MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

HYU House - Jawa Barat

HYU House - Jawa Barat

Ada salah satu klien kami yang berasal dari Jawa Barat. Beliau menghubungi Studio Rancang Reka Ruang untuk membantu mendesainkan beberapa penambahan ruang dari rumah lamanya. Bangunan baru tersebut akan berfungsi sebagai ruang tambahan untuk fungsi privat dan semi publik. Bangunan yang akan kami desain ini berada di satu lahan yang cukup luas dengan kondisi kontur tanah yang sedikit curam.

Luas total lahan adalah 1134 m2. Karena lahan yang cukup luas kami di minta juga untuk mengolah landscape dari lahan yang akan terbangun. Konsep yang diinginkan oleh klien untuk bangunan tambahan adalah modern minimalist namun tetap kontekstual dengan bangunan lama. Bangunan baru menggunakan ornamen material RAW, roster, batu tempel, Conwood, dan baja. Luas lahan yang kami olah untuk bangunan dan landscape adalah 733 m2. Kebutuhan ruang tambahan tersebut terdiri dari taman, kolam renang, ruang tamu, ruang santai, 2 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang wudhu, dapur, ruang majelis taklim, gudang, dan teras. Luas total taman/landscape yang kami desain adalah kurang lebih 470 m2 . Kami desainkan 2 kolam dengan fungsi yang berebeda, kolam dengan ukuran 1 m x 1,5 m untuk kolam rendam air hangat dan kolam dengan ukuran 3 m x 7 m untuk kolam renang. Ruang tamu berukuran 4 m x 8,7 m dengan ruang untuk menaruh alas kaki. 2 ruang tidur yang kami desain memiliki ukuran masing-masing untuk r. tidur utama berukuran 5 m x 6 m, ruang tidur anak berukuran 3 m x 6 m. Kamar mandi dan WIC untuk kedua kamar berukuran 3 m x 4,6 m. Ruang Majelis Taklim berukuran 7 m x 14 m yang memiliki r. wudhu berukuran 3 m x 2 m dan kamar mandi berukuran 3 m x 2 m yang juga digunakan sebagai ruang cuci. Ruang-ruang yang kami desain langsung terkoneksi ke area luar sehingga setiap ruangan kami beri teras dengan kanopi.

Fasad (tampak depan) setiap ruangan kami desain dengan konsep yang sama. Kami desain dengan bentuk yang simpel untukn kesan minimalist dengan perpaduan warna yang kontras antara warna hitam dari alumunium & baja dan RAW material yang digunakan. Klien menginginkan bangunan menggunakan bata hebel yang di expost serta material beton tanpa acian. Penggunaan bukaan-bukaan kaca yang besar untuk memunculkan kesan modern dan untuk memaksimalkan penggunaan cahaya alami. Tidak banyak ornamen yang digunakan pada bangunan. Menggunakan roster dan batu tempel dengan bentuk yang simple. Terdapat juga pot tanaman dari beton yang di letakkan pada dinding bangunan untuk memunculkan kesan sejuk pada bangunan.

Area taman/landscape depan kami desain dengan bentuk yang simple dan terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas. Banyaknya ruang hijau memberikan kesan sejuk dan visual yang baik pada ruang yang mengelilingi taman/landscape. Kami beri juga banyak elemen air pada kawasan untuk memberi kesan sejuk. Area air juga sekaligus bisa menjadi drainase untuk air hujan dan penampungan air untuk tamanan pada area taman/landscape.

Pintu-pintu utama yang langsung terkoneksi ke area luar kami desain dengan bentuk simple bermaterialkan kayu karena ukuran yang cukup besar. Perpaduan wanra hitam dan kayu memunculkan kesan modern pada bangunan. Pintu-pintu lain kami desain setema dengan pintu utama tapi dengan material alumunium karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Untuk bukaan jendela juga dengan ukuran yang besar dan bentuk simpel dari alumunium, ini sengaja kami pilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan modern dan minimalist dari bangunan dapat terlihat.

Untuk bentuk atap dari rumah ini, kami menggunakan atap dengan kemiringan cukup curam menggunakan material genteng metal. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Untuk persediaan air bersih, rumah ini sudah memiliki sumur sehingga kami desainkan atap dak yang dapat menampung 2 toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan sebuah rumah tinggal.