MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Fransisko - Manado

Rumah Bapak Fransisko - Manado

Awalnya, Bapak Fransisko menghubungi tim Studi R3 (Rancang Reka Ruang) untuk meminta bantuan dalam mendesain rumah tinggalnya. Beliau pertama kali menghubungi studio kami ini melalui email, dan berlanjut melalui WA (WhatsApp). Bapak Fransisko ini ingin membangun rumah tinggalnya dengan paduan gaya elegan minimalis.

Lokasi rumah tinggal elegan 1 lantai bergaya minimalis ini berada di Manado, Sulawesi Utara. Lahan dari bapak Fransisko ini terletak di pinggir jalan utama. Batas samping kiri adalah rumah penduduk, sebelah kanan adalah kawasan pertokoan, dan batas belakang lahan adalah rumah penduduk. Luas lahan Bapak Fransisko ini adalah 300 m2 dengan lebar depan 15 m dan lebar sampingnya 20 m. Sedangkan luas bangunannya sendiri adalah 231 m2.

Untuk kebutuhan ruang rumah Bapak Fransisko yang kami desainkan ini terdiri dari garasi, ruang tamu, ruang kerja, ruang keluarga, dapur, ruang makan, 3 kamar tidur, 1 kamar tidur utama, 3 kamar mandi, gudang, dan ruang cuci/jemur. Pada area depan dari rumah Bapak Fransisko kami desainkan sebuah garasi berukuran 5 m x 6 m, yang berhubungan langsung dengan carport dan halaman depan. Garasi ini tergolong luas karena dapat menampung 2 buah mobil milik bapak Fransisko. Di area depan ini juga terdapat teras yang berukuran 5 m x 2 m yang berbatasan dengan ruang tamu. Ruang selanjutnya adalah ruang tamu yang berukuran 4 m x 4 m dengan bukaan (jendela) yang kami desain pada sisi kanannya. Disamping kiri ruang tamu terdapat ruang kerja yang berukuran 2,5 m x 4 m yang berfungsi sebagai ‘kantor mini’ dari bapak Fransisko.

Di area tengah rumah 1 lantai minimalis bapak Fransisko ini terdapat sebuah ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan dapur. Ruang keluarga ini berukuran 4 m x 4,9 m, ruang makan berukuran 2,88 m x 4,9 m, sedangkan dapur berukuran 3 m x 4,5 m. Didekat ruang makan terdapat 3 ruang tidur dengan masing-masing berukuran 3 m x 4 m. Di samping kiri dari ruang keluarga terdapat ruang tidur utama yang berukuran 3,5 m x 4 m. Pada ruang tidur utama ini kami desain dengan kamar mandi di dalam dan sebuah walkin closet.

Pada sisi kiri area belakang dari rumah bapak Fransisko ini kami desainkan untuk ruang cuci/jemur yang berukuran 2 m x 4 m dan sebuah gudang yang berukuran 2 m x 2 m. Kami desainkan juga teras di sebelah kanan dan kiri rumah yang berfungsi sebagai masuknya cahaya dan sirkulasi udara ke dalam dan luar rumah. Disamping itu, teras ini juga berfungsi sebagai view kearah samping rumah.

Tampak depan (fasade) rumah 1 lantai dari bapak Fransisko kami desain dengan bentuk sederhana dan simple. Kami gunakan material batu alam andesit pada kolom dan pada muka bangunan bapak Fransisko ini. Sedangkan pada fasade garasi, kami desain dengan material unfinish dari material plester+aci sehingga menyatu dengan material batu yang kami desain tersebut. Kami tambahkan desain roster batu pada kanan kiri bangunan bapak Fransisko sebagai aksen dan agar sirkulasi udara rumah dapat tercukupi. Area garasi ini berhubungan langsung dengan sisi kiri rumah. Terdapat juga taman dan teras rumah yang kami desain menggunakan material conwood dan unfinish. Area sisi kiri rumah bapak Fransisko ini juga berhubungan langsung dengan area cuci/jemur.

Untuk area kanan rumah bapak Fransisko ini, terdapat taman dan teras. Pada area teras, kami desainkan dari material conwood sehingga terkesan natural. Material conwood dan batu alam andesit kami padukan sedemikian rupa sehingga makin membuat kesan rumah bapak Fransisko ini juga terlihat elegan. Tidak lupa kami desainkan juga taman di sepanjang sisi kanan rumah agar terlihat segar dan alami.

Pada area belakang rumah bapak Fransisko berbatasan dengan lahan tanah tetangga, sehingga kami desainkan pagar dan halaman sebagai pembatasnya. Sedangkan untuk rumah tinggal 1 lantai bapak Fransisko ini, sumber air bersih adalah dari PAM, dan kata beliau, pelayanan PAM didaerahnya termasuk bagus dan memuaskan, sehingga kami tidak mendesainkan dimana perletakan sumur air bersihnya.