MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Interior HUD House - Bapak Hudi - Bontang, Kalimantan Timur

Interior HUD House - Bapak Hudi - Bontang, Kalimantan Timur

Bapak Hudi adalah salah satu klien kami yang sudah pernah menggunakan jasa Studio R3 untuk mendesainkan salah satu huniannya. Pada project kali ini beliau menghubungi kami lagi untuk mendesainkan hunian barunya, dibantu dengan ArchaDea Arsitek untuk pengerjaan desain eskterior. Sama seperti sebelumnya Pak Hudi menghubungi kami untuk mendesainkan bagian fisik dari denah yang awalnya sudah ada.

Kebutuhan ruang di rumah tinggal klien seperti rumah pada umumnya dengan desain yang compact. Untuk ruang-ruang semi private diletakkan di bagian rumah yang mudah di akses dari luar. Dimulai dari zona bagian depan yakni zona publik terdapat carport dan taman mini berukuran 30,8 m2, lanjut ke area semi private terdapat ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur dengan konsep open plan di satu ruangan dengan luasan 43,2 m2. Terdapat kamar tidur utama berukuran 19m2 dengan kamar mandi dalam. Lalu kamar tidur kedua berukuran  10,7m2. Kamar mandi luar berukuran 2,3m2. Bagian belakang rumah terdapat taman dan teras berukuran 8,3m2. Ruang cuci berukuran 1,6m2 dan Gudang berukuran 4,6m2.

Ketika memasuki rumah, kita akan langsung memasuki ruang tamu yang diisi dengan sofa dua dudukan besar dan aquarium yang merupakan keinginan klien. Selain itu, ambalan juga diletakkan di bagian atas sofa menjadi area display assesoris.

Tampilan interior, memiliki gaya modern minimalis secara keseluruhan. Hal ini dapat terlihat jelas pada bagian open plan, terlebih pada backdrop dari ruang keluarga dengan permainan HPL motif kayu dan kabinet tv finishing duco putih. Pada ruang ini juga terdapat sofa L berkain abu dan coffe table berukuran sedang. Menerus dari ruang keluarga, kita dapat menjumpai meja bar sebagai penyekat dengan dapur. Kabinet dapur sengaja didesain dengan warna putih yang mendapatkan pantulan warna kekuningan dari LED strip pada down ceiling.

 

Memasuki ruang-ruang yang lebih private, interior kamar utama didesain dengan kesan sedikit luxury, dengan pemakaian lantai vinyl light brown dan hpl pada bagian dinding backdrop. Pada bagian headbed, susunan busa yang diselimuti kain suede akan memberi kesan reflective namun tetap lembut ketika dipegang. Pada bagian penyimpanan, lemari dan meja rias didesain menyatu dilengkapi dengan susunan cermin yang lebar pada dua pintu lemari.

Pada kamar mandi di dalam kamar utama, warna abu dari dua jenis warna keramik unpolished  mendominasi, warna warm light pada down ceiling menjadi warna penyeimbang yang dapat digunakan ketika tidak menginginkan cahaya buatan yang berlebihan. Desain kamar anak didesain lebih simpel dari kamar utama, dengan item perabot tempat tidur queen size, meja rias dan lemari.

Secara umum, style eksterior bangunan yang digunakan adalah modern tropis. Penerapan style ini sangat kental terdapat di komposisi massa yang modern dan terdapat aksen tropis dari beberapa material yang digunakan. Penggunaan batu alam dan atap curam menambah kesan topis. Komposisi geometri vertical dan horizontal adalah ornamen utama dalam desain kali ini. Komposisi yang coba di hasilkan berusaha agar bangunan terlihat menarik.

Batu alam merah tua dan roster pada desain kali ini berusaha agar menjadi keunikan dan point interest dari bangunan. Penggunaan batu alam dapat mengurangi intensitas panas dari matahari saat terkena dinding sehingga ruangan di dalamnya akan terasa nyaman. Roster pada pagar tetap memberi batas yang jelas namun tetap terasa sejuk karena penghawaan alami dapat berputar secara maksimal.