MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Interior BOW Residence - Bapak Wibowo - Bantul, D.I. Yogyakarta

Interior BOW Residence - Bapak Wibowo - Bantul, D.I. Yogyakarta

Bapak Wibowo adalah salah satu klien kami yang sudah pernah menggunakan jasa Studio R3 untuk mendesainkan salah satu huniannya. Pada project kali ini beliau menghubungi kami lagi karena sedang mengembangkan usahanya di daerah Bantul. Beliau meminta Studio untuk mendesaikan hunian sewa miliknya.

Luas total lahan untuk hunian sewa kurang lebih 437 m2. Kebetulan beliau kali ini menggunakan jasa Studio R3 untuk mendesaikan eksterior hunian sewa miliknya. Secara umum kami menerapkan style modern minimalis pada project kali ini.

Ukuran satu unit hunian yang kami desainkan adalah 4,2 m x 8 m. Ruang-ruang yang diinginkan Pak Wibowo adalah taman, teras, ruang komunal, 2 kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Ukuran untuk taman depan adalah 0,6 m x 2,2 m dan taman belakang berukuran 0,9 m x 1,3 m. Teras berukuran 1,1 m x 1,5 m. ruang komunal berukuran 2 m x 5,4 m. Dapur memiliki ukuran 1,5 m x 2,1 m. Kedua kamar tidur tipikal berukuran 2,2 m x 3 m. Kamar mandi berukuran 1,2m x 1,5 m.

Sebuah taman berukuran mini kami letakkan di area depan dan belakang site untuk memberikan kesan sejuk serta menjadi ruang pertukaran udara dalam bangunan. Teras didesain dengan perbedaan elevasi yang signifikan agar bangunan terlihat tinggi dengan material keramik berwarna gelap dan semen ekspos. Teras memiliki desain fungsional dengan adanya tempat duduk yang bisa difungsikan juga sebagai rak sepatu. Terdapat sekat antar hunian sewa yang di desain dengan elemen berbentuk lengkung dan rak yang bisa digunakan untuk meletakkan tanaman hias.

Ruang komunal dengan desain open plan agar ruang terasa lega. Dapur di area belakang untuk memudahkan pembuangan asap saat memasak. Dapur kami desain sefungsional mungkin. Kedua kamar tidur menghadap ke arah depan dan belakang bangunan agar dapat di beri bukaan untuk memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami pada bangunan. Kamar mandi di area belakang dengan bukaan menghadap ke taman untuk memberi akses keluar masuknya udara dalam ruang.

Fasad rumah kami desain dengan bentuk-bentuk sederhana dengan garis yang tegas serta warna-warna monokrom. Kami desainkan aksen bentuk kotak di fasad depan dengan ornamen seminimal mungkin. Bukaan-bukaan besar pada beberapa bagian dengan matrial alumunium di desain agar bangunan terasa modern. Untuk menghilangkan kesan monoton material kami terapkan sedikit material kayu di beberapa bagian dengan finishing plitur untuk tetap menghadirkan warna dan serat alami kayu pada bangunan. Penggunaan atap konvensional miring dengan material genteng beton untuk meminimalisir biaya karena pengerjaan yang lebih cepat dan material yang mudah di dapatkan. Penggunaan atap miring konvensional juga untuk meminimalisir maintenance karena air hujan yang jatuh ke tanah langsung membawa kotoran dari atap.