MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Marthen House - Merauke

Marthen House - Merauke

Biro kami Rancang Reka Ruang memang berdomisili di Yogyakarta, namun kali ini klien kami datang dari ujung timur Indonesia yakni Merauke. Menjadi kebanggan tersendiri bagi kami bisa mewujudkan impian klien yang bernama bapak Marthen ini. Ketika menghubungi biro arsitek kami, bapak Marthen mengirimkan referensi rumah yang diinginkan. Referensi yang beliau berikan merupakan produk desain dari klien kami sebelumnya, beliau mendapatkan referensi melalui website kami dan menginginkan persis seperti yang ada di desain sebelumnya.

Luas lahan yang dimiliki oleh bapak Marthen ini 148,4 m2, dan untuk luas bangunannya seluas 70 m2. Pak Marthen menginginkan rumah yang tidak terlalu banyak aksen ataupun ornamen tambahan sehingga lebih terkesan elegan dan sederhana namun tetap modern, oleh karena itu kami mengajukan solusi yakni mendesain eksterior dengan cat warna putih dan menggunakan material batu alam yang dikombinasikan dengan kaca.

Kebutuhan ruang rumah bapak Marthen yakni ada ruang tamu, 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak, ruang keluarga, kamar mandi, dapur dan ruang makan, terdapat pula carport untuk 1 monil serta ruang terbuka/taman di bagian depan rumah.

Pak Marthen menginginkan rumahnya tanpa pagar, sehingga kami mendesain dengan memberikan rambat beton dan garis batas sebagai pembatas rumah dan jalan. Desain rumah juga ditambahkan taman untuk memperlancar sirkulasi udara dan penerapan sistem cross ventilation. Konsep ini tentunya akan membuat rumah menjadi lebih sehat karena udara akan mengalir lurus dari satu sisi ke sisi yang lain, dan menyaring polusi udara, selain itu dapat menghemat penggunaan AC karena udara dari luar kedalam dan dalam keluar lancar.

Diharapkan rumah bapak Marthen ini menjadi hunian yang nyaman dan sehat bagi pak Marthen sekeluarga.

 

Architect in Charge : Suhijrah Willa Widodo

Text by                      : Mutiara Riska Bahar