MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Kantor Partai Amanat Nasional - Bapak Rohmat - OKI, Sumatera Selatan

Kantor Partai Amanat Nasional - Bapak Rohmat - OKI, Sumatera Selatan

Klien kami kali ini adalah Bapak Rohmat, salah satu pengurus dari Partai Amanat Nasional dari Sumatera Selatan, Palembang. Lokasi kantor yang akan kami desain ini adalah Rumah PAN, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Jua-jua, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Beliau menghubungi kami melalui kontak WhatsApps kami.

Untuk luas lahan kantor PAN ini adalah 754,57 m2, sedangkan luas bangunan yang akan kami desain adalah 156,56 m2. Awalnya Bapak Rohmat menginginkan sebuah desain kantor yang mirip dengan desain rumah 2 lantai. Beliau mengirimkan sebuah gambar referensi rumah untuk menjelaskan kepada kami seperti apa desain nantinya.

Biasanya kami mendesain layout ruangan dalam bentuk 2D sebelum masuk ke dalam desain 3D. Layout ini kami desain sesuai dengan kebutuhan ruang dari kantor PAN. Untuk kebutuhan ruangnya sendiri adalah sebagai berikut :

  • Teras depan dengan ukuran 2m x 1,3 m
  • Lobby dengan ukuran 3 m x 3,3 m
  • Ruang Sekretariat berukuran 3 m x 3 m
  • Ruang Ketua berukuran 2,5 m x 3 m
  • Area Meeting berukuran 6 m x 5,5 m
  • Ruang Sekretaris beukuran 2,5 m x 3 m
  • Ruang Bendahara berukuran 2,5 m x 3 m
  • Pantry ukuran 2,5m x 3 m
  • Gudang berukuran 2 m x 3 m
  • 2 buah Kamar Mandi dengan ukuran masing-masing 1.85 m x 2 m
  • Garasi berukuran 3,5 m x 5,5 m
  • Ruang Rapat dengan ukuran 6 m x 10 m
  • Teras Belakang berukuran 1 m x 1,5 m
  • Taman Belakang dengan ukuran 5,3 m x 6,4 m

Konsep awal yang kami desain untuk kantor PAN ini berbeda dengan referensi awal yang bapak Rohmat berikan. Referensi rumah 2 lantai dari bapak Rohmat menurut kami kurang cocok jika didesainkan/ diaplikasikan untuk sebuah kantor. Menurut kami, desain kantor seharusnya dibuat lebih simple, elegan dan modern jika dibandingkan dengan rumah. Konsep ini kami wujudkan lewat bentuk geometris dasar yang simpel dan elemen-elemen sederhana dengan dekorasi yang paling minimal. Dan akhirnya konsep desain yang kami tawarkan kepada beliau ternyata disetujui.

Bangunan kantor PAN ini sengaja kami layout orientasinya berada di sebelah kiri dari lahan. Batas dari lahan ini berbatasan langsung dengan Jalan Raya pada area depan, area kanan berbatasan dengan masjid dan jalan kampung, area kiri dengan permukiman penduduk, dan area belakang dengan permukiman penduduk. Pada area kanan bangunan kantor ini, sengaja kami desain dengan banyak lahan terbuka dengan maksud untuk membantu mewadahi kebutuhan lahan parkir jamaah masjid.

Area depan didesain untuk entrance (area masuk), parkir mobil dan motor, dan area keluar. Area depan juga kami desainkan pagar dengan gaya minimalis dengan campuran industrial. Area pagar ini kami kombinasikan dengan material batu alam dan beberapa vegetasi. Juga didesain pagar sebagai pembatas dengan permukiman penduduk. Area kanan dari kantor PAN ini didesain area parkir dan pagar sebagai pembatas dari jalan kampung dan masjid. Sedangkan bagian belakang, didesain pagar sebagai pembatas dengan permukiman penduduk.

Area depan terdapat teras, sebagai area masuk (entrance). Teras didesain dengan dak beton sebagai penutup atapnya. Teras ini berhubungan dengan lobby kantor yang dipisahkan dengan pintu utama. Sisi kiri lobby terdapat Ruang Ketua, Ruang Sekretaris, dan Ruang Bendahara. Lobby ini juga berhubungan langsung dengan ruang meeting kecil yang dibatasi dengan partisi untuk membedakan zonasi ruang. Terdapat juga area ruang rapat besar yang berada di dekat ruang meeting kecil. Area kanan dari lobby ini terdapat ruang sekretariat dan pantry. Untuk layout garasi, didesain di sebelah kanan area ruang sekretariat dan pantry yang mempunyai akses ke luar kantor, area toilet, dan gudang.

Fasad kantor PAN ini sengaja didesain dengan gaya minimalis modern dengan sedikit campuran gaya industrial, dengan bentuk sederhana, minimalis dengan mengkombinasikan gubahan massa. Dominasi warna biru kami padukan dengan sedikit warna gelap , putih, dan material unfinish. Tampak samping kanan didesain dengan permainan gubahan massa dan kombinasi material dan warna. Pada tampak samping kiri, didesain juga dengan gubahan massa dan material yang simple dan sederhana. Sedangkan untuk muka area belakang kantor, didesain dengan dominasi material unfinish yang diberi sedikit aksen warna biru.

Untuk material yang digunakan pada desain kantor ini sebagian besar adalah kalsiclad. Kalsiclad adalah material semacam papan fiber semen dengan ketebalan 10 atau 12 mm, material kalsiclad ini mirip kalsiboard maupun grc yang cocok untuk diaplikasikan sebagai papan dinding luar. Kalsiclad diaplikasikan dengan pada rangka baja yang sesuai (sesuai dengan desain, dimensi, ketebalan dan jarak antara rangka) yang bergantung pada beban angin, beban mati, ketinggian bangunan serta tingkat resiko gempa. Sambungan kalsiclad dapat dibiarkan terbuka atau diisi dengan sealant khusus yang dapat mengantisipasi perubahan cuaca dan pergerakan (tipe polyurethane dengan proteksi sinar UV dan jika memungkinkan yang dapat di cat). Material lainnya yang kami aplikasikan adalah aluminium, aluminium ini kami gunakan sebagai aksen jalusi pada fasade bangunan kantor PAN ini.