MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Desain Interior Ruang Laktasi KKP Bantul - Bapak Himawan - Bantul, Yogyakarta

Desain Interior Ruang Laktasi KKP Bantul - Bapak Himawan - Bantul, Yogyakarta

Klien Studio Rancang Reka Ruang (R3) kali ini adalah Bapak Himawan. Bapak Himawan menghubungi tim Rancang Reka Ruang, meminta bantuan untuk mendesain ruang laktasi di area bangunan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Bantul. Awalnya, Bapak Himawan ini mengirimkan foto-foto lokasi dan ukuran eksisting ruang yang akan didesain, melalui WA (WhatsApp). Untuk ukuran ruang yang akan didesain adalah 3,91 m x 2,5 m. Ruangan eksisting yang akan digunakan sebagi ruang laktasi tersebut tidak terdapat bukaan jendela, dan ada hanya terdapat 1 pintu untuk mengakses ke dalam ruangan tersebut.

Ruang Laktasi sebenarnya wajib ada di tiap gedung dan perkantoran. Adanya fasilitas khusus yang diamanatkan Permenkes 15/2013 ini menunjukkan kepedulian perusahaan kepada karyawati dan keluarga. Ironisnya, desain ruang laktasi seringkali tidak menjadi perhatian. Padahal sebenarnya beberapa elemen desain dalam ruang laktasi amat penting dalam menunjang ibu menyusui atau menyiapkan ASI.

Ruang laktasi ini didesain dengan konsep modern minimalis. Furniture didesain dengan bentuk simpel, sederhana, dan modern. Desain ruang berukuran 3,91 m x 2,5 m kami layout dengan memasukkan sofa bentuk L, wastafel portabel, cermin, credenza, dan rak ambalan.

Penggunaan wallpaper pada dinding dan furniture dipilih dengan konsep warna biru muda, sedangkan untuk furniture sofa L dipilih warna coklat sehingga terkesan natural. Untuk desain plafond (ceiling) dipadukan drop ceiling dan hidden light warna biru.

Wastafel portabel berukuran 0,4 m x 0,4 m x 0,82 m. Wastafel ini dilayout tepat didepan pintu masuk ruang laktasi. Wastafel ini berfungsi sebagai tempat cuci bagi pengguna ruang laktasi. Wastafel portabel ini dipadukan dengan cermin berbentuk bulat dengan ukuran diameter 80 cm.

Disamping kanan wastafel portabel, didesain credenza dengan ukuran 1,2 m x 0,6 m x 0,8 m. Credenza ini berfungsi untuk menyimpan barang kebutuhan diruang laktasi. Diatas credenza kami desain rak ambalan dengan ukuran 0,6 m x 0,25 m x 0,05 m. Desain rak ambalan ini digunakan sebagai aksen dinding dari ruang laktasi. Untuk material credenza dan rak ambalan terbuat dari multipleks dan finishing HPL.

Sofa berbentuk huruf L dilayout pada area sebelah kanan pintu masuk. Sofa tersebut berfungsi sebagai tempat duduk bagi penggunan ruang laktasi. Material sofa L didesain dari material rangka kayu kalimantan dan kain oscar berwarna coklat.