MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rajj House - Bapak Raji - Kutai, Kartanegara

Rajj House - Bapak Raji - Kutai, Kartanegara

Bapak Raji adalah salah satu klien kami yang berasal dari Kutai Karta Negara. Beliau menghubungi Studio Rancang Reka Ruang (R3) untuk membantu mendesainkan 2 hunian rumah tinggal 2 lantai karena beliau sekeluarga berencana untuk pindah. Rumah 1 berfungsi sebagai hunian utama keluarga Bapak Raji dan Rumah 2 berfungsi sebagai hunian saudaranya yang bisa di alih fungsi menjadi tempat usaha. Lokasi lahan yang akan dibangun kebetulan berlokasi di Yogyakarta sehingga memudahkan proses survey lahan. 2 Rumah yang akan kami desain ini berada di satu lahan dengan luasan yang tergolong kecil tapi dengan kebutuhan ruang yang cukup banyak.

Luas total lahan adalah 10 m x 10 m. Konsep yang diinginkan oleh klien untuk kedua hunian adalah modern minimalist dengan ornamen material RAW, Baja, dan Conwood. Lebar rumah 1 yang kami desain adalah 6 m. Kebutuhan rumah 1 terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu, ruang keluarga, 3 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang cuci, ruang makan/dapur dan balkon. Carport yang kami desain berukuran 3,5 m x 5 m, cukup luas untuk lahan kecil yang mampu menampung mobil dan motor. Rumah mungil ini kami beri taman depan berukuran 1 m x 2,4 m memanfaatkan GSB. Teras berukuran 1,9 m x 2 m. Ruang tamu berukuran 2,4 m x 3 m yang menyatu dengan dapur berukuran 2,4 m x 3,5 m. 3 ruang tidur yang kami desain memiliki ukuran berbeda-beda, r. tidur utama berukuran 3,4 m x 2,5 m, ruang tidur kedua berukuran 2,6 m x 3 m, r. tidur ketiga berukuran 2,1 m x 3,2 m.

Kamar mandi lantai 1 berukuran 1,4 m x 2,4 m dan kamar mandi lantai 2 berukuran 1,4 m x 2 m. Ruang cuci jemur di lantai 2 berukuran 1,6 m x 2,6 m. Balkon berukuran 1 m x 2, 5 m. Dan kebutuhan rumah 2 terdiri dari carport, taman, teras, ruang tamu/ruang keluarga, 2 ruang tidur, 1 kamar mandi, dapur/ ruang makan, dan balkon. Carport untuk rumah 2 berukuran 2,4 m x 5 m. Teras depan berukuran 3,5 m2. Taman depan berukuran 1,3 m x 1,4 m. Ruang tamu menyatu juga dengan dapur dan ruang makan berukuran 13,5 m2. 2 ruang tidur memiliki ukuran yang hampir sama, r. tidur pertama berukuran 2,7 m x 2,4 m. r. tidur 2 berukuran 2,7 m x 2, 4 m. Balkon berukuran 0,9 m x 1,4 m.

Fasad (tampak depan) kedua rumah kami desain dengan konsep yang sama. Kami desain dengan bentuk yang simpel, elegan, dengan perpaduan warna yang kontras antara warna alami dari RAW material yang digunakan. Kami desainkan ornamen dinding simpel dengan beberapa RAW material dominan concrete, conwood, dan baja sebagai aksen dari rumah ini.

Carport kami desain dengan bentuk simpel menggunakan beberapa material seperti con block, raw concrete dan baja sebagai material kanopi. Area taman depan kami desain terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas.

Untuk pintu kami desain dengan bentuk simpel dan sederhana bermaterial kayu. Untuk bukaan jendela juga dengan bentuk simpel dari alumunium, ini sengaja kami pilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan minimalis dari bangunan ini lebih terlihat.

Untuk bentuk atap dari rumah ini, kami menggunakan atap miring dengan material uPVC. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Untuk persediaan air bersih, rumah ini memiliki ruang toren yang dapat menampung toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan wajar sebuah rumah tinggal dalam sehari.