MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

A-xpose House - Rumah Industrial Tropis - Yogyakarta

A-xpose House - Rumah Industrial Tropis - Yogyakarta

Desain Eksterior Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Lokasi project klien kami kali ini berlokasi di Godean, Yogyakarta. Bapak Agri memiliki lahan kosong seluas 180,5 m2. Beliau menghubungi Studio Rancang Reka Ruang untuk didesainkan sebuah rumah tinggal. Pak Agri sebenarnya sudah memiliki layout denah yang diinginkan, akan tetapi masih terkendala dengan layout yang kurang efisien. Luasan lahan tersebut seluruhnya akan dibangun rumah tinggal dengan bukaan-bukaan yang efisien untuk penghawaan alami.

Desain Eksterior Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Kebutuhan ruang di rumah tinggal ini seperti rumah pada umumnya dengan ukuran ruang yang lega. Untuk ruang-ruang semi publik diletakkan di bagian rumah yang mudah di akses dari luar. Dimulai dari area depan yakni carport dan taman, lalu dilanjutkan ke ruang tamu semi outdoor berukuran 3 x 3 m. Terdapat 3 kamar tidur yang masing-masing berukuran 3 x 3 m dan kamar tidur utama berukuran 4,5 x 4 m dengan kamar mandi dalam. Semua kamar tidur didesain dengan bukaan yang baik untuk penghawaan alami. Untuk mewadahi kebutuhan seluruh kamar tidur terdapat sebuah  kamar mandi dengan ukuran 1,5 x 2 m.

Rumah tinggal ini memiliki konsep ruang open plan yang difungsikan sebagai ruang komunal seluruh aktivitas pengguna. Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur menjadi satu di ruang komunal dengan total luasan 37,5 m2. Terdapat taman samping dan taman belakang yang difungsikan sebagai ruang pertukaran udara pada rumah tinggal. Terdapat gudang berukuran 2 x 3 m dan Ruang service berukuran 3 x 3 m.

Tampak Malam Desain Eksterior Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Desain Ruang Tamu Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Desain Eksterior Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Secara umum, style bangunan yang digunakan adalah Industrial Tropis. Penerapan style ini sangat kental terdapat di komposisi massa yang unik dengan perpaduan beberapa geometri segitiga dan siku. Style tropis sangat terlihat dari penggunaan bentuk atap miring dan bukaan yang banyak untuk memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami. Komposisi geometri vertical dan horizontal adalah ornamen utama dalam desain kali ini. Komposisi yang dihasilkan tersebut berusaha agar bangunan terlihat menarik. Minimnya material finishing dari semen expose, metal hitam, dan kaca membuat bangunan terasa sangat industrial dan unik.

Penggunaan warna coklat dari kayu dan bata yang dominan pada desain ini memberikan kesan bangunan yang hangat. Taman-taman mini pada rumah ini diberikan agar bangunan terasa sejuk.

Tampak Atas Desain Eksterior Rumah Industrial Tropis A-xpose House Yogyakarta

Atap curam digunakan lebih banyak pada bangunan agar meminimalisir maintenance karena atap ini membuat kotoran pada atap langsung terbawa dengan air hujan. Terdapat juga tandon air untuk mewadahi fungsi rumah tinggal ini.