MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Jasa Desain Arsitek Jogja : Sebelum Renov Rumah, Wajib Perhatikan Ini !

Diposkan: 14 Jan 2020 Dibaca: 56 kali


Merenov rumah merupakan kata yang sudah tak asing lagi. Ada beberapa alasan yang memang mengharuskan pemilik rumah untuk me-renov-nya. Namun, pasti diantara Anda semua ada yang belum tau arti kata renov itu apa? Renov bisa diartikan proses merombak, memperbaharui, memperbaiki, menyempurnakan, ataupun memberi tambahan untuk rumah, bangunan, jalan, ataupun yang lainnya.

Merenov rumah bisa jadi renov untuk eksterior maupun interior bangunannya. Renov seluruhnya ataupun hanya sebagian saja. Alasan pemilik merenovasi rumah pun beragam. Adapun antara lain yaitu mengenai kenyamanan pemilik rumah dengan rumah yang ada saat ini, pemeliharaan rumah saat ini, penambahan ruang dalam rumah, lebih ingin menghemat energi, ataupun demi keamanan dan perlindungan pemilik rumah.

Untuk renov rumah juga ada tingkatan renovnya. Renov dengan tingkat rendah, sedang, dan juga renov tingkat tinggi. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum ingin merenov rumah Anda. Perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Tentukan tujuan renovasi rumah

Langkah awal yaitu tentukan tujuan renovasi rumah Anda. Karena alasan awal Anda merenovasi rumah akan mempengaruhi langkah kedepannya. Apakah alasan Anda untuk mempercantik, memperluas, ataupun menambah kenyamanan pemilik.

  1. Tentukan skala prioritas dalam merenov rumah

Dalam merenovasi rumah, pemilik pasti mempunyai keinginan untuk merenovasi rumah total seluruhnya ataupun hanya sebagian saja. Sebaiknya Anda menentukan skala prioritas yang lebih penting dan mendesak untuk direnov. Dalam menentukan skala prioritas, Anda juga bisa membuat tahap-tahap dari yang terpenting sampai yang kurang penting.

  1. Tentukan anggaran

Hal yang tak kalah penting yaitu menentukan anggaran. Anggaran yang harus dikeluarkan untuk renov rumah juga berbagai macam, antara lain yaitu biaya untuk bongkar, biaya desain eksterior ataupun interiornya, biaya untuk membeli bahan bangunan, biaya tukang untuk pembangunan, biaya finishing, dan juga biaya tambahan perabot. Jangan lupa siapkan juga biaya tambahan apabila ada keperluan biaya untuk yang lainnya.

  1. Carilah jasa renovasi rumah atau jasa desain bangunan

Selanjutnya yaitu gunakan ahli atau jasa renovasi bangunan rumah tinggal. Karena akan sangat membantu Anda dalam mendesain maupun dalam tahap pembangunan kedepannya. Artinya Anda tidak perlu khawatir bangunan Anda akan gagal.

  1. Pilih desain dan fungsi rumah

Pilihlah desain yang Anda inginkan. Pertama tentukan kebutuhan ruang yang Anda inginkan. Kemudian konsultasikan kepada ahli atau jasa renovasi bangunan rumah tinggal. Pastikan desain rumah tinggal Anda merupakan desain rumah segala zaman. Jadi apabla zaman sudah berkembang, desain rumah Anda masih layak.

  1. Pilihlah material bangunan

Kemudian pilihlah material bangunan yang sesuai dengan bangunan rumah Anda. Pilihlah material yang tahan lama, yang tida mudah rusak.

  1. Pelajari lingkungan sekitar

Selanjutnya yaitu Anda harus tahu karakteristik lahan, kondisi ikli, view, kebisingan, matahari, arah angin, dan juga kondisi lingkungan sekitar.

  1. Pertimbangkan kebutuhan dan sumber air, panel listrik, dan juga struktur bangunan

Kebutuhan air, panel listrik, dan juga struktur bangunan juga tak kalah penting dalam pertimbangan apabila Anda akan merenov rumah Anda.


Tags

Artikel Terkait

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Jasa Desain Arsitek Jogja : Teras Sekaligus Ruang Tamu, Kenapa Tidak?

Rumah merupakan gedung atau bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal seseorang dalam waktu tertentu. Dahulu rumah dijadikan untuk berlindung dari cuaca buruk dan hewan buas, berbeda dengan sekarang yang lebih dominan dimanfaatkan untuk beristirahat atau melepas penat setelah seharian penuh ber [...]

Diposkan: 28 Dec 2019 Dibaca: 505 kali

Kerajinan Gerabah Pengisi Interior - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kerajinan Gerabah Pengisi Interior - Jasa Desain Arsitek Jogja

Di Indonesia, hampir setiap pulau terdapat pembuat gerabah, seperti di Plered (Purwakarta), Sitiwangun (Cirebon), Kasongan (Yogyakarta), Banjarnegara (Bandung), Kapal (Bali). Mayong (Jepara), Klampok (Purwokerto), Jatiwangi, (Majalengka), Dinoyo (Malang), Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan Takalar (S [...]

Diposkan: 31 Oct 2019 Dibaca: 151 kali

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Bata Ekspos - Jasa Desain Arsitek Jogja

Seiring dengan semakin banyaknya konsep/gaya terbaru desain bangunan penggunaan bata ekpos sebagai bagian dari konsep interior pun semakin banyak digunakan untuk rumah tinggal keluarga baru, perkantoran, ataupun cafe tempat nongkrong anak muda. Penggunaan bata ekspos identik dengan konsep industrial [...]

Diposkan: 03 Oct 2019 Dibaca: 105 kali

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Jenis-jenis Kayu Untuk Bahan Furniture - Jasa Desain Arsitek Jogja

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang besar, sebagai negara tropis Indonesia memiliki kekayaan hutan hijau yang lebat sehingga Indonesia termasuk negara dengan penghasil kayu terbesar. Sejak dahulu kayu sudah menjadi primadona untuk material bangunan jauh sebelum adanya baja [...]

Diposkan: 28 Sep 2019 Dibaca: 131 kali

Kiat Untuk Membuat Furniture Tetap Awet - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kiat Untuk Membuat Furniture Tetap Awet - Jasa Desain Arsitek Jogja

Apakah anda merasa beberapa furniture yang ada di rumah anda sudah usang? Apakah memang sudah termakan usia atau karena kurang perawatan? Bagaimana menjaga agar furniture tetap awet? Berikut beberapa cara agar furniture tetap awet; [...]

Diposkan: 17 Feb 2018 Dibaca: 419 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: