MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Desain Rumah Milenial di Lahan Sempit - Jasa Desain Arsitek Jogja

Diposkan: 11 Jun 2020 Dibaca: 241 kali


Rumah mungil, simple, dan menarik akhir-akhir ini sedang marak digandrungi oleh generasi millenial. Apalagi untuk pasangan muda-mudi yang baru saja menikah, ingin langsung hidup berdua tanpa nebeng di rumah mertua ataupun orangtua. Tentunya rumah yang mungil dan simple sangat cocok dengan keadaan seperti ini. Apalagi dengan budget terbatas, dan juga lahan yang sempit.

Sumber : Pinterest

Hunian yang mungil seperti ini menjadi trend lagi karena adanya krisis keuangan yang ada. Mempunyai lahan yang sempit, mengharuskan Anda mengembangkan rumah secara vertikal, tidak mungkin secara horizontal. Desain rumah atau hunian dengan model kolom/tiang banyak sedikit berkurang peminatnya. Muda-mudi kini bergeser ke rumah yang mungil, simple, tidak banyak ruang atau space yang mati atau tidak digunakan, dalam arti mubazir.

Berikut beberapa desain hunian millenial di lahan yang sempit

  1. Fasade atau tampak depan bangunan

Sumber : Pinterest

Fasade atau tampak bangunan lebih terkesan simple, tidak banyak aksen, dan penggunaan material yang unik. Pengaplikasian warnanya pun lebih kepada warna yang hangat, tidak warna yang mencolok. Lebih ke warna-warna seperti putih, hitam abu-abu, ataupun coklat.

  1. Desain Pagar

Sumber : Pinterest

Karena konsepnya simple, pagar rumah juga harus senada. Jangan gunakan pagar yang terlalu mencolok, sehingga orang lain lebih terfokus ke pagar daripada rumah atau huniannya itu sendiri.

  1. Konsep Open Plan

Sumber : Pinterest

Untuk interior rumah, sebaiknya gunakan konsep open plan. Tidak banyak sekat, sehingga ruangan terkesan luas. Karena memang lahannya sempit, harus pintar-pintar menata layout ruangan. Karena tidak banyak sekat, artinya tida adanya area privat, perhatikan ruangan-ruangan yang ada di lantai dasar. Biasanya ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan menjadi satu, tanpa sekat.

  1. Tidak ada ruang mati

Sumber : Pinterest

Karena lahan sempit, tentunya ruangan akan bermanfaat semua, tidak ada ruang mati. Ruang mati biasanya muncul apabila di pojok-pojok ruangan memang sempit.

  1. Memanfaatkan area bawah tangga

Sumber : Pinterest

Area bawah tangga, daripada tidak dimanfaatkan, bisa digunakan untuk area menyimpan barang berupa lemari yang ada pintunya. Juga bisa berupa rak-rak ataupun bisa juga digunakan untuk kamar mandi.

  1. Plafond atau langit-langit tinggi

Sumber : Pinterest

Plafond atau langit-langit dibuat tinggi untuk memberikan kesan luas karena lahannya memang sudah sempit. Tida harus memberikan banyak aksen, sehingga ruanga malah jadi tidak simple, malah terlalu rame dan banyak barang.

  1. Private room di lantai 2

Sumber : Pinterest

Karena kurangnya private area di lantai 1, sebaiknya tempatkan private room di lantai 2. Seperti kamar tidur, ruang kerja, ataupun ruang yang menurut Anda memang harus private.


Tags

Artikel Terkait

Cara Praktis Perbaiki Kualitas Udara dalam Rumah Agar Tidak Sumpek - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cara Praktis Perbaiki Kualitas Udara dalam Rumah Agar Tidak Sumpek - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kualitas udara di dalam rumah juga perlu diperhatikan karena polusi udara tidak hanya diluar ruangan, tetapi di dalam rumahpun polusi juga dapat memperburuk kualitas udara di dalam rumah. Penyebab kualitas udara di dalam rumah menjadi menurun adalah tidak bagusnya sirkulasi udara di dalam rumah kare [...]

Diposkan: 05 May 2020 Dibaca: 233 kali

Cara Cerdas dan Hemat Menata Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cara Cerdas dan Hemat Menata Rumah - Jasa Desain Arsitek Jogja

Menata rumah untuk menghasilkan desain yang menarik serta hemat baik dalam penggunaan ruang maupun budget memerlukan cara cerdas untuk menyiasatinya. Perlu perencanaan matang untuk menciptakan desain rumah yang tak hanya bagus untuk dilihat, namun juga efektif serta efisien serta nyaman untuk dihuni [...]

Diposkan: 24 Apr 2020 Dibaca: 237 kali

Cara Menciptakan Hubungan Indoor dan Outdoor - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cara Menciptakan Hubungan Indoor dan Outdoor - Jasa Desain Arsitek Jogja

Hunian terbagi menjadi indoor dan outdoor, untuk indoor merupakan bagian yang ada di dalam bangunan sedangkan untuk outdoor merupakan bagian dari luar bangunan. Walau terkesan terpisah karena adanya struktur dari bangunan itu sendiri, tetapi tidak membuat area indoor dan outdoor pada hunian tidak da [...]

Diposkan: 20 Feb 2020 Dibaca: 72 kali

Desain Coffee Shop untuk Lahan Sempit - Jasa Desain Arsitek Jogja

Desain Coffee Shop untuk Lahan Sempit - Jasa Desain Arsitek Jogja

Kopi saat ini menjadi primadona terutama untuk masyarakat Indonesia, kedai kopipun semakin banyak berkembang. Tetapi permasalahan yang dihadapi dalam membuat coffee shop terkadang pada lahan yang tersedia. Untuk sewa lahannya saja pasti akan memakan biaya yang besar, sehingga akan membutuhkan modal [...]

Diposkan: 15 Feb 2020 Dibaca: 666 kali

Cara Mendesain Interior Rumah Agar Lebih Cantik - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cara Mendesain Interior Rumah Agar Lebih Cantik - Jasa Desain Arsitek Jogja

Memiliki desain interior rumah yang menarik menjadi dambaan bagi setiap orang. Dengan penampilan rumah yang mengesankan pasti akan membuat rumah tersebut nyaman untuk ditempati. Penambahan beberapa ornamen dan juga furniture akan membuat ruangan di dalam rumah tidak membosankan. Ada beberapa cara da [...]

Diposkan: 17 Dec 2019 Dibaca: 507 kali

Cafè atau coffe shop - Jasa Desain Arsitek Jogja

Cafè atau coffe shop - Jasa Desain Arsitek Jogja

Indonesia merupakan negara produsen kopi ke empat terbesar di dunia. Produk kopi Indonesia banyak digemari oleh masyarakat dan wisatawan mancanegara. Adanya hasil alam yang besar inilah yang kemudian dimanfaatkan banyak sektor bisnis, salah satunya kafe. [...]

Diposkan: 29 Apr 2019 Dibaca: 426 kali

0 Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box: