MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

CLR Residence - Perumahan Ibu Clara - Manokwari, Papua

CLR Residence - Perumahan Ibu Clara - Manokwari, Papua

Ibu Chaca adalah salah satu klien kami yang berasal dari Manokwari. Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah hunian rumah tinggal 1 lantai. Beliau sedang mengembangkan bisnis propetinya dan ingin menggunakan jasa studio Rancang Reka Ruang dalam mendesain sebuah perumahan sederhana yang elegan, namun pengerjaannya tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar.

Luas total lahan perumahan yang akan kami desain ini adalah 400m2. Dari luas total lahan kami bagi menjadi 4 kapling tanah. Luas tanah per bangunan adalah 8 m x 9 m. Konsep awal dari klien adalah rumah 1 lantai dengan konsep scandinavian. Konsep tersebut di pilih karena klien ingin memaksimalkan penggunaan penghawaan alami pada rumah ini. Kebutuhan rumah mungil ini terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu/keluarga, 2 ruang tidur, kamar mandi, dan taman indoor. Carport yang kami desain berukuran 2,5 m x 4,5 m yang mampu menampung sebuah citycar. Taman depan berukuran 9 m2. Teras berukuran 1 m x 1,2 m. Ruang tamu/keluarga berukuran 2,5 m x 5,3 m. Selanjutnya, 2 ruang tidur yang kami desain berukuran masing-masing 2,5 m x 3,5 m. Kamar mandi berukuran 1,5 m x 3 m. Teras belakang berukuran 0,6 m x 2,2 m dan taman indoor berukuran 0,6 x 2,2 m.

Fasad (tampak depan) rumah kami desain minimalis dan elegan. Kami desain dengan bentuk yang simpel, sederhana, dengan perpaduan warna yang kontras antara warna putih, dan warna alami dari bata tempel. Kami desainkan profil simple pada dinding atap untuk menegaskan bentuk atap. Kamar depan kami desain sedikit berkantilever dan kanopi teras tanpa kolom untuk memberi kesan ringan pada bangunan.

Carport kami desain simple dengan perpaduan conblock pada lantai dan batu alam pada dinding. Area taman depan kami desain terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas namun tetap private dengan dinding pemisah antar hunian.

Untuk desain pintu dan jendela, kami desain dengan bentuk simpel dan sederhana yang kami padukan dengan warna putih dan terbuat dari bahan alumunium. Hampir semua bukaan menggunakan material yang dapat dilewati cahaya matahari sehingga membuat kesan scandinavian lebih terasa pada bangunan.

Untuk bentuk atap rumah, yang kami pilih atap pelana sederhana dengan kemiringan cukup curam bermaterialkan uPVC. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Untuk persedian air bersih, perumahan ini sudah memiliki instalasi air langsung ke rumah-rumah sehingga hanya perlu di tampung pada toren. Pada area belakang ini kami sengaja desain dengan memasukkan sebuah area hijau. Disamping sebagai area peresapan, area hijau ini dapat dimanfaatkan sebagai area berputarnya aliran udara dan masuknya cahaya matahari ke rumah.