MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Agung House - Jakarta Timur

Agung House - Jakarta Timur

Pak Agung adalah klien yang beberapa waktu lalu sudah pernah menggunakan jasa arsitek kami. Lokasi proyek berada disalah satu cluster perumahan di Jakarta Timur dengan luas lahan 72m2. Pada perancang kali ini site yang desain masih sama dengan sebelumnya. Namun dalam kasus ini beliau berencana untuk melakukan pembangunan secara bertahap. Dengan demikan akan ada beberapa perubahan yang perlu dilakukan pada layout ruang, terutama di lantai 1. Hal tersebut juga menjadi menarik dikarenakan aturan dari pihak developer yang harus mempertahankan fasad depan desain awal (default) agar tetap seirama dengan unit bangunan lainnya.

Melihat beberapa faktor tersebut, kami mencoba mulai menyusun kembali penataan ruang dengan mempertimbangkan posisi bukaan area depan agar tetap sesuai dengan desain awal developer. Kemudian pengolahan ruang lantai 1 diatur dengan konsep terbuka pada ruang keluarga, ruang makan serta dapur. Untuk rencana kamar Utama, pada tahap pembangunan awal nanti akan dibuat menjadi area terbuka, sehingga area kamar yang digunakan sementara hanya berada di lantai 2. Proses desain dengan sistem pembangunan bertahap seperti ini mengharuskan kami untuk sudah menyiapkan elemen struktur yang cukup kuat untuk pengembangan selanjutnya.

Lahan yang dimiliki klien kami ini cukup unik dengan bentukan trapesium yang sisi belakangnya lebih lebar dari sisi depan, sehingga kami juga dituntut untuk memaksimalkan ruang dengan menghindari spot yang berpotensi menjadi dead-space. Berada di ujung dan berbatasan langsung dengan dinding batas perumahan sehingga sirkulasi udara dan cahaya yang masuk juga menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan, karena akan bersinggungan dengan site tetangga yang merupakan gudang (belakang), serta mini market (sisi samping).

Kami mengatasinya dengan membuat bukaan yang banyak tapi dengan dimensi yang relatif lebih kecil di sisi sampingnya. Sehingga udara dan cahaya tetap optimal, tapi privasi tetap terjaga dengan baik. Untuk penggunaan material kami menambahkan sentuhan elemen batu alam sebagai aksen disisi belakang. Dengan desain tersebut, luasan yang terpakai untuk lantai 1 menjadi 38,2 m2 (tanpa kamar utama) dan 47,8m2 dengan kamar utama (pada tahap pembangunan selanjutnya). Lantai 2 memiliki luas 33,5 m2, dengan demikian total luasan bangunan Pak Agung adalah 81,3m2