MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Fadli Split Level House - Banda Aceh

Fadli Split Level House - Banda Aceh

Projek yang kami desain kali ini belokasi di Banda Aceh, provinsi paling barat Indonesia. Lahan berukuran 10x35m memanjang utara ke selatan, dengan sisi jalan di area selatan. Area dasar bangunan yang akan dibangun rencananya hanya setengah dari luas lahan, sehingga masih banyak lahan terbuka sebagai resapan hujan. Dengan taman di sisi depan, dan pekarangan luas di belakang yang akan ditanami berbagai macam pohon buah. 

Klien kami, Bapak Fadli sangat tertarik dengan konsep split level. Dengan model tersebut, rumah ini didesain dalam 5 elevasi lantai yang berbeda, namun hanya terlihat seperti 2 lantai dari depan, dengan balkon terbuka di sisi atasnya. Beliau juga menginginkan ada sentuhan gaya jepang dalam desain rumahnya ini. Hal tersebut kemudian diwujudkan dengan memberikan bukaan-bukaan besar dengan bentuk bentuk simetris yang tegas. Ide tersebut juga selaras dengan Pak Fadli yang aware dengan pentingnya sirkulasi udara dan pencahayaan alami. 

Area depan terdapan carport dan taman. Atap carport terbuat dari bahan metal dengan pola grid dan dilapisi dengan penutup kaca. Untuk mencapai teras di area lantai 1, terdapat perbedaan elevasi setinggi 75cm. Kesan natural yang kuat direalisasikan dengan dinding depan lantai 1 yang menggunakan bata ekspose. Pintu dibuat setinggi 2,6m dilengkapi dengan 3 jendela pivot kaca agar udara dan cahaya bisa masuk dengan efisien. 

Area lantai 1 terdiri dari ruang tamu kecil, pantry, kamar art, dapur dan ruang makan, serta 1 kamar mandi. Naik 1m ke area lantai 1,5, kita dapat menjumpai ruang keluarga, kamar ruang tidur utama beserta kamar mandi dalam, dan kamar tidur anak 1. Kedua kamar ini memiliki view langsung kearah taman belakang. Tidak lupa di masing-masing elevasi lantai ini terdapat taman kecil sebagai area “refreshing” serta titik masuknya udara dan cahaya ke area tengah rumah yang kurang terjangkau dari sisi depan maupun belakang. 

Di lantai 2 terdapat ruang belajar yang diplotting di sisi depan dan lebih menjorok ke luar, sehingga menjadi shading untuk teras di lantai bawah. Area ini dibuat dengan dinding yang dominan kaca, sehingga menjadi aksen dari luar sekaligus sebagai sumber cahaya yang melimpah untuk area lantai 2. Terdapat juga ruang baca di sisi barat, dan 1 ruang tidur. Kemudian naik ke area lantai 2,5 terdapat ruang komunal untuk bersantai keluarga, serta 1 kamar tidur yang dilengkapi dengan 1 kamar mandi. 

Pada area paling atas atau lantai 3, terdapat balkon dan ruang cuci jemur. Balkon dibuat terbuka dengan pagar railing yang ditanami dengan tanaman rambat. Elevasi dengan atap juga rendah sehingga kesan bangunan tidak menjadi terlalu tinggi. Area cuci jemur dicover dengan kisi-kisi sehingga tidak terlihat dari depan, namun tetap dapat angin-angin untuk jemuran. Merespon iklim tropis kita, atap dibuat dengan model pelana dengan kemiringan standar untuk genteng flat, yaitu 35 derajat.