MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Bapak Budi - Lamongan Jawa Timur

Rumah Bapak Budi - Lamongan Jawa Timur

Pak Budi, sapaan beliau, mempunyai sebidang tanah dengan ukuran yang memanjang ke belakang. Ukuran site Pak Budi adalah 8,8 x 29,3 m2. Pada awalnya Pak Budi hanya menginginkan rumah dengan luasan sekitar 45 m2. Namun dalam perjalanan proses desain, luasan menjadi hampir dua kali lipat rencana semula. Hal ini karena Pak Budi menginginkan perubahan kebutuhan ruang. Dan hal tersebut sangat wajar dalam proses perancangan sebuah rumah tinggal.

Pada dasarnya kebutuhan ruang dari rumah Bapak Budi ini tidak terlalu banyak, seperti rumah pada umumnya. Desain yang kami buat pun selalu mengacu kepada kaidah perancangan arsitektur yang baik, dimana segala aspek seperti sirkulasi pengguna, sirkulasi udara, asupan cahaya, efektivitas struktur serta estetika menjadi poin utama.

Rumah ini terdiri dari tiga kamar tidur yang kami letakkan berderet ke belakang. Hal ini untuk mengelompokkan area privat pada sisi sebelah kanan bangunan. Pada bagian depan, terdapat ruang tamu yang cukup simple, berbatasan dengan ruang keluarga di belakangnya yang juga cukup kecil. Hal ini karena Bapak Budi tidak terlalu banyak beraktivitas dalam ruang publik. Rumah sebagai tempat istirahat adalah point yang terpenting.

Style bangunan yang diinginkan oleh Bapak Budi adalah gaya kontemporer yang sedang marak saat ini. Gaya ini begitu beliau sukai hingga untuk membuat fasad dari rumah ini, beliau mengirimkan gambar referensi sebagai acuan. Beberapa kali revisi kami lakukan sehingga tercapai bentuk gaya yang disetujui.

Warna hijau pupus menjadi point of interest dari rumah ini. Bentuk yang semi mediteran menggunakan kanopi pada tiap jendela, serta adanya tiang besar diteras depan meskipun dibalut dengan bentuk modern. Tidak lupa penggunaan batu alam berupa batu palimanan dan batu andesit mewarnai fasad depan. Kesan kontemporer tambah kental dengan penggunaan bahan kayu untuk kusen dan daun pintu maupun jendela dari rumah ini.