MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Angkasa Hotel - Baturaja, Sumatera Selatan

Angkasa Hotel - Baturaja, Sumatera Selatan

Klien studio R3 (Rancang Reka Ruang) kali ini bernama Bapak Rio. Beliau berasal dari Baturaja, Sumatera Selatan. Bapak Rio ini menghubungi kami melalui nomor kontak yang ada di website studio R3 (Rancang Reka Ruang). Bapak Rio bermaksud meminta bantuan kami untuk mendesainkan sebuah bangunan hotel 6 Lantai yang akan dibangun di Baturaja. Beliau meminta bantuan kami untuk mendesainkan fasade (muka bangunan) Hotel 6 Lantai tersebut, dan nama hotel tersebut adalah Angkasa Hotel.

Untuk denah dan layout Angkasa Hotel ini ternyata sudah ada yang mendesainnya dari pihak Bapak Rio, sehingga tugas kami hanya mendesainkan fasade (muka bangunan) hotel sesuai dengan denah yang telah ada tersebut. Beliau mengirimkan kami berupa file layout dari hotel tersebut. Layout dari Angkasa Hotel ini dapat kami jabarkan sebagai berikut : Hotel 6 lantai ini terdiri dari lantai 1 berupa area parkir, lobby, front office, area sewa, dan ruang meeting. Lantai 2 terdapat 21 kamar, lantai 3-5 terdapat 21 kamar, dan lantai 6 berupa roof top. Sedangkan bangunan Hotel yang akan kami desain ini mempunyai luas sebagai berikut :

  1. Luas Lahan = +/- 491 m2
  2. Lantai 1 = +/- 366,79 m2
  3. Lantai 2 = +/- 363,24 m2
  4. Lantai 3-5 = +/- 363,24 m2
  5. Roof Top = +/- 363,24 m2

Pada Angkasa Hotel ini terdapat 2 area parkir, yang pertama ada di area depan hotel, dan yang kedua berada di dalam lantai 1 bangunan hotel. Pada area parkir luar mampu menampung 6 mobil, sedangkan pada area parkir dalam mampu menampung 7 mobil. Pada lantai 1 ini memang sengaja didesain sebagai area publik. Dengan adanya front office, ruang sewa, ruang meeting dan area parkir diharapkan aktivitas publik di lantai 1 ini dapat terpenuhi.

Untuk konsep bangunan Angkasa Hotel ini, kami desainkan dengan gaya minimalis modern. Di dunia arsitektur dan desain, minimalisme adalah kondisi di mana subjek hanya menampilkan elemen-elemen esensial dan mengutamakan fungsi dari subjek itu sendiri. Desainer asitektur minimalis berfokus pada koneksi antar elemen bangunan, pencahayaan, dan void yang tersisa pada suatu bangunan. 

Hotel Angkasa ini kami desain dengan bentuk simpel, sederhana, dan menggunakan material modern. Menurut kami, gaya minimalis tidak hanya bisa di terapkan pada desain rumah saja, akan tetapi juga bisa di aplikasikan pada bangunan hotel ini. Disini kami mencoba mengaplikasikan gaya minimalis ini dengan memasukkan elemen-elemen “Less Is More”  kedalam sebuah desain Angkasa Hotel tersebut. Menurut kami gaya modern minimalis itu sendiri identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi, serta pastinya berhubungan dengan kemajuan teknologi.

Desain tampak depan Angkasa Hotel ini kami desain dengan konsep bentuk simple, sederhana, dan minimalis dengan penggunaan material ACP (Alumunium Composite Panel) dan material aluminium. Material ACP yang kami gunakan pada muka hotel ini kami desain dengan perpaduan warna monokrom, yaitu putih, abu-abu dan hitam. Sedangkan untuk material aluminium, kami aplikasikan pada kusen, jendela, dan jalusi pada muka bangunan hotel. Kami pilihkan warna putih untuk kusen dan jendela dari Angkasa Hotel ini, sedangkan untuk penggunaan alumunium jalusi, kami pilihkan warna hitam. Perpaduan warna dan material yang kami desain ini semakin membuat desain fasade Angkasa Hotel terlihat menarik, minimalis, dan terkesan modern.