MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

BDY House - Desain Rumah Bapak Budi - Tasikmalaya, Jawa Barat

BDY House - Desain Rumah Bapak Budi - Tasikmalaya, Jawa Barat

Bapak Budi adalah salah satu klien kami yang berasal dari Tasik. Beliau menghubungi Studio Rancang Reka Ruang untuk membantu mendesainkan sebuah hunian 1 lantai. Bangunan yang kami desain ini berada di suatu lahan dengan kondisi yang berkontur.

Luas total lahan adalah 295 m2. Karena lahan yang cukup luas kami di minta juga untuk mengolah beberapa bagian landscape dari lahan yang akan terbangun. Konsep yang diinginkan oleh klien untuk bangunan adalah tropical modern dengan bukaan-bukaan yang besar untuk memaksimalkan visual dan penghawaan alami. Bangunan ini menggunakan ornamen material RAW, roster, Conwood, dan baja. Kebutuhan ruangan pada bangunan terdiri dari taman, carport, ruang komunal, ruang santai, 2 ruang tidur, 1 kamar mandi, dapur, ruang makan, dan teras. Luas total taman di beberapa bagian bangunan adalah 91 m2. Ruang komunal berukuran 6 m x 6 m. 2 ruang tidur yang kami desain memiliki ukuran masing-masing untuk r. tidur utama berukuran 5,5 m x 5 m, ruang tidur anak berukuran 4 m x 4 m. Kamar mandi berukuran 3 m x 2 m. Ruang-ruang yang kami desain memiliki bukaan yang baik karena langsung mengarah ke luar untuk memaksimalkan penghawaan alami bangunan.

Fasad bangunan kami desain simpel dengan menggunakan bentuk-bentuk simentris vertikal dan horisontal untuk kesan modern dengan perpaduan warna yang kontras antara warna hitam dari alumunium & baja dan RAW material yang digunakan. Klien menginginkan akses visual yang baik sehingga penggunaan bukaan-bukaan kaca yang besar bisa sekaligus memunculkan kesan modern dan memaksimalkan penghawaan alami serta memperkuat konsep tropical. Tidak banyak ornamen yang digunakan pada bangunan. Hanya penggunaan roster dan conwood dengan bentuk yang simple pada beberapa bagian. Terdapat juga pot tanaman dari beton pada tangga masuk bangunan untuk memunculkan kesan sejuk.

Area taman kami desain dengan bentuk yang simple dan terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas. Banyaknya ruang hijau memberikan kesan sejuk dan visual yang baik pada ruang yang menghadap ke taman. Kami beri juga elemen air pada taman untuk memberi kesan sejuk.

Pintu-pintu utama yang langsung terkoneksi ke area luar kami desain simple dengan ukuran yang besar. Perpaduan warna hitam dari metal dan kayu memunculkan kesan modern dan tropical pada bangunan. Pintu-pintu lain kami desain setema dengan pintu utama tapi dengan material alumunium karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Untuk bukaan jendela juga dengan ukuran yang besar dan bentuk simpel dari alumunium, ini sengaja kami pilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan modern dari bangunan dapat lebih terasa.

Untuk bentuk atap dari rumah ini, kami menggunakan atap UPVc dengan kemiringan landai lalu kami cover dengan dinding simteris untuk memperkuat kesan modern. Beberapa bagian bangunan lain kami gunakan atap dak mempertimbangkan proporsi massa bangunan.

Untuk persediaan air bersih, kawasan rumah ini sudah memiliki sumur sehingga kami desainkan atap dak yang dapat menampung toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan sebuah rumah tinggal.