MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

GOES HOUSE - Bapak Bagus Nugroho - Yogyakarta

GOES HOUSE - Bapak Bagus Nugroho - Yogyakarta

Bapak Bagus adalah salah satu klien kami yang berlokasi di Yogyakarta. Beliau menghubungi kami untuk membantu mendesainkan sebuah hunian rumah tinggal 2 lantai. Rumah yang akan di bangun adalah renovasi dari bangunan rumah 1 lantai. Bangunan yang akan direnovasi kebetulan berlokasi di Yogyakarta sehingga memudahkan proses survey lahan dan diskusi. Lahan yang akan dibangun tergolong cukup luas untuk sebuah rumah tinggal sehingga mampu menampung banyaknya kebutuhan ruang yang diinginkan klien.

Luas total lahan adalah 226,33 m2. Konsep yang diinginkan oleh klien untuk huniannya adalah mediteranian minimalist dengan sedikit ornamen dan profil. Lebar rumah yaitu 12 m. Kebutuhan rumah ini terdiri dari carport, taman indoor, taman outdoor, teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang multipurpose, 4 ruang tidur, 2 kamar mandi luar, 2 kamar mandi dalam, ruang cuci jemur, ruang makan, dapur, balkon, dan ruang penyimpanan. Carport yang kami desain berukuran 3,6 m x 6,5 m, yang mampu menampung mobil dan motor. Rumah ini kami beri taman indoor untuk sirkulasi penghawaan alami dalam bangunan berukuran 1,5 m x 2,7 m. Rumah ini masih memiliki ruang hijau yang cukup banyak sehingga memaksimalkan penghawaan alami untuk masuk ke bangunan. Teras depan berukuran 8,7 m2 dengan akses ramp dan tangga agar memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Ruang tamu berukuran 2,9 m x 5,5 m yang menyatu dengan taman indoor. 4 ruang tidur yang kami desain memiliki ukuran berbeda-beda, r. tidur utama di lt 2 berukuran 4 m x 5 m dengan kamar mandi dalam berukuran 1,5 m x 2,3 m dan balkon berukuran 1,9 m x 2,9 m, ruang tidur kedua di lt 1 berukuran 4 m x 4 m, r. tidur ketiga berukuran 3,5 m x 3,8 m, r. tidur keempat berukuran 3,3 m x 3,7 m memiliki kamar mandi dalam berukuran 1,7 m x 3 m dengan taman kecil di dalamnya. Kamar mandi luar lantai 1 berukuran 1,5 m x 2,9 m dan kamar mandi luar lantai 2 berukuran 1,5 m x 2,3 m. Ruang cuci jemur di lantai 1 berukuran 3,5 m x 4,1 m. Rumah ini memiliki beberapa balkon untuk fungsi ruang yang berbeda juga. Untuk ruang keluarga memiliki balkon dengan ukuran 1,8 m x 3,2 m. Untuk ruang multipurpose yang menyatu dengan ruang keluarga memiliki balkon yang lebih luas yaitu 1,7 m x 4,5 m untuk mewadai kegiatan yang lebih banyak juga. Ruang penyimpanan berukuran 1,7 m x 3,1 m.

Fasad (tampak depan) rumah didesain dengan mayoritas geometri persegi dan oval. Didesain dengan bentuk yang simpel, elegan, dengan perpaduan warna yang kontras antara warna putih dan batu alam yang digunakan. Kami desainkan juga profil dinding simpel dengan warna putih. Material yang di tonjolkan dari rumah ini tidak hanya warna putih dinding tetapi material kaca dan penggunaan alumunium hitam yang menambah kuat konsep mediteranian pada bangunan.

Carport kami desain dengan bentuk simpel menggunakan beberapa material seperti con block, batu alam dan baja sebagai material kanopi. Area taman depan kami desain terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas.

Untuk pintu utama kami desain dengan perpaduan bentuk oval bermaterial kayu yang simpel namun tetap megah karena ukurannya yang tinggi dan lebar dengan 2 bukaan pintu. Untuk bukaan jendela terlihat megah dengan bentuk simpel berukuran besar dari alumunium, ini sengaja kami pilih karena lebih tahan dari cuaca, perawatannya mudah, awet, dan kesan minimalis dari bangunan ini lebih terlihat.

Untuk bentuk atap dari rumah ini, kami menggunakan atap miring limasan dengan material genteng dan dak. Salah satu keunggulan dari atap miring ini adalah meminimalisir proses maintenance pada atap karena bentuknya yang miring dan gaya gravitasi bumi akan membuat kotoran atau air secara otomatis langsung jatuh kebawah setelah mengenai permukaan atap.

Rumah ini memiliki banyak bukaan dengan dinding roster yang di harapkan dapat memaksimalkan penggunaan penghawaan alami karena keinginan klien yang ingin mengurangi penggunaan penghawaan buatan. Terdapat void dekat tangga dan kamar mandi luar lantai atas untuk memaksimalkan perputaran udara dari atas dan bawah bangunan.

Untuk persediaan air bersih, rumah ini memiliki ruang toren yang dapat menampung toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan wajar sebuah rumah tinggal dalam sehari.