MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mendesain Co-Working Space - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 04 Feb 2020 Dibaca: 15 kali


Co-Working space merupakan ruang untuk bekerja, yang digunakan secara berkelompok ataupun secara individu dengan latar usaha yang berbeda. Co-Working space dijadikan tempat dimana para freelancer, perusahaan terutama star-up, ataupun kelompok lainnya menggunakan co-working space sebagai tempat mereka menghasilkan ide ataupun karya. Co-Working space lebih transparan dan open space, sehingga dalam setiap ruang yang disewakan dari co-working space memilki sistem yang bebeda dengan ruang kerja yang ada pada sebuah kantor.

653c385ab94a02de6ef2f464aec33a15

(www.venuereport.com)

Karena co-working space bersifat transparan dan open space maka dapat menghasilkan kolaborasi atau kerja sama dari masing-masing star-up yang ada ataupun individu dengan kelompok lainnya untuk menghasilkan sebuah karya.

Untuk mendesain co-working space perlu diperhatikan beberapa hal berikut :

1. Lahan dan Lokasi Co-Working Space

Kondisi lahan dan lokasi untuk tempat co-working space perlu diperhatikan karena dapat menentukan bagaimana desain co-working space akan dibuat. Selain itu pemilihan lokasi yang tepat dan strategis juga akan berpengaruh pada pembuatan co-working space. Seperti memilih tempat pada daerah bisnis, dan juga jika memlih untuk usaha co-working space dengan menyewa tempat pilihlah bangunan dengan izin untuk tempat bisnis.

2. Sasaran Pengguna Co-Working Space

Penguna co-working space ditujukan untuk pelaku usaha seperti freelancer, UMKM, ataupun pekerja profesional lainnya, namun terkaddang co-working juga digunakan oleh para mahasiswa. Oleh karena itu, desain co-working space menyesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung.

3. Keamanan dan Kenyamanan Co-Working Space

Aspek keamanan dan kenyamanan sangat penting, karena dengan mendesain co-working space juga membutuhkan sistem keamanan yang baik dan desain yang mendukung kegiatan di dalamnya. Seperti kamera cctv, APAR, dan beberapa sistem keamanan lainnya juga perlu diterapkan pada desain co-working yang akan dibuat. Selain itu, desain interior yang menarik dan ruang co-working yang memiliki fasilitas ruang yang memadai juga akan meningkatkan semangat kerja bagi pengguna co-workig space.

4. Konsep dan Tema yang diterapkan pada Co-Working Space

Memilih konsep dan tema dalam mendesain co-working space juga perlu dipikirkan, karena dengan konsep ruangan yang menarik juga akan mendukung usaha co-working space dan pengunjung akan tertarik untuk datang. Beberapa konsep yang sering diterapkan pada desain co-working space antara lain industrial, minimalis, modern. Atau pilih desain tema dan konsep yang berbeda dari co-workin lainnya.

5. Furniture

Dalam mendesain co-working space pilih furniture yang sesuai dengan konsep yang diterapkan pada desain co-working space. Sediakan furniture baik kursi, meja, dan sofa yang nyaman sehingga para pengunjung co-working dapat bekerja dengan nyaman.

6. Fasilitas Ruang yang Mendukung

Karena para pengnjung tidak membutuhkan waktu yang sebentar dalam penggunaan co-working space sehingga perlu fasilitas lainnya yaitu toilet, break room, ataupun ada fasilitas pantry bahkan kafe jika luas bangunan memungkinkan. Penambahan fasilitas lainnya juga dapat membuat co-working memiliki desain yang berbeda dengan tempat kerja lainnya.

7. Akses Internet

Dalam mendesain co-working space juga memperhatikan peletakan dan sistem sambungan pemasangan internet sehingga jaringan internet yang terpasang dapat diakses oleh seluruh pengunjung.

 

Sumber :

www.vantage-office.com

www.finansialku.com/bisnis-coworking-space

id.sharp/news/wow-ini-3-tips-memulai-usaha-co-working-space-dijamin-profit-melejit


Tags

Artikel Terkait

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Jasa Desain Arsitek Jogja - Desain Kamar Mandi Batu Alam

Apabila Anda menyukai desain yang natural, dan lebih terkesan seperti di pedesaan, namun ingin tetap terlihat modern, batu alam bisa menjadi solusinya. Penerapan batu alam di kamar mandi bisa jadi pilihan yang menarik. Anda bisa memadukan batu alam jenis apapun untuk mempercantik kamar mandi Anda. M [...]

Diposkan: 23 Jan 2020 Dibaca: 122 kali

Inspirasi Ruang Kerja di Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Inspirasi Ruang Kerja di Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Untuk sebagian orang yang berprofesi sebagai freelance, seperti penerjemah, content writer, desainer grafis, web software engineer, dan lain-lain. Pekerjaan seperti ini menjadi solusi untuk orang yang lebih ingin memaksimalkan waktu dan energinya dan atau orang yang tidak mau kerja kantoran. Banyak [...]

Diposkan: 29 Oct 2019 Dibaca: 89 kali

Inspirasi Desain Kamar Mandi - Jasa Desain Arsitek Jogja

Inspirasi Desain Kamar Mandi - Jasa Desain Arsitek Jogja

Inspirasi Desain kamar mandi sangat beragam, tergantung dari keinginan dan kebutuhan si pemilik. Banyak inspirasi desain, namun harus tetap berpedoman kepada peraturan pekerjaan umum, etah itu dari ukuran, fasilitas, ataupun bahan yang digunakan. Disesuaikan juga dengan si pengguna kamar mandi terse [...]

Diposkan: 24 Oct 2019 Dibaca: 36 kali

Investasi Kost di Jogja - Jasa Desain Arsitek Jogja

Investasi Kost di Jogja - Jasa Desain Arsitek Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih akrab dikenal dengan Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu provinsi yang terdapat di selatan pulau Jawa yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia dan Provinsi Jawa Tengah. Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai Kota Wisata dan Kota Pendidikan, [...]

Diposkan: 19 Sep 2019 Dibaca: 60 kali

Inspirasi Desain Dapur Minimalis - Jasa Desain Arsitek Jogja

Inspirasi Desain Dapur Minimalis - Jasa Desain Arsitek Jogja

Rumah minimalis identik dengan rumah yang simple yang meminimalkan penggunaan material bangunan dan lahan seminimal mungkin namun tetap mengedepankan kenyamanan penghuninya. Pengaturan ruang di rumah minimalis tentunya diatur sedemikian rupa sehingga tetap berjalan secara fungsi serta kenyamanannya. [...]

Diposkan: 18 Mar 2019 Dibaca: 526 kali

Info : Seputar Lantai Kayu Untuk Hunian  - Jasa Desain Arsitek Jogja

Info : Seputar Lantai Kayu Untuk Hunian - Jasa Desain Arsitek Jogja

Akhir-akhir ini banyak sekali potret hunian yang menggunakan kayu sebagai lantai hunian. Kayu dipandang sebagai bahan yang mudah sekali beradaptasi dengan suhu disekitarnya, sehingga membuatpenghuni didalamnya merasa nyaman. Kayu sudah lama dikenal sebagai material lantai rumah, banyak hunian-hunian [...]

Diposkan: 13 Mar 2019 Dibaca: 195 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: