MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Interior GIN House - Bapak Ginanjar - Sleman, D. I. Yogyakarta

Interior GIN House - Bapak Ginanjar - Sleman, D. I. Yogyakarta

Beralamat di daerah kalasan, Sleman, DIY. Klien kali ini mengundang Studio R3 untuk melakukan survey dan melihat kondisi eksisting dari sebuah kamar anak berukuran 8.25 m² (3 meter x 2.75 meter). Pada saat survey, beliau bercerita mengenai situasi sekarang di tengah pandemi yang menuntut adanya area belajar untuk anak di kamar. Sambil bercerita, kami mendapatkan info bahwa beliau ingin mempertahankan plafon PVC berwarna merah muda yang baru saja dikerjakan beberapa bulan lalu.  Di lain sisi, terdapat juga ranjang berwarna putih dengan kondisi baik serta cermin yang di tanamkan di dalam dinding.

Dari hasil survey, kami memutuskan untuk masih akan memakai ranjang putih dengan beberapa modifikasi pada bagian headbed agar nantinya tetap terkait dengan konsep kamar secara keseluruhan.  Pada proses desain, posisi layout dari tiap perabot ditata sebaik mungkin agar ruang gerak di kamar tetap maksimal. Dengan ukuran kamar yang minimalis, kami memilih untuk tidak menggunakan perabot yang tinggi, dikarenakan perabot tinggi akan membuat ruangan semakin sempit terkait dengan pandangan dan psikologi manusia. Oleh karena itu, pada gambar terlihat lemari yang digunakan merupakan lemari pendek, yang juga nantinya dapat digunakan sebagai meja hias atau meja TV, tapi ruang penyimpanan pakaian juga tetap harus dipertambangkan, adanya 3 laci tarik di bawah ranjang yang sebelumnya sudah dimiliki oleh klien juga dapat membantu untuk dijadikan sebagai area penyimpanan tambahan.

Untuk style ruangan secara kesuluruhan, terjadi perubahan style awal dan akhir yang dipakai. Pada awal proses desain, klien menginginkan kamar bergaya industrial, yang berakhir dengan memilih bergaya minimalis dengan dominansi warna merah muda untuk menyesuaikan dengan warna plafon eksisting. Pada bagian langit-langit, ditambahkan aksen down ceiling yang bersifat framing dengan material gypsumboard agar saat proses instalasi, plafon eksisting tidak terganggu. Pada bagian dinding kami juga menambahkan bentuk yang bersifat atraktif namun tetap tidak memberi kesan yang terlalu ramai yaitu dengan hanya menambahkan cat dinding berwarna nude blossom berbentuk lingkaran di dua sudut kamar.

 

Lemari pakaian pendek berukuran 1.5x0.65 ditemani dengan kabinet atas yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan mainan anak, kabinet yang berukuran 1.4x0.25 ini memiliki pintu bermaterial kaca agar mengurangi debu yang masuk. Lalu, perabot meja belajar didesain minimalis dan terpisah dengan laci bawah, keduanya difinishing HPL doff. Terakhir, pada bagian cermin kami tambahkan rak susun kecil untuk tempat menaruh barang-barang kosmetik dengan susunan tiga tingkatan.