MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Musholla Warga – Panggang Gunungkidul DIY

Musholla Warga – Panggang Gunungkidul DIY

Kami mendapatkan order untuk pembuatan desain musholla di daerah Gunungkidul DIY. Musholla ini cukup kecil dengan ukuran 7 x 7 meter persegi. Musholla ini adalah bantuan dari Pondok Pesantren setempat untuk warga sekitar. Dana yang tersedia pun sudah ditentukan. Kebetulan yang mengerjakan fisiknya adalah relasi kami yang merupakan salah satu warga disana.

Dari luasan tersebut, ada ruang lain selain tempat sholat, yaitu kamar mandi, tempat wudhu, dan gudang. Gudang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang seperti tikar, soundsistem, kotak infak, serta barang lain yang sering digunakan di musholla ini.

Dari kebutuhan ruang tersebut, dan mengingat posisi lahan terhadap lahan sekitar, kami membuat desain seperti denah diatas. Sesuai request dari pihak pengurus, tempat wudhu berada disamping kamar mandi/wc, sehingga untuk area basah menjadi satu. Selain itu juga agar pemipaan lebih mudah dan hemat. Sedangkan di sebelah kanan terdapat gudang yang pintunya menghadap ke arah dalam, untuk lebih memaksimalkan keamanan.

Di antara dua ruangan tersebut adalah ruang mihrab imam. Bukaan pada ruang sholat makmum menghadap pada salah satu sisi saja karena sisi kanan merupaka tanah tebing. Dari ruang wudhu ke area sholat dibuatkan selasar kecil agar setelah wudhu tetap suci tidak terkotori lagi. Selasar ini menghubungan area wudhu dengan pintu samping dan pintu utama yang berada di bagian belakang musholla.

Material yang digunakan dalam bangunan ini adalah material bangunan pada umumnya. Untuk dinding merupakan bata ringan yang diplester, diaci dan dicat. Untuk kusen dan daun baik pintu maupun jendela dengan kayu jati lokal finishing melamin. Sedangkan untuk aksen bagian pintu utama, kami berikan semacam "gerbang" dengan finishing bata ekspose. Area terbuka disekeliling musholla dengan menggunakan grassblock untuk memaksimalkan penyerapan air ke dalam tanah.