MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

FAY Residence - Bapak Fais - Demak, Jawa Tengah

FAY Residence - Bapak Fais - Demak, Jawa Tengah

Bapak Fais adalah salah satu klien kami yang berasal dari Demak. Beliau adalah seorang developer properti yang ingin mengembangkan usahanya. Di kasus ini kami coba memaksimalkan lahan untuk mendapatkan jumlah hunian yang tetap nyaman bagi pengguna.

Luas total lahan untuk perumahan klien kurang lebih 32 m x 47 m. Kebetulan klien kali ini menggunakan jasa R3 Studio untuk mendesaikan eksterior hunian dari perumahan yang dikembangkannya. Perpaduan style minimalist modern kami terapkan pada desain kali ini juga sejalan dengan keinginan klien.

Luas satu unit hunian yang kami desainkan adalah 7 m x 12 m. Ruang-ruang yang diinginkan klien adalah carport, taman/teras depan, ruang tamu/ruang keluarga, dapur/ruang makan, 2 kamar tidur, kamar mandi, dan taman/teras belakang. Ukuran untuk carport adalah 3,5 m x 4 m. Taman/teras depan total berukuran 3 m x 3,5 m2. Ruang tamu/ruang keluarga total berukuran 3,5 m x 3,5 m. Dapur/ruang makan memiliki ukuran 2,7 m x 3,5 m. Kamar tidur 1 berukuran 3 m x 3,5 m. Kamar tidur 2 berukuran 2,8 m x 3,5 m. Kamar mandi berukuran 1,5 m x 2,2 m. Taman/teras belakang total memiliki ukuran 2,8 m x 3,5 m.

 

Carport kami desain dengan material paving block untuk memaksimalkan penyerapan air tanah. Terdapat taman mini di area yang berhadapan dengan kamar tidur untuk menambah kesejukan. Area taman yang cukup luas di area depan hunian kami desain agar memberi kesan ruang yang luas, dan untuk menambah kesejukan dari site. Teras kami desain cukup tinggi dengan material keramik agar membuat hunian terkesan megah. Ruang tamu menyatu dengan ruang keluarga untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Kami desainkan bukaan yang besar mengarah ke taman untuk memaksimalkan penghawaan alami serta memberi kesan ruang luas dan sejuk. Kedua kamar tidur memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan bukaan yang besar untuk memaksimalkan penghawaan alami dan memberi kesan ruang yang luas. Kamar mandi/WC kami letakkan posisinya di antara 2 kamar untuk memberi kemudahan akses saat ingin di gunakan. Terdapat taman mini di area belakang rumah untuk memberi kesan sejuk pada site dan memberi kesan ruang yang luas kepada pengguna.

Ruang-ruang yang kecil mengharuskan kami mendesain dengan pertimbangan utama membuat hunian tetap sejuk dan kesan ruang yang terasa luas. Untuk memberi kesan luas juga bisa dengan mengatur proporsi plafond agar ruang-ruang dapat terkesan lebih megah.

Fasad rumah kami desain dengan bentuk-bentuk sederhana serta warna yang monochrome. Untuk aksen kami terapkan material klasik namun dengan proporsi yang cukup untuk mencapai kesan minimalist pada rumah. Bukaan-bukaan besar pada beberapa bagian di desain agar bangunan terasa modern. Penggunaan atap konvensional miring dengan material genteng beton untuk meminimalisir biaya karena pengerjaan yang lebih cepat. Penggunaan atap miring konvensional juga untuk meminimalisir maintenance karena air hujan yang jatuh ke tanah langsung membawa kotoran dari atap.