MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

K! Fb House - Rumah Modern Minimalis - Yogyakarta

K! Fb House - Rumah Modern Minimalis - Yogyakarta

K! Fb House berdiri di sebidang tanah seluas 87 m². Proses perancangan dimulai dengan melakukan survey ke lokasi site yang berada di Godean, Yogyakarta. Site berbentuk memanjang dengan bagian depan lahan yang hanya memiliki lebar 6,5 meter. Pada site, terdapat sebuah bangunan eksisting yang belum digunakan dan terletak di bagian belakang site. Proses diskusi dengan owner dalam perancangan hunian ini berlangsung secara daring via zoom yang mana pada proses diskusi owner menginginkan sebuah hunian bergaya modern minimalis dan memiliki kualitas pencahayaan alami yang baik pada siang hari.

Tampak Depan Desain Rumah Modern Minimalis K! Fb House Yogyakarta

Untuk mengimplementasikan gaya modern minimalis yang diinginkan oleh klien, maka digunakanlah gubahan massa yang menonjolkan bentuk-bentuk kubistis-geometris yang memberikan nuansa simpel namun tetap memiliki kesan modern di dalamnya. Untuk menambah kesan minimalis, maka digunakan warna-warna monokrom seperti putih dan abu-abu.

Pada bagian depan site difungsikan sebagai carport dan taman yang mengarah langsung ke arah ruang tamu semi-outdoor. Keberadaan taman yang berada di depan ruang tamu tersebut berfungsi sebagai transisi ruang bagian luar ke ruang bagian dalam rumah. Untuk memaksimalkan pencahayaan dan juga penghawaan pada area ruang tamu, maka digunakanlah material roster sebagai pembatas area luar dan dalam bangunan. Penggunaan roster juga difungsikan untuk mengurangi kesan masif yang dihasilkan dari bentuk bidang datar yang mendominasi pada K! Fb House ini.

Selain dengan penggunaan material roster, bagian gerbang pagar yang menggunakan material perforated metal juga berfungsi untuk memberikan kesan ringan untuk mengimbangi kesan masif pada tampak depan bangunan.

Tampak Samping Desain Rumah Modern Minimalis K! Fb House Yogyakarta

Lantai 1

  • Ruang keluarga, ruang makan, ruang tangga
  • Kamar tidur
  • Taman kering
  • Mushola
  • Tempat wudhu
  • Toilet

Masuk dari pintu utama dan akan langsung disambut pemandangan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan dan ruang tangga dengan konsep Open Plan. Ruang tangga pada lantai ini memanjang sepanjang koridor utama yang juga akan berfungsi sebagai akses ke Kamar Tidur (3,8 x 2,85 m²). Lalu, terdapat Taman Kering yang berfungsi untuk memasukkan cahaya pada area dalam bangunan, Mushola, Tempat Wudhu, dan Toilet.

Dari koridor utama bangunan utama, bisa langsung menuju ke area bangunan eksisting yang dihubungkan dengan selasar. Ruangan yang terdapat pada bangunan eksisting adalah 1 kamar tidur (3 x 3 m²), Ruang Santai, Dapur Kotor, serta Gudang.

 

Setelah membahas ruangan pada lantai 1 kita beranjak ke ruangan yang ada di lantai 2.

Lantai 2

  • Kamar tidur utama dengan wardrobe dan kamar mandi dalam
  • Kamar tidur
  • Kamar mandi
  • Ruang cuci 

Pada lantai 2, fungsi-fungsi ruangan menjadi lebih privat dibandingkan ruangan yang ada di lantai 1.

Pada Kamar Tidur Utama, terdapat balkon yang berfungsi sebagai jalur masuk cahaya dan memberikan view ke arah area perkebunan yang berada di bagian samping timur bangunan.

Terdapat juga dinding yang tersusun dari roster yang berfungsi sebagai jalur masuk cahaya untuk lantai 1 dan juga lantai 2, mengingat terbatasnya lebar site yang bisa digunakan sebagai jalur masuk cahaya.

K! Fb House ini merupakan bangunan 2 lantai yang memiliki tambahan rooftop pada sisi belakang bangunan utama yang bisa diakses melalui ruang cuci pada lantai 2. Area rooftop tersebut difungsikan sebagai area bersantai owner dan juga sebagai area untuk meletakkan tandon air. Sebagian dinding pembatas pada area rooftop dibuat lebih tinggi untuk menghalangi view terhadap tandon.

Carport Rumah Modern Minimalis K! Fb House Yogyakarta