MON - FRI: 08:00 - 05:00 PM

Rumah Ibu Sri - Manokwari

Rumah Ibu Sri - Manokwari

Klien kami kali ini adalah Ibu Sri yang berlokasi di Manokwari, Papua Barat. Klien kami menghubungi kami untuk desain rumah tinggal. Proyek ini merupakan proyek rumah baru. Klien kami memiliki lahan seluas 190 m2, lahan yang dipakai untuk bangunan rumah tinggal seluas 60 m2. Proyek rumah tinggal ini kami desain dengan konsep etnik minimalis, konsep etnik minimalis merupakan konsep yang mengedepankan kesederhanaan, fungsi atau efektivitas serta faktor ekonomis bagi penggunanya.

Rumah seluas 6x10 m2 ini memiliki ruang-ruang standar rumah tinggal, seperti adanya ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dapur serta ruang makan. Untuk kebutuhan kamar, klien kami membutuhkan 5 kamar, dengan rincian 2 kamar di lantai 1 dan 3 kamar di lantai 2. Demi kemudahan klien kami yang sudah memasuki usia senja, kamar utama diletakkan di lantai 1, berhubung anak-anak dari klien kami sudah dewasa dan tidak tinggal bersama lagi, maka dibuat kamar-kamar di lantai atas sebagai kamar ketika anak-anak klien kami pulang kerumah. Untuk bagian dalam rumah, kami meminimalisir adanya sekat antar ruang, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan ruang gerak penghuni didalam rumah, selain itu dengan meminimalisir sekat, ruangan dalam rumah akan terasa lebih luas.

Tampilan luar rumah, kami meembuat tampilan atap berbentuk limas, untuk jendela kami buat desain dengan dimensi jendela yang cukup lebar, Hal ini berguna sebagai bukaan untuk sinar matahari dan sirkulasi udara, sehingga rumah tinggal yang ditinggali memiliki cahaya yang cukup dan udara yang sehat bagi penghuninya.

Rumah ini dilengkapi dengan teras depan dan teras belakang. Untuk bagian depan dilengkapi dengan taman serta carport. Di bagian atas rumah dilengkapi dengan balkon, balkon yang kami buat sebagai bukaan tambahan serta menambah estetika dari rumah tinggal.

 

Principal Architect  : Bondan Prihastomo

Architect in Charge : Bela Mudayana

Text by                      : Mutiara Riska Bahar