alumunium dan kayu. Bahan dari alumunium ini sengaja dipilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan modern dari bangunan ini lebih terlihat.

Untuk tampak belakang dari hunian ini, didesain perpaduan bentuk simpel, sederhana, dan minimalis tanpa ornamen apapun. Hanya perpaduan warna dari setiap material yang ditonjolkan.

Untuk bentuk atap dari hunian ini, yang dipilih adalah atap pelana jawa dengan penutup genteng asphalt yang cocok untuk atap dengan kemiringan yang landai. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Untuk persedian air bersih, hunian iniu menggunakan 2 penampungan ground dan tower yang berasal dari pam. Pada area belakang ini sengaja didesain dengan memasukkan sebuah area hijau. Disamping sebagai area peresapan, area hijau ini dapat dimanfaatkan sebagai area pergantian aliran udara rumah. Ini adalah rumah yang dihasilkan dari perpaduan konsep tradisional dan modern minimalis untuk menampilkan kesan rumah jawa yang "kekinian".