MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Hudi – Bontang, Kalimantan Timur

Rumah Bapak Hudi – Bontang, Kalimantan Timur

Klien kami kali ini adalah Bapak Hudi yang berasal dari Bontang, Kalimantan Timur. Beliau memiliki lahan di komplek perumahan dengan luas 270m2. Rumah yang didesain merupakan bangunan satu lantai dengan tiga kamar tidur. Setiap kamar di-layout sehingga memiliki ventilasi langsung ke ruang luar. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara dapat mengalir secara optimal, serta cahaya alami dapat masuk ke dalam ruang. Dengan demikian, kamar akan menjadi lebih nyaman dan tidak lembab. Hal ini menjadi penting karena dalam hunian yang prinsipnya merupakan tempat istirahat, maka  kenyamanan ruang kamar harus diperhatikan dengan baik.

Ruang tamu dan ruang keluarga dalam desain rumah ini dibuat tanpa sekat. Bapak Hudi menganggap tamu adalah bagian dari interaksi di dalam rumah. Selain itu dengan diterapkannya model tersebut, ruang akan terkesan lebih luas dan lapang. Dapur dan ruang makan plotting di area belakang yang memiliki view ke taman. Bukaan area belakang terbuat dari elemen kaca dengan dimensi yang cukup besar untuk memaksimalkan view tersebut.

Salah satu poin yang cukup menarik adalah kebutuhan akan ruang musik di dalam rumah. Area tersebut walaupun didesain dengan interior yang kedap suara, namun peletakkannya juga menjadi krusial. Pada desain rumah ini, ruang musik dibuat di area belakang yang dekat dengan area taman belakang dan taman samping. Sehingga dindingnya tidak dominan bersentuhan langsung dengan ruang lainnya maupun dinding tetangga. Untuk peletakan toilet, di desain agar aksesibel dari setiap ruang, sehingga tidak menyulitkan ruang gerak pengguna. Teras depan dibuat dengan dimensi yang cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk ekstensi ruang tamu yang ada di dalam. Taman dibuat di depan yang menjadi area resapan sekaligus zona tanam untuk beberapa vegetasi.

Fasad menjadi elemen yang paling menonjol dari segi tampilan rumah. Terdapat kombinasi tiga material utama yang dominan digunakan. Granit dinding, Batu alam tempel, serta kayu. Ketiga elemen ini dipadukan dengan komposisi yang tepat agar tidak terlihat monoton. Pada bagian atap, jenis yang digunakan adalah atap limasan yang menjadi karakter lokalitas serta merespon keadaan iklim setempat. Carport umumnya menjadi kendala pada tampilan fasad. Namun pada rumah Bapak Hudi ini, elemen tersebut didesain agar dapat menyatu dengan rumah. Bidang yang cukup luas diatasi dengan membagi area yang ditutupi dak beton dengan area transparan. Sehingga area dibawahnya dan ruang yang berada dibelakang carport tidak menjadi gelap.