MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

FRN HOUSE - Bapak Frans Sarasak - Furia, Kotaraja, Papua

FRN HOUSE - Bapak Frans Sarasak - Furia, Kotaraja, Papua

Bapak Frans Sarasak adalah salah satu klien kami yang berasal dari Kotaraja, Papua. Sebenarnya beliau adalah klien yang sedang menggunakan jasa Studio Rancang Reka Ruang untuk membantu mendesainkan sebuah komplek hunian. Di tengah proses desain beliau ingin didesainkan juga eksterior salah satu rumahnya yang sedang dalam proses pembangunan tahap pondasi. Sehingga bangunan yang kami desain ini akan mengikuti denah yang sudah ada sebelumnya.

Luas total lahan adalah 151 m2. Konsep yang kami gunakan pada bangunan 2 lantai ini adalah tropical modern untuk memaksimalkan penghawaan alami. Bangunan ini menggunakan ornamen material RAW, bata tempel, dan baja. Kebutuhan ruangan pada bangunan sesuai denah awal terdiri dari taman, teras, carport, ruang tamu, 2 ruang keluarga, 4 ruang tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang cuci, dan balkon. Luas total taman pada lahan adalah 29 m2. Teras berukuran 3 m x 2 m. Carport berukuran 3,8 m x 3 m. Ruang tamu pada lantai 1 berukuran 3,5 m x 3 m. Ruang keluarga lantai 1 dan lantai 2 sama-sama berukuran 3,5 m x 3 m. 2 ruang tidur lantai 1 berukuran masing-masing 5 m x 3,5 m dan 3,5 m x 3 m. 2 ruang tidur lantai 2 berukuran masing-masing 3,5 m x 3,5 m dan 5,5 m x 3 m. Kamar mandi lantai 1 berukuran 2 m x 1,5 m. Kamar mandi lantai 2 berukuran 2 m x 1,5 m. Dapur berukuran 3 m x 2,5 m. Ruang makan berukuran 3 m x 2,5 m. Ruang cuci pada lantai 1 berukuran 3 m x 2,5 m. dan balkon berukuran 3 m x 1,5 m. Ruang-ruang pada desain memiliki bukaan yang baik karena langsung mengarah ke luar sehingga dapat memaksimalkan penghawaan alami.

Fasad bangunan kami desain dengan menggunakan bentuk-bentuk simentris vertikal dan horisontal dan permainan penebalan dinding untuk konsep modern dengan perpaduan warna yang kontras antara warna putih dinding, bata tempel dan RAW material yang digunakan. Untuk memperkuat konsep tropical kami desainkan bukaan-bukaan yang baik untuk setiap ruangan agar dapat memaksimalkan penghawaan alami. Tidak banyak ornamen yang digunakan pada bangunan. Hanya permainan penebalan dinding dan bata tempel pada beberapa bagian. Terdapat juga pot tanaman dari beton di depan ruang tamu untuk memberikan kesan sejuk dan alami.

Area taman kami desain dengan bentuk yang simple dan terbuka agar munculnya kesan ruang yang luas. Banyaknya ruang hijau memberikan kesan sejuk dan visual yang baik pada ruang yang menghadap ke taman.

Pintu-pintu utama yang langsung terkoneksi ke area luar kami desain simple dengan ukuran yang besar. Perpaduan warna silver dari metal dan kayu memunculkan kesan modern dan tropical pada bangunan. Pintu-pintu lain kami desain setema dengan pintu utama tapi dengan material alumunium motif kayu karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Untuk bukaan jendela dari alumunium dengan ukuran yang besar dan sedikit permainan bentuk, ini sengaja kami pilih karena kesan modern dari bangunan dapat lebih terasa.

Untuk bentuk atap utama dari rumah ini adalah pelana, kami menggunakan genteng metal berwarna gelap dengan kemiringan sedikit curam. Untuk atap-atap sekunder kami menggunakan atap UPVc dengan kemiringan landai lalu kami cover dengan dinding simteris untuk memperkuat kesan modern. Beberapa bagian bangunan lain kami gunakan atap dak mempertimbangkan proporsi massa bangunan.

Untuk persediaan air bersih, rumah ini sudah memiliki sumur sehingga kami desainkan atap dak yang dapat menampung toren dengan volume air yang cukup untuk penggunaan sebuah rumah tinggal. Cover ruang toren kami desain sebagai salah satu point of interest dari bangunan yang tetap senada dengan ornamen-ornamen pada fasad utama.